Jumat, 27 Desember 2019

4^. [AKI] L n : Menyala Terusss..!!!









           ^ [AKI]    Lampu    indikator    :   Menyala    Terusss...!!!



             Indikator Aki    Menyala  :        [Ganti  :     Karbon   Brush]
                                                              [a].    https://www.youtube.com/watch?v=p8LCqeBFcAE&t=6s
                                                              [b].    https://www.youtube.com/watch?v=HS-QtmyOi10
                                                              [c].    https://www.youtube.com/watch?v=DdkoBbwRRzo




                     Lampu    Aki    Nyala  Teruuss ...  !!!!!
                     Cara    Cek   Alternator    (Dinamo  Ampere)
                                                                                              [Alternator  Assy   W/REGULA  :  27060-0L022]]
                                                         [1].    https://www.youtube.com/watch?v=iZZRXYwGlM8
                                                         [2].    https://www.youtube.com/watch?v=Gwz10AnUDpY














Ganti  :      Karbon     Brush     Alternator





             [5].    Cara    Mengatasi  :      Indikator   Aki   Mobil         [Lampu    Aki      di   Dashboard]   
                                                           yg    TERUS    Menyala   ....!!!!!       [Karbon  Brush  TNS]

                                                            https://www.youtube.com/watch?v=p8LCqeBFcAE
                     




                Karbon     Brush    Alternator   :     Toyota   Avanza     Rush    Innova     Xenia
                Karbon   Brush   Dinamo  Ampere
                            Holder  Alternator
                            Holder  &  Brush  Alternator 
                            Holder  Brush  Carbon
                Alternator    Part    Brush    Holder
                            Kul   Dinamo   Ampere
                            Areng   Alternator
Rp.   45.000















Ganti  :  DINAMO   AMPER
Ganti  :  ALTERNATOR

[Tidak  Bisa  Distarter]






          Alternator   atau   biasa   disebut   dengan    Dynamo   Ampere   adalah   peranti    yang    berfungsi
          Sebagai    generator   yang   menghasilkan  arus   listrik  alternating   current    (AC)
          Dan   sekaligus   mengubahnya  menjadi  arus  direct   current    (DC).  
          Komponen   ini   juga   menjadi    pembangkit  energi   listrik   yang   diisikan  ke   Aki.

          Umumnya,   pabrikan   merancang   kapasitas   alternator    40 – 60  Amphere.
          Sedangkan   usia   ideal   yaitu    6   tahun.
          “Tapi,   bila  perlakuan   pemilik  terhadap   peranti  ini   bagus,   maka  akan  lebih  awet,


          Oleh   karena   itu,  bila  Alternator    atau   Dynamo   Ampere    ini   rusak
          maka  mesin  mobil  tidak  akan   bisa   distater.   Meski  Aki   masih   baru   sekali  pun.


           Meski   aki   masih   baru   sekali  pun. 
           “Alternator  memang   jarang  sekali   rusak  kecuali  masa  pakai   yang  telah  habis  atau   aus

            Alternator    baru pun     bisa   rusak    karena    perlakuan   yang   salah.
            Satu   diantara   penyebab   kerusakkan   itu   adalah   “beban   listrik”    di mobil
            Yang   jauh   lebih   besar   ketimbang   kapasitas   maksimal   dari    piranti   ini.


             Beberapa   cara   untuk   menghindari  permasalahan    itu
             Adalah    “ tidak    mengaktifkan    secara    berbarengan”   :
              [a].    Air   Conditioner   (AC),
              [b].    Audio
              [c].    Wiper
              [d].    Dan    peranti    elektronik   lainnya   di mobil   secara    berbarengan



             Lantas   seperti   apa   perlakuan   yang   membuat   Alternator   itu   awet?


             [1].  Pemasangan  ini   perlu    diperhatikan s erius.
                    Pasalnya,   bila   pemasangan    kutub salah,   atau    terbalik,
                    Maka   Kiprok   akan   jebol  atau   rusak.
                    Begitupun  dengan   berbagai   kabel   kelistrikan.

                    Bila   pemasangan   kabel-kabel   itu   tidak   tepat,
                    selain   menyebabkan   listrik   boros  juga   berpotensi    IC    Alternator   cepat   rusak.

                    Pemasangan  kabel  yang   perlu   diperiksa  itu  juga 
                    termasuk   kabel  plus   Alternator    ke   kabel   plus   Aki.
                    Sebab,  bila   sambungannya   tidak tepat   atau   renggang
                    dan   putaran   mesin   tinggi   maka   Alternator   akan   rusak.

                     Bahkan,   perangkat   elektronik   di mobil   yang   menggunakan
                     Sumber   strum   dari  Alternator     dan   Aki    akan   cepat   rusak.
                     Pasalnya,   asupan   listrik   yang   mengalir   ke  perangkat   tersebut   tidak   Ajeg.



             [2].  Pastikan   sabuk   pengatur   tegangan   V-Belt   terpasang   dengan   benar
                     Satu  hal   yang  wajib  Anda p  erhatikan   adalah,
                                  Tingkat   ketegangan   atau   posisi   V-Belt
                                  Jangan   terlalu   kencang   dan   Jangan  terlalu   kendor.
                      Bila  terlalu   kencang   maka   putaran   Alternator
                      dipaksa   melebihi   kapasitas   atau   kemampuannya.

                      “Akibatnya      Laher   Alternator    akan   rusak,”

                      Begitu  pun  bila  tali   atau   sabuk  itu  terlalu   kendor,
                      tarikan  akan    tersendat-sendat.
                     Sehingga,   selain   arus   listrik  yang   dihasilkan   tidak   konstan,
                      Laher   Alternator    juga   cepat   rusak.


             [3].  Cegah   kabel   plus   bersentuhan   dengan   badan   Alternator
                     Bila itu terjadi,   maka  akan   memicu  hubungan   arus   pendek   atau     korslet.
                     Akibatnya,    Alternator   atau   Dynamo  Ampere     akan     rusak.
                     “Oleh   karena   itu  sangat   disarankan   untuk   memasang   pengaman   pada   kutub  plus  Aki.

              [4].  Selain   itu,   sebaiknya   memeriksa  kondisi   Alternator   secara   rutin
                     minimal  tiga   bulan    sekali.
                     “Pada  saat   ganti  oli,   di bengkel
                      biasanya   ada   perlengkapan   deteksi   kondisi  Aki   dan   Alternator    [AVO   Meter]




               Multitester    Multimeter    Avo   Meter    DT830B    Murah
Rp.  31.000




       Cara   Mendeteksi    Alternator   dan   Aki    menggunakan   AVO   Meter,  yaitu:






           Dinamo   Alternator     Ampere    :       Avanza-Xenia    1.3cc     VVTI         [Bekas]
Rp.  1.000.000










                Ganti   Dinamo  Amper


                               [A].   .........
                               [B].   .........


    


         mengganti     Dinamo  Amper     , yaitu   :

     1.   Service   Saat    Menempuh    Jarak    Km.

           batas  akhir   yaitu    Km.

           Sahabat   bisa   melakukan    mengganti      Dinamo   Amper    


     2.   Alat -  Alat   untuk    mengganti    Dinamo   Amper ,     yaitu : 
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]