Ganti : Karbon Brush Alternator
[5]. Cara Mengatasi :
Indikator Aki Mobil [Lampu Aki di Dashboard]
yg TERUS Menyala ....!!!!! [Karbon Brush TNS]
yg TERUS Menyala ....!!!!! [Karbon Brush TNS]
Cara Merespons
: Lampu Oli Mobil
yang Terus
Menyala
Karbon Brush Alternator
: Toyota Avanza Rush Innova Xenia
Karbon Brush Dinamo Ampere
Holder
Alternator
Holder
& Brush Alternator
Holder
Brush Carbon
Alternator Part Brush Holder
Kul Dinamo Ampere
Areng
Alternator
Rp. 45.000
Ganti : DINAMO AMPER
Ganti : ALTERNATOR
[Tidak Bisa Distarter]
Alternator atau biasa disebut dengan Dynamo Ampere adalah peranti yang berfungsi
Sebagai generator yang menghasilkan arus listrik alternating current (AC)
Dan sekaligus mengubahnya menjadi arus direct current (DC).
Komponen ini juga menjadi pembangkit energi listrik yang diisikan ke Aki.
Umumnya, pabrikan merancang kapasitas alternator 40 – 60 Amphere.
Sedangkan usia ideal yaitu 6 tahun.
“Tapi, bila perlakuan pemilik terhadap peranti ini bagus, maka akan lebih awet,
Oleh karena itu, bila Alternator atau Dynamo Ampere ini rusak
maka mesin mobil tidak akan bisa distater. Meski Aki masih baru sekali pun.
Meski aki masih baru sekali pun.
“Alternator memang jarang sekali rusak kecuali masa pakai yang telah habis atau aus
Alternator baru pun bisa rusak karena perlakuan yang salah.
Satu diantara penyebab kerusakkan itu adalah “beban listrik” di mobil
Yang jauh lebih besar ketimbang kapasitas maksimal dari piranti ini.
Beberapa cara untuk menghindari permasalahan itu
Adalah “ tidak mengaktifkan secara berbarengan” :
[a]. Air Conditioner (AC),
[b]. Audio
[c]. Wiper
[d]. Dan peranti elektronik lainnya di mobil secara berbarengan
Lantas seperti apa perlakuan yang membuat Alternator itu awet?
[1]. Pemasangan ini perlu diperhatikan s erius.
Pasalnya, bila pemasangan kutub salah, atau terbalik,
Maka Kiprok akan jebol atau rusak.
Begitupun dengan berbagai kabel kelistrikan.
Bila pemasangan kabel-kabel itu tidak tepat,
selain menyebabkan listrik boros juga berpotensi IC Alternator cepat rusak.
Pemasangan kabel yang perlu diperiksa itu juga
termasuk kabel plus Alternator ke kabel plus Aki.
Sebab, bila sambungannya tidak tepat atau renggang
dan putaran mesin tinggi maka Alternator akan rusak.
Bahkan, perangkat elektronik di mobil yang menggunakan
Sumber strum dari Alternator dan Aki akan cepat rusak.
Pasalnya, asupan listrik yang mengalir ke perangkat tersebut tidak Ajeg.
[2]. Pastikan sabuk pengatur tegangan V-Belt terpasang dengan benar
Satu hal yang wajib Anda p erhatikan adalah,
Tingkat ketegangan atau posisi V-Belt
Jangan terlalu kencang dan Jangan terlalu kendor.
Bila terlalu kencang maka putaran Alternator
dipaksa melebihi kapasitas atau kemampuannya.
“Akibatnya Laher Alternator akan rusak,”
Begitu pun bila tali atau sabuk itu terlalu kendor,
tarikan akan tersendat-sendat.
Sehingga, selain arus listrik yang dihasilkan tidak konstan,
Laher Alternator juga cepat rusak.
[3]. Cegah kabel plus bersentuhan dengan badan Alternator
Bila itu terjadi, maka akan memicu hubungan arus pendek atau korslet.
Akibatnya, Alternator atau Dynamo Ampere akan rusak.
“Oleh karena itu sangat disarankan untuk memasang pengaman pada kutub plus Aki.
[4]. Selain itu, sebaiknya memeriksa kondisi Alternator secara rutin
minimal tiga bulan sekali.
“Pada saat ganti oli, di bengkel
biasanya ada perlengkapan deteksi kondisi Aki dan Alternator [AVO Meter]
Multitester Multimeter Avo Meter DT830B Murah
Rp. 31.000
Cara Mendeteksi Alternator dan Aki menggunakan AVO Meter, yaitu:
Dinamo Alternator Ampere : Avanza-Xenia 1.3cc VVTI [Bekas]
Rp. 1.000.000
Dinamo Stater : Avanza Xenia
Rp. 350.000
Ganti Dinamo Amper
mengganti Dinamo Amper , yaitu :
1. Service Saat Menempuh Jarak Km.
batas akhir yaitu Km.
Sahabat bisa melakukan mengganti Dinamo Amper
2. Alat - Alat untuk mengganti Dinamo Amper , yaitu :
[#]
[#]
[#]
[#]
[#]
[#]
[#]