<**> MENAMBAHKAN : "Oli POWER STEERING"
Semua mobil memiliki “sistem
power steering hidrolik”
Yang membantu
pengemudi untuk "memutar setir" dengan ringan.
Terdengar bunyi
saat diputar ke kiri dan kanan,
Ada
beberapa hal yang
bisa
dideteksi menjadi penyebab setir bunyi sewaktu diputar,
yaitu :
Pertama,
"Oli POWER STEERING"
kurang ....!!!!
Kedua,
“Piringan Kontak Klakson” di setir kasar...!!!!,
sehingga
sewaktu diputar akan menghasilkan bunyi “srek-srek”.
Untuk hal ini cara mengatasinya
dengan membuka setir
dan menggosok
permukaan pada “Piringan
Kontak Klakson”
yang terdapat
pada stir.
Untuk “cara membuka setir Mobil”
silakan
Anda lihat DiSINI
kemudian untuk
bagian yang perlu digosok
untuk menghilangkan bunyi silahkan
anda lihat DISINI.
Ketiga, Bunyi yang terdengar
ketika stir di putar
Juga disebabkan oleh “Bushing pada Steering
Column” kering...!!!
atau pelumasan kurang,
hal ini dengan
mudah
bisa diatasi
dengan melumasi
bushing steering column
dengan GREASE (gemuk).
Akibat pelumasan
kering, gesekan antara Bushing
dengan As Stir saat diputar menimbulkan bunyi “nguk-nguk”,
terkadang
bunyi lumayan keras terdengar
seperti bunyi tie rod
atau long tie rod yang
tidak ada pelumasannya.
Biasanya kalau "Oli POWER STEERING" kurang .....!!!
akan menghasilkan
bunyi
ketika stir diputar
dan bunyi
semakin keras jika stir
diputar
sampai penuh sewaktu mesin hidup.
Untuk bunyi stir yang disebabkan
oleh "Oli POWER STEERING" kurang .....!!!,
cara mengatasinya dengan
menambahkan "Oli POWER STEERING"
ke dalam “Tabung
Oli POWER STEERING"
Jadi pemilik harus selalu ingat memeriksa "Ketinggian Oli POWER STEERING"
dan "menambahkannya" kalau diperlukan
Jika
“Lampu
indikator Oli” menyala....!!!!!
Atau "mati-menyala" segera
cek secara manual dengan
melihat “Dipstick”
[a].
“Lampu indikator Oli” menyala...!!! Avanza
[Ganti : Tangkup Metal Duduk
nomer tiga yg tengah-tengah]
[b].
“Lampu indikator Oli” menyala...!!! Avanza
[Ganti : Pressure
Switch, Switch
Oli]
Lampu indikator
Mobil Menyala Terusss...!!!
Buku
Panduan Lengkap : Mobil Avanza
Bab : Lampu
Peringatan & indikator
Halaman : 43 -
44
Buku Panduan Lengkap : Mobil
Avanza
Word Document =
PDF Document =
Lokasi “Dipstick”
umumnya berada di atas
Blok Mesin
“Tunggu sekitar 1-3 detik,
jika lampu itu mati,
tandanya "OLI POWER STEERING" masih aman
dan sistem
pelumasnya berjalan bagus
[1].
Cari “Tabung Oli POWER STEERING"
"Oli POWER STEERING" ditemukan dengan
ciri-ciri tutup Tabungnya
yang bernama "POWER STEERING
Fluid"
"Oli POWER STEERING" ditemukan pada
tabung silinder
yang dekat ujung “Belt POWER STEERING"
[2].
Periksa "Ketinggian Oli POWER STEERING"
ketinggian
"Oli POWER STEERING" hanya bisa diperiksa dengan
akurat
setelah "Mesin menyala" beberapa menit,
dan mungkin
anda harus “memutar setirnya” beberapa
kali
saat "Mesin
menyala"
[3]. Periksa sedalam
apa "Dipstick" terkena
"Oli POWER STEERING"
Jika anda menggunakan "Dipstick",
angkat dan lap dulu "Oli
POWER STEERING" yang terdapat pada
"Dipstick",
dan kemudian
masukkan kembali dan periksa kembali.
[4]. Periksa warna "Oli POWER STEERING"
Lihat warna "Oli POWER STEERING" yang anda
seka
dengan sehelai
kain kecil atau
tisu.
Jika warnanya
jernih, "Oli POWER STEERING" oli itu tidak
terkontaminasi.
[5].
Tambahkan "Oli POWER STEERING" seperlunya,
sesuai
dengan kondisi mobil anda
Saat menambahkan
"Oli POWER STEERING" harus hati-hati
jangan sampai berlebihan.
Kurang sedikit
atau cukup itu lebih baik daripada berlebihan.
Karena "Oli POWER STEERING" akan memuai saat kena panas.
Kalau terlalu penuh, saat mobil
berjalan, maka
tekanan berlebih
akan bisa
menimbulkan masalah
lain yang mungkin berbahaya.
[6].
Pasang kembali Tutup
Tabung "Oli POWER STEERING"
"Oli POWER STEERING" ditemukan dengan
ciri-ciri tutup Tabungnya
yang bernama "POWER STEERING Fluid"
"Oli POWER STEERING" seharusnya diganti sesuai petunjuk
pada buku manual mobil.
Panasnya dari Mesin akan
mengurangi kemampuan
"Oli POWER STEERING"
untuk menjalankan
tugasnya.
Jadi mengganti oli selalu lebih murah
daripada mengganti "Sistem POWER STEERING" yang rusak....!!!
Cara
Memeriksa & Menambah
“oli Power Steering”
Cari :
Tabung “oli Power
Steering”
Jika anda kesulitan memutar setir
atau ada suara
bising saat anda
memutar setir,
ada kemungkinan “oli Power
Steering” anda kurang.
“oli Power Steering” bisa
ditembukan pada tabung silinder
dekat ujung “Belt power
steering / Stik
Oli Kap Mesin ”,
dan ada tulisannya
dengan jelas.
Tabung ini bisa terbuat
dari logam atau plastik.
Cara Memeriksa
: Oli Kap
Mesin “oli Power
Steering”
Alat Penyedot :
Bensin & Stik Oli
Kap Mesin
Pompa
Mini Penyedot Bensin
Pompa
Transfer Oli Bensin Mobil
Elektrik 12V
Rp. 73.000
GANTI OLI : POWER STERING
mengganti oli , yaitu :
1. Service Saat Menempuh Jarak 5.000 Km
mengganti oli, akan lebih baik jika
jika dilakukan setiap menempuh jarak 5.000 km.
5.000 Km hingga batas akhir yaitu 126.431 Km.
Sahabat bisa melakukan mengganti oli 3 bulan sekali atau
Berbarengan ketika melakukan service rutin & Tune-up
2. Alat - Alat untuk mengganti oli , yaitu :
[#] Tang
[#] Selang Bening
[#] Lap Kain
[#] Beberapa Plastik Bening ukuran setengah kilo
[#] Beberapa Karet Gelang
[#] Dua unit Dongkrak Mobil
[#] Oli Power Steering : PRESTONE ukuran satu liter
3. Memasang : Dongkrak ke Kedua Ban Mobil Anda
Bertujuan untuk memudahkan kita dalam “memutar Ban Mobil”
4. Membuka : Tutup tabung Power Steering di kap Mobil Anda
5. Menguras : Oli didalam tabung
dengan menggunakan “selang” yang sudah disiapkan
dihadapan sebuah Bak Baskom Kotak plastik
Bak Baskom Kotak plastik KB001-A : [Tempat Ganti oli]
sebagai wadah “Oli Bekas”
6. Melepas : Selang Bening tersebut
dari Tabung Power Steering di kap Mobil Anda
7. Memasang : “Plastik Bening” di ujung selang menggunakan “Karet Gelang”
Sebagai pengikat “Plastik Bening”
pada selang dari Tabung Power Steering
Dan arahkan Ujung Selang
dengan posisi balik ke bawah
8. Meletakan : “Lap Kain” tepat dibawah “Selang Hitam” Tabung Power Steering
Bertujuan agar “sisa Oli” tidak mengotori kap Mesin Mobil Anda
Dengan menggunakan alat : Lap Kain Bekas
9. Mencopot : “Selang Hitam” Tabung Power Steering
Dengan menggunakan alat : Tang Klem Mobil & Tangan Anda
10. Mengikat : “Ujung Lubang Selang Besi” Power Steering tersebut
Dengan “Plastik Bening” menggunakan “Karet Gelang”
Dengan alat : Plastik Bening & Karet Gelang
11. Mengikat: “Ujung Lubang Selang Hitam” Power Steering tersebut
Dengan “Plastik Bening” menggunakan “Karet Gelang”
Dengan alat : Plastik Bening & Karet Gelang
12. Megarahkan : “Ujung Lubang Selang Hitam”
yang telah diikat dengan “Plastik Bening” tersebut
diarahkan dengan posisi “ ke bawah kolong Mobil”
Dengan alat : Plastik Bening & Karet Gelang & Tangan Anda
13. Mengisi : “ Oli Baru” pada Lubang Tabung Power Steering kap Mobil Anda
Oli Power Steering : PRESTONE ukuran satu liter
14. Memutar Roda : “Ban Mobil” ke arah kiri dan kanan
[dengan menggunakan Stir Mobil]
[dengan menggunakan Stir Mobil]
Bertujuan untuk mengeluarkan sisa Oli yang ada di Power Steering
Dengan cara “memutar Roda Ban Mobil” ke arah kiri dan ke kanan
Saat proses ini “sebelum roda diputar”,
tabung oli diisi dulu dengan Oli yang Baru
Jangan sampai kehabisan Oli,
untuk menghindari “Nozle Power Steering”
Kehabisan Oli saat roda diputar
Dan saat “proses Putar Roda” itu, “Oli Baru” akan mendorong “Oli Lama”
Untuk “turun” Ke “Ujung Lubang Selang Hitam”
dan terbuang ke “Plastik Bening” yang ada diujungnya.
15. Biarkan : Seluruh cairan oli itu turun ke Bak Baskom
Kotak plastik / “Plastik Bening”
Kotak plastik / “Plastik Bening”
hingga pada akhirnya cairan Oli tersebut tidak menetes sama sekali
Di tunggu hingga 30 menit lamanya
16. Melepas : “Plastik Bening” yang “Ujung Lubang Selang Hitam”
Dan kita pasang kembali
ke “Ujung Lubang Selang Besi” Power Steering tersebut
seperti semula
17. Mengencangkan : “Klem” “Ujung Lubang Selang Hitam”
ke “Ujung Lubang Selang Besi” Power Steering tersebut
seperti semula
Dengan alat : Tang Klem Mobil & Tangan Anda
18. Mengecek : “Oli Baru” yang telah diisi tersebut
Dengan cara menutup dengan “Tutup Tabung Power Steering”
Dengan melihat ukuran yang tertera pada
“Jari Besi Tutup Tabung Power Steering” tersebut,
Apabila terlihat masih kurang, maka tambahkanlah kembali
“Oli Baru” itu pada “Lubang Tabung Oli Power Steering” tersebut
19. Memutar Roda Kembali : “Ban Mobil” sekali lagi
ke arah kiri dan kanan
[dengan menggunakan Stir Mobil]
20. Menyalakan : Mesin Mobil,
menggunakan kunci Starter Mobil
21. Memutar Roda Kembali : “Ban Mobil” sekali lagi [dengan keadaan: Mesin Menyala]
ke arah kiri dan kanan
[dengan menggunakan Stir Mobil]
Bertujuan untuk memastikan bahwa “Oli Baru”
telah “mengaliri” seluruh komponen Power Steering
Dan memastikan bahwa “tidak ada udara”
yang ada di Komponen Power Steering
Dan memastikan bahwa “tidak ada udara”
yang ada di Pipa-Pipa yang dialiri oleh “Oli Power Steering”
21. Simpan Kembali : Sisa “Oli Baru” itu, yang masih menyisakan
beberapa Mili Liter
beberapa Mili Liter
dari Satu Liter “Oli Baru” yang telah dituangkan.
Kemudian, Buanglah 3 Plastik “ Oli Bekas”
ke suatu tempat yang aman
ke suatu tempat yang aman
Oli Power Steering : PRESTONE [ukuran satu liter]
Oli Prestone Power Steering Fluid Red 1000ml -63100
Oli Prestone Power Steering Fluid Red 1000ml ( 12 x 1 ) AS - 266
Rp. 58.300
Selang Co2 Bening [per Meter]
Selang Aquarium
Rp. 3.500
Bak Baskom Kotak plastik KB001-A : [Tempat Ganti oli]
Litter Box Tempat Pasir Kucing
P x L x T = 36 x 30 x 12 cm
Rp. 10.300
Kain Lap : Halus Lembut Microfiber Multi Fungsi [Uk 35 x 35cm]
Rp. 5.000
Plastik Es : ukuran 12 x 25cm [Plastik setengah kilo]
Rp. 7.000
Plastik Es : ukuran 15 x 30cm [Plastik satu kilo]
Rp. 5000
Karet Gelang : Elastis
Rp. 3.000