Mengontrol : Mesin di pagi hari
Hal yang perlu di Kontrol
sebelum menyalakan Mesin di pagi hari, yaitu
Langkah demi Langkah
Mengontrol Mesin di Pagi Hari, yaitu :
[1]. Menekan Tombol Kap Mesin : Depan
agar mengecek : OLI, AKI, DLL
[2]. Sediakan Tisu : Satu Lembar
Berfungsi untuk Mengelap
[3]. Membuka Kap Mesin : Depan
[4]. Menemukan : Stik Oli
[5]. Menarik Stik Oli : dari Lubang Stik Oli
[6]. Membersihkan Stik Oli : dengan Selembar Tisu
[7]. Memasukan Stik Oli [LAGI] : ke Lubang Stik Oli
[8]. Menarik Stik Oli [LAGI] : dari Lubang Stik Oli
[9]. Melihat Ukuran Oli : dari Stik Oli [di Titik Fuel F]
<**> MENAMBAHKAN : "Oli MESIN Mobil"
Fungsi : "OLI MESIN"
Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus
dan bebas gangguan.
Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat
Jadi pemilik harus selalu ingat memeriksa "Ketinggian OLI MESIN""
dan "menambahkannya" kalau diperlukan
Jika “Lampu indikator Oli” menyala....!!!!!
Atau "mati-menyala" segera cek secara manual dengan melihat “Dipstick”
[a]. “Lampu indikator Oli” menyala...!!! Avanza
[Ganti : Tangkup Metal Duduk nomer tiga yg tengah-tengah]
[b]. “Lampu indikator Oli” menyala...!!! Avanza
[Ganti : Pressure Switch, Switch Oli]
Lampu indikator Mobil Menyala Terusss...!!!
Buku Panduan Lengkap : Mobil Avanza
Bab : Lampu Peringatan & indikator
Halaman : 43 - 44
Buku Panduan Lengkap : Mobil Avanza
Word Document =
PDF Document =
Lokasi “Dipstick” umumnya berada di atas Blok Mesin
“Tunggu sekitar 1-3 detik, jika lampu itu mati,
tandanya "OLI MESIN" masih aman dan sistem pelumasnya berjalan bagus
Cara Cek Kondisi "OLI MESIN" Kendaraan dengan "Dipstick"
Buku Panduan Lengkap : Mobil Avanza
Word Document =
PDF Document =
[1]. Cari Tabung "OLI MESIN"
"OLI MESIN" ditemukan dengan ciri-ciri tutup Tabungnya
yang bernama "Engine OIL"
[2]. Periksa "Ketinggian OLI MESIN"
ketinggian "OLI MESIN" hanya bisa diperiksa dengan akurat
setelah "Mesin menyala" beberapa menit,
dan mungkin anda harus “memutar setirnya” beberapa kali
saat "Mesin menyala"
[3]. Periksa sedalam apa "Dipstick" terkena "OLI MESIN"
Jika anda menggunakan "Dipstick",
angkat dan lap dulu "OLI MESIN" yang terdapat pada "Dipstick",
dan kemudian masukkan kembali dan periksa kembali.
[4]. Periksa warna "OLI MESIN"
Lihat warna "OLI MESIN" yang anda seka
dengan sehelai kain kecil atau tisu.
Jika warnanya jernih, "OLI MESIN" oli itu tidak terkontaminasi.
[5]. Tambahkan "OLI MESIN" seperlunya,
sesuai dengan kondisi mobil anda
Saat menambahkan "OLI MESIN" harus hati-hati
jangan sampai berlebihan.
Kurang sedikit atau cukup itu lebih baik daripada berlebihan.
Karena "OLI MESIN" akan memuai saat kena panas.
Kalau terlalu penuh, saat mobil berjalan, maka tekanan berlebih
akan bisa menimbulkan masalah lain yang mungkin berbahaya.
[6]. Pasang kembali Tutup Tabung "OLI MESIN"
"OLI MESIN" ditemukan dengan ciri-ciri tutup Tabungnya
yang bernama "Engine OIL"
"OLI MESIN" seharusnya diganti sesuai petunjuk
pada buku manual mobil.
Panasnya dari Mesin akan mengurangi kemampuan "OLI MESIN"
untuk menjalankan tugasnya.
Jadi mengganti oli selalu lebih murah
daripada mengganti "Sistem OLI MESIN" yang rusak....!!!
<**> MENAMBAHKAN : "Oli POWER STEERING"
Semua mobil memiliki “sistem power steering hidrolik”
Yang membantu pengemudi untuk "memutar setir" dengan ringan.
Terdengar bunyi saat diputar ke kiri dan kanan,
Ada beberapa hal yang bisa dideteksi menjadi penyebab setir bunyi sewaktu diputar, yaitu :
Pertama, "Oli POWER STEERING" kurang ....!!!!
Kedua, “Piringan Kontak Klakson” di setir kasar...!!!!,
sehingga sewaktu diputar akan menghasilkan bunyi “srek-srek”.
Untuk hal ini cara mengatasinya dengan membuka setir
dan menggosok permukaan pada “Piringan Kontak Klakson”
yang terdapat pada stir.
Untuk “cara membuka setir Mobil” silakan Anda lihat DiSINI
kemudian untuk bagian yang perlu digosok
untuk menghilangkan bunyi silahkan anda lihat DISINI.
Ketiga, Bunyi yang terdengar ketika stir di putar
Juga disebabkan oleh “Bushing pada Steering Column” kering...!!!
atau pelumasan kurang,
hal ini dengan mudah bisa diatasi dengan melumasi bushing steering column
dengan GREASE (gemuk).
Akibat pelumasan kering, gesekan antara Bushing
dengan As Stir saat diputar menimbulkan bunyi “nguk-nguk”,
terkadang bunyi lumayan keras terdengar seperti bunyi tie rod
atau long tie rod yang tidak ada pelumasannya.
Biasanya kalau "Oli POWER STEERING" kurang .....!!!
akan menghasilkan bunyi ketika stir diputar
dan bunyi semakin keras jika stir diputar sampai penuh sewaktu mesin hidup.
Untuk bunyi stir yang disebabkan oleh "Oli POWER STEERING" kurang .....!!!,
cara mengatasinya dengan menambahkan "Oli POWER STEERING"
ke dalam “Tabung Oli POWER STEERING"
Jadi pemilik harus selalu ingat memeriksa "Ketinggian Oli POWER STEERING"
dan "menambahkannya" kalau diperlukan
Jika “Lampu indikator Oli” menyala....!!!!!
Atau "mati-menyala" segera cek secara manual dengan melihat “Dipstick”
[a]. “Lampu indikator Oli” menyala...!!! Avanza
[Ganti : Tangkup Metal Duduk nomer tiga yg tengah-tengah]
[b]. “Lampu indikator Oli” menyala...!!! Avanza
[Ganti : Pressure Switch, Switch Oli]
Lampu indikator Mobil Menyala Terusss...!!!
Buku Panduan Lengkap : Mobil Avanza
Bab : Lampu Peringatan & indikator
Halaman : 43 - 44
Buku Panduan Lengkap : Mobil Avanza
Word Document =
PDF Document =
Buku Panduan Lengkap : Mobil Avanza
Word Document =
PDF Document =
Lokasi “Dipstick” umumnya berada di atas Blok Mesin
“Tunggu sekitar 1-3 detik, jika lampu itu mati,
tandanya "OLI POWER STEERING" masih aman
dan sistem pelumasnya berjalan bagus
[1]. Cari “Tabung Oli POWER STEERING"
"Oli POWER STEERING" ditemukan dengan ciri-ciri tutup Tabungnya
yang bernama "POWER STEERING Fluid"
"Oli POWER STEERING" ditemukan pada tabung silinder
yang dekat ujung “Belt POWER STEERING"
[2]. Periksa "Ketinggian Oli POWER STEERING"
ketinggian "Oli POWER STEERING" hanya bisa diperiksa dengan akurat
setelah "Mesin menyala" beberapa menit,
dan mungkin anda harus “memutar setirnya” beberapa kali
saat "Mesin menyala"
[3]. Periksa sedalam apa "Dipstick" terkena "Oli POWER STEERING"
Jika anda menggunakan "Dipstick",
angkat dan lap dulu "Oli POWER STEERING" yang terdapat pada "Dipstick",
dan kemudian masukkan kembali dan periksa kembali.
[4]. Periksa warna "Oli POWER STEERING"
Lihat warna "Oli POWER STEERING" yang anda seka
dengan sehelai kain kecil atau tisu.
Jika warnanya jernih, "Oli POWER STEERING" oli itu tidak terkontaminasi.
[5]. Tambahkan "Oli POWER STEERING" seperlunya,
sesuai dengan kondisi mobil anda
Saat menambahkan "Oli POWER STEERING" harus hati-hati
jangan sampai berlebihan.
Kurang sedikit atau cukup itu lebih baik daripada berlebihan.
Karena "Oli POWER STEERING" akan memuai saat kena panas.
Kalau terlalu penuh, saat mobil berjalan, maka tekanan berlebih
akan bisa menimbulkan masalah lain yang mungkin berbahaya.
[6]. Pasang kembali Tutup Tabung "Oli POWER STEERING"
"Oli POWER STEERING" ditemukan dengan ciri-ciri tutup Tabungnya
yang bernama "POWER STEERING Fluid"
"Oli POWER STEERING" seharusnya diganti sesuai petunjuk
pada buku manual mobil.
Panasnya dari Mesin akan mengurangi kemampuan "Oli POWER STEERING"
untuk menjalankan tugasnya.
Jadi mengganti oli selalu lebih murah
daripada mengganti "Sistem POWER STEERING" yang rusak....!!!
Cara Memeriksa & Menambah
“oli Power Steering”
Cari : Tabung “oli Power Steering”
Jika anda kesulitan memutar setir
atau ada suara bising saat anda memutar setir,
ada kemungkinan “oli Power Steering” anda kurang.
“oli Power Steering” bisa ditembukan pada tabung silinder
dekat ujung “Belt power steering / Stik Oli Kap Mesin ”,
dan ada tulisannya dengan jelas.
Tabung ini bisa terbuat dari logam atau plastik.
Cara Memeriksa : Oli Kap Mesin “oli Power Steering”
Alat Penyedot : Bensin & Stik Oli Kap Mesin
Pompa Mini Penyedot Bensin
Pompa Transfer Oli Bensin Mobil Elektrik 12V
Rp. 73.000
[10]. Memasukan Stik Oli [LAGI] : ke Lubang Stik Oli
------------
[11]. Mengecek : Minyak REM
[12]. Mengecek : Minyak REM = Kondisi ada Digaris Fuel F
-------------
[13]. Mengecek : Aki
[14]. Mengecek : Aki = Kondisi ada Digaris Upper
[15]. Mengecek : Aki = Membuka tutup Aki
untuk melihat air Aki
-------------
[16]. Mengecek : Air Radiator
[17]. Mengecek : Air Radiator = Kondisi ada Digaris Fuel F
-------------
[18]. Mengecek : Air Wiper pembersih kaca
[19]. Mengecek : Air Wiper = Kondisi ada Digaris Fuel F
-------------
[20]. Anda Melangkah : Ke Kursi Mobil
[untuk Menyalakan Mesin & Memanasi Mesin]
[21]. Anda Masuk : Ke Kursi Mobil
[22]. Memutarkan Kunci Kontak Mobil : ke arah kanan
dari posisi "Lock" ke posisi "ACC"
[23]. Memutarkan Kunci Kontak Mobil : ke arah kanan
dari posisi "ACC" ke posisi "ON"
dan melihat ke "beberapa indokator Lampu Panel Dashbord"
Lalu "Lampu Dashboard Menyala" = Gambar Oli,
Gambar Mesin,
Gambar Aki
[24]. Memutarkan Kunci Kontak Mobil : ke arah kanan
dari posisi "ON" ke posisi "Start"
dan melihat ke "beberapa indokator Lampu Panel Dashbord"
Lalu "Lampu Dashboard Mati" = Gambar Oli,
Gambar Mesin,
Gambar Aki
-------------
[25]. Mengecek : Jarum Angka "Temperatur Gas"
pada panel Dasboard
Jarum angka berada pada posisi 1,5
[26]. Jangan Langsung "menyalakan Ac" ataupun "Langsung Jalan"
Kita tunggu dulu biar "Jarum Angka Temperatur Gas" turun
diantara "angka 1" itu yang disebut Gas-nya "Sudah Stabil"
[27]. Sambil nunggu kita boleh menyalakan Radio dulu...
tapi "jangan menyalakan AC"
[28]. Temperatur mulai turun : Jarum Angka "Temperatur Gas"
mulai mendekati angka 1
[29]. Temperatur : sudah menunjukan ke angka satu
[30]. Menyalakan : AC Mobil
[31]. Menutup : Kap Mesin depan
[32]. Mobil sudah : siap "Jalan"
Oli Mesin TMO 10w-40 SN Ori Kemasan Baru
Rp. 57.000
Oli Power Steering : PRESTONE [ukuran satu liter]
Oli Prestone Power Steering Fluid Red 1000ml -63100
Oli Prestone Power Steering Fluid Red 1000ml ( 12 x 1 ) AS - 266
Rp. 58.300