<**> Servis Mobil : Jarak Km / Bulan
Data
Interval : Servis Berkala
SERVIS 1 = 1.000 Km [1 Bulan]
SERVIS 2 = 10.000 Km [6 Bulan]
SERVIS 3 = 20.000
Km [12 Bulan]
SERVIS 4 = 30.000
Km [18 Bulan]
SERVIS 5 = 40.000
Km [24 Bulan]
SERVIS 6 = 50.000 Km [30 Bulan]
SERVIS 7 = 60.000 Km [36 Bulan]
SERVIS 8 = 70.000 Km [42 Bulan]
SERVIS 9
= 80.000
Km [48 Bulan]
SERVIS 10 = 90.000 Km [54 Bulan]
SERVIS 11
= 100.000 Km [60 Bulan]
TIPS
CATATAN :
[a].
Setelah 80.000 km atau 48 bulan pemeriksaan,
Maka selanjutnya
periksa dilakukan
pada setiap 20.000 km atau 12 bulan.
[b]. Penggantian pertama di 160.000 km kemudian setiap 80.000 km
[c]. Termasuk Flter dalam tangki bahan bakar.
DATA
|
INTERVAL
SERVIS
|
|||||
SERVIS Ke
:
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Bulan
/ Kilometer
|
1 Bln /
1.000 Km
|
6 Bln /
10.000 Km
|
12 Bln /
20.000 Km
|
18 Bln /
30.000 Km
|
24 Bln /
40.000 Km
|
30 Bln /
50.000 Km
|
Minimal Biaya
= Rp.
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
DATA
|
INTERVAL
SERVIS
|
|||||
SERVIS Ke
:
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
|
Bulan
/ Kilometer
|
36 Bln /
60.000 Km
|
42 Bln /
70.000 Km
|
48 Bln /
80.000 Km
|
54 Bln /
90.000 Km
|
60 Bln /
100.000 Km
|
|
Minimal Biaya
= Rp.
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Pembacaan
ODOMETER
Atau Bulan,
mana yang dicapai lebih dulu
|
INTERVAL SERVIS
|
|||||||||||
DATA
|
SERVIS
Ke :
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
Bulan
|
1 Bln
|
6 Bln
|
12 Bln
|
18 Bln
|
24 Bln
|
30 Bln
|
36 Bln
|
42 Bln
|
48 Bln
|
54 Bln
|
60 Bln
|
|
x 1.000
Km
|
1 Km
|
10 Km
|
20 Km
|
30 Km
|
40 Km
|
50 Km
|
60 Km
|
70 Km
|
80 Km
|
90 Km
|
100 Km
|
NB =
Jadwal servis
Cara kerja servis
berkala:
P = Pemeriksaan
G = Ganti, Mengubah atau Melumasi
Pembacaan
ODOMETER
Atau Bulan,
mana yang dicapai lebih dulu
|
INTERVAL SERVIS
|
||
100.000 Km
|
|||
KOMPONEN DASAR
MESIN
|
|||
SISTEM PENGAPIAN
|
|||
g
|
Busi (Spark
Plug)
|
||
h
|
Baterai AKI
|
||
SISTEM BAHAN BAKAR & KONTROL EMISI
|
|||
CHASSIS &
BODI
|
|||
NB =
Jadwal servis
Cara kerja servis berkala:
P = Pemeriksaan
G = Ganti, Mengubah atau Melumasi
Pembacaan ODOMETER
Atau Bulan, mana yang dicapai
lebih dulu
|
INTERVAL
SERVIS
|
|||||||||||||
SERVIS Ke
:
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
|||
Bulan
|
1 Bln
|
6 Bln
|
12 Bln
|
18 Bln
|
24 Bln
|
30 Bln
|
36 Bln
|
42 Bln
|
48 Bln
|
54 Bln
|
60 Bln
|
|||
x 1.000 Km
|
1 Km
|
10 Km
|
20 Km
|
30 Km
|
40 Km
|
50 Km
|
60 Km
|
70 Km
|
80 Km
|
90 Km
|
100 Km
|
|||
KOMPONEN
DASAR MESIN
|
||||||||||||||
a
|
Drive Belt
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|||||||
b
|
Oli Mesin
(API SL, SM, SN atau ILSAC)
|
P
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
||
c
|
Filter Oli Mesin
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
G
|
|||
d
|
Sistem pendingin AC
& Pemanas
<<Lihat catatan 1.>>
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|||||||||
e
|
Mesin pendingin
Air Radiator
<<Lihat catatan 2.>>
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
||
f
|
Pipa pembuangan
& Mounting
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|||||||
SISTEM PENGAPIAN
|
||||||||||||||
g
|
Busi (Spark Plug)
|
G
|
||||||||||||
h
|
Baterai AKI
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
||
SISTEM BAHAN
BAKAR & KONTROL
EMISI
|
||||||||||||||
i
|
Filter bahan bakar
<<Lihat catatan 3.>>
|
G
|
||||||||||||
j
|
Filter pembersih udara
|
P
|
P
|
P
|
G
|
P
|
P
|
P
|
G
|
P
|
P
|
|||
k
|
Tutup Tangki, Saluran, Sambungan &
Katup Kontrol Penguapan bahan
bakar
<<Lihat catatan 1.>>
|
P
|
P
|
P
|
||||||||||
l
|
Charcoal Canister
|
P
|
P
|
P
|
||||||||||
CHASSIS
& BODI
|
||||||||||||||
m
|
Rem Kaki &
Rem Tangan |
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
||
n
|
Kanvas dan tromol rem (Termasuk kanvas dan tromol rem parkir)
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|||
o
|
Pad dan piringan rem
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|||
p
|
Minyak rem
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
||
q
|
Pipa-pipa
dan selang-selang Rem
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
||||||||
r
|
Roda kemudi, persambungan dan steering gear box
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
||||||||
s
|
Drive shaft boot
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
||||||||
t
|
Suspension ball joint dan penutup debu
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|||
u
|
Fluida transmisi otomatis (termasuk diferensial depan)
|
P
|
P
|
G
|
||||||||||
v
|
Suspensi depan dan belakang
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|||||||
w
|
Ban dan tekanan pemompaan
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
||
x
|
Semua lampu, klakson, wiper dan washer
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
||
y
|
Filter air conditioner
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|||||||||
Z1
|
Jumlah refrigerant untuk air conditioner
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
P
|
|||||||
SERVIS Ke
:
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
|||
Bulan
|
1 Bln
|
6 Bln
|
12 Bln
|
18 Bln
|
24 Bln
|
30 Bln
|
36 Bln
|
42 Bln
|
48 Bln
|
54 Bln
|
60 Bln
|
|||
x 1.000 Km
|
1 Km
|
10 Km
|
20 Km
|
30 Km
|
40 Km
|
50 Km
|
60 Km
|
70 Km
|
80 Km
|
90 Km
|
100 Km
|
|||
Pembacaan ODOMETER
Atau Bulan, mana yang dicapai
lebih dulu
|
INTERVAL
SERVIS
|
TIPS
CATATAN :
[a].
Setelah 80.000 km atau 48 bulan pemeriksaan,
Maka selanjutnya
periksa dilakukan
pada setiap 20.000 km atau 12 bulan.
[b]. Penggantian pertama di 160.000 km kemudian setiap 80.000 km
[c]. Termasuk Flter dalam tangki bahan bakar.
[1]. Cara Mengukur
: Konsumsi Bahan
Bakar
& cara
Reset kembali ke angka 0,
[Reset Odometer / Reset Trip
Meter]
Resetlah Trip Meter [ODOMETER]
mobil Anda “setelah mengisi bensin”
:
Mobil-mobil model baru biasanya
dilengkapi dengan sejenis
ODOMETER
yang kapanpun
bisa direset kembali ke angka 0 (disebut sebagai Trip Meter).
Odometer ini biasanya
terletak di
Dasbor,
di dekat "Speedo
Meter" atau di
layar bagian tengah.
Di dekat ODOMETER
ini biasanya akan ada "suatu tombol yang Anda bisa pencet..!!!"
dan
tahan untuk mengembalikan
hitungan
ke angka 0.
[a].
Sebelum mengisi bensin, Reset ODOMETER
ke angka 0,
lalu perhatikan "ANGKA" di ODOMETER
ketika Anda
perlu kembali mengisi
bensin.
Ini adalah
jumlah Kilometer
yang sudah ditempuh kendaraan Anda
sejak kali terakhir mengisi bensin.
[b].
Trip Meter [ODOMETER] Anda akan menampilkan angka "0 kilometer".
[c].
Jika mobil Anda tidak dilengkapi Trip Meter [ODOMETER]
Anda bisa "merekam" jumlah
Kilometer mobil Anda
sebagai
"Jumlah Tempuh Awal".
Misalnya
:
Jika ODOMETER mobil Anda
menunjukkan angka 10.000 ketika mengisi bensin,
tuliskan "10.000".
# Cara Reset
: ODOMETER
Odometer [Trip
Meter] & SpidoMeter Termurah....!!!
Battery
(included) : Pakai Batu Baterai
Rp. 39.000
[a]. Trail tech odometer reset
[b]. Trail tech endurance
2 calibration of speedometer
[c]. Cara Cek km di odometer
Mobil
[d]. Tentang Odometer & Trimeter
Serta Reset
[e]. Cara mengatasi speedometer mati atau
rusak
[f]. Mengatasi Sensor Speedometer
[g]. LAMPU SPEEDOMETER REDUP / MATI
Pembacaan
ODOMETER
Atau Bulan,
mana yang dicapai lebih dulu
|
INTERVAL SERVIS
|
|||||||||||
DATA
|
SERVIS
Ke :
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
Bulan
|
1 Bln
|
6 Bln
|
12 Bln
|
18 Bln
|
24 Bln
|
30 Bln
|
36 Bln
|
42 Bln
|
48 Bln
|
54 Bln
|
60 Bln
|
|
x 1.000
Km
|
1 Km
|
10 Km
|
20 Km
|
30 Km
|
40 Km
|
50 Km
|
60 Km
|
70 Km
|
80 Km
|
90 Km
|
100 Km
|
DATA
|
INTERVAL SERVIS
| |||||
SERVIS Ke :
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Bulan / Kilometer
|
1 Bln /
1.000 Km
|
6 Bln /
10.000 Km
|
12 Bln /
20.000 Km
|
18 Bln /
30.000 Km
|
24 Bln /
40.000 Km
|
30 Bln /
50.000 Km
|
Minimal Biaya = Rp.
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
DATA
|
INTERVAL SERVIS
| |||||
SERVIS Ke :
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
| |
Bulan / Kilometer
|
36 Bln /
60.000 Km
|
42 Bln /
70.000 Km
|
48 Bln /
80.000 Km
|
54 Bln /
90.000 Km
|
60 Bln /
100.000 Km
| |
Minimal Biaya = Rp.
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|
Rp. 462.000
|