Berhenti di Tanjakan
[1]. Tekan :
"Pedal Rem Kaki"
sampai
Anda hampir berhenti sepenuhnya,
kemudian
Tarik ke Atas : "Tuas Rem Tangan"
untuk
menahan mobil di tempat
dan mencegahnya bergerak mundur.
[2]. Saat
Anda ingin menjalankan Mobil kembali
:
[2.a]. Masuk ke :
GIGI Satu
[2.a1] Ketika waktunya untuk bergerak
kembali, ganti ke gigi satu dan
injak pedal gas.
[2.a2] Jangan
lepaskan Rem Tangan
dulu....!!!!
[2.b]. Terus
tekan pedal gas sampai
mesin bekerja sekitar 3.000 RPM.
Lepaskan : "Kopling
Kaki sedikit" sambil
"memperbesar Pedal Gas Kaki"
seperti
yang
Anda lakukan pada metode
sebelumnya.
Injak-Tekan
"Kopling Kaki” : pada titik
gigitnya (biting
point).
Injak-Tekan
"Kopling” dengan
Kaki
hingga “Mentooookkk...!!”
hingga “Mentooookkk...!!”
Pada
titik ini, Anda akan merasakan
bagian depan mobil agak
terangkat
Karena
kopling mengambil beban mobil.
[3]. Begitu Mobil
mulai “Macet” .... !!!!
:
Dorong ke bawah [sambil menekan
TOMBOL] :
"Tuas Rem Tangan”
Lepaskan
"Tuas Rem Tangan”
: secara perlahan-lahan
Selagi agak
mengangkat : pedal "Kopling Kaki” ,
Lalu
lepaskan "Tuas Rem Tangan" secara
bertahap.
Ketika "Tuas Rem Tangan" lepas
dan
tidak aktif, mobil akan
mulai maju.
[4]. Pada
tahap ini, mobil
seharusnya bergerak maju,
tetapi Anda mungkin
perlu berlatih.
Lepaskan
Kopling perlahan-lahan
: selagi
mendengar suara Mesin
[4.a] Ketika suara mesin terdengar
memudar, teruskan menambah gas.
[4.b] Sekarang Anda sudah bisa
menyetir menanjak tanpa
meluncur mundur.
[4.c] Pastikan Anda melepaskan Kopling sampai
bebas sepenuhnya.
Teruslah Melepas : "Kopling Kaki” sedikit demi sedikit
sambil
menekan “Pedal Gas Kaki"
sampai "Kopling
Kaki” kembali
ke posisi awal.
Semakin cepat
Anda melepas "Kopling
Kaki” semakin mengurangi ke Ausan.
Jadi,
idealnya Anda melepas "Kopling
Kaki” secepat mungkin
sambil tetap menjalankan mobil dengan
lancar.
[5]. Tahan
“Pedal Rem
Kaki” :
jika “Tuas Rem Tangan”
tidak berfungsi.
[5.a] Jika “Tuas
Rem Tangan” mobil tidak
bisa dipakai,
Tahan “Pedal Rem Kaki” dengan tumit
kaki kanan
Selagi menggunakan ujung
jarinya untuk menginjak
gas.
[5.b] Anda akan melepaskan “Pedal Rem Kaki”
alih-alih “Tuas Rem Tangan”
saat membebaskan "Kopling Kaki”
Hand Rem : ditanjakan [Roda Mundur]
[1].
Penggunaan Tuas HandRem :
Stik Pengunci Roda
Belakang
Mengenal : Sistem
“Tuas Pengunci Roda
Belakang”
Tuas
terletak disisi kiri
Driver
dan
memiliki sistem Tuas
on/off
Posisi Tuas Off =
Tuas Handle Berada
pada “sudut sisi”
BAWAH
Pada
posisi ini “Roda
Belakang Mobil” masih
belum Terkunci
Posisi Tuas On =
Tuas "DI TARIK" hingga pada “sudut sisi”
ATAS
[ditarik
oleh Jempol Tangan
Kiri Anda]
Pada posisi
ini "Tuas HandRem" akan dibuka.
Bila "Tuas
HandRem" telah
ditarik
maka kedua
“Roda Belakang
Mobil” akan terkunci
[2].
"Membuka Tuas Pengunci" :
untuk "Membuka Tuas
Pengunci" Roda Belakang
[Kembali...!!]
[2.a]. Tekanlah
Tombol : yang
berada "diatas" Tuas
HandRem tersebut
dengan
jempol tangan kiri
anda
[2.b]. Lalu
doronglah Tuas HandRem
: bersamaan dengan
"masih ditekannya"
Tombol Tuas HandRem
Maka
dengan demikian Roda
Mobil
dalam
keadaan tidak terkunci
dan bebas untuk
meluncur
[3].
Kesalahan-Kesalahan yang sering
terjadi dalam penggunaan
"Tuas HandRem
dapat
mengakibatkan "Mobil Mundur di
area Tanjakan disuatu lalu
lintas yang padat
hingga
mengakibatkan : tertubruknya
Bemper Mobil belakang
Kesalahan
yang biasa dilalukan
oleh "pengemudi pemula"
adalah =
Ketika
"menarik HandRem sambil
menekan Tombol Tuas Pengunci
Hand Rem : ditanjakan [Roda Mundur]
3 Cara untuk Mencegah
:
Mobil Meluncur Mundur
METODE A
UNTUK
: Mobil Bertransmisi Manual
[1]. Berhenti secara sempurna.
Ketika berada di tanjakan
:
[1.a] Hentikan mobil sepenuhnya
: menggunakan “pedal rem” atau “rem tangan”
Langkah
ini penting,
terutama jika mobil dihentikan di tanjakan atau turunan.
[1.b] Sebagian supir lebih memilih menggunakan rem tangan
Supaya kaki tetap siaga pada
pedal gas untuk mulai menyetir
kembali.
[2].
Gunakan fitur :
Hill
Start Assist, kalau memungkinkan.
Banyak mobil manual memiliki Hill Start
Assist,
Yang membantu mencegah
mobil meluncur
mundur ketika berhenti
di landaian.
Fitur ini juga membantu Anda kembali bergerak
dari posisi berhenti
penuh.
Jika mobil memiliki
fitur Hill
Start Assist,
Fungsi ini akan bekerja
secara otomatis
sehingga Anda tidak perlu menekan tombol apa pun.
[2.a] Sensor Hill
Start Assist
akan mendeteksi posisi mobil secara otomatis ketika dalam keadaan miring.
Hill
Start Assist menjaga tekanan pada rem dalam kurun
waktu tertentu
untuk membantu Anda saat memindahkan kaki dari pedal rem ke gas.
[2.b] Hill Start Assist tidak meningkatkan tenaga tarik
Sehingga jika cuaca sedang
buruk atau jalanan basah,
mobil masih bisa meluncur
mundur.
Simpan pengganjal roda di bagasi
belakang.
Siapa tahu suatu
saat
Anda membutuhkannya.
Masuklah ke gigi parkir,
jika mobil bertransmisi otomatis.
Untuk transmisi
otomatis, mobil perlu
dimasukkan ke gigi parkir
setelah mobil berhenti sepenuhnya di tempat parkir.
Terus injak pedal rem
sampai rem darurat
terpasang sepenuhnya
dan mengubah
transmisi ke gigi parkir.
Jika ditinggalkan
di gigi lainnya, transmisi mobil bisa rusak.
[3].
Masuk ke : GIGI Satu
[3.a] Ketika waktunya untuk bergerak
kembali, ganti ke gigi satu dan
injak pedal gas.
[3.b] Jangan lepaskan Rem Tangan dulu....!!!!
[3.c] Terus tekan pedal gas sampai
mesin bekerja sekitar 3.000 RPM.
[4]. Naikkan Kopling
: pada
titik gigitnya (biting
point).
Injak-Tekan "Kopling” dengan Kaki
hingga “Mentooookkk...!!”
hingga “Mentooookkk...!!”
Pada titik ini,
Anda akan merasakan
bagian
depan mobil agak terangkat
Karena kopling
mengambil beban
mobil.
[5].
Lepaskan Rem tangan :
perlahan-lahan
Selagi agak mengangkat
pedal kopling, lepaskan rem tangan secara bertahap.
Ketika rem tangan lepas dan tidak aktif, mobil
akan mulai maju.
[6].
Lepaskan Kopling perlahan-lahan : selagi mendengar suara Mesin
[6.a] Ketika suara mesin
terdengar memudar, teruskan menambah gas.
[6.b] Sekarang Anda sudah
bisa menyetir menanjak tanpa meluncur mundur.
[6.c] Pastikan Anda melepaskan
Kopling sampai bebas sepenuhnya.
[7].
Tahan pedal rem : jika rem tangan
tidak berfungsi.
[7.a] Jika rem tangan mobil tidak bisa dipakai,
Tahan
pedal rem dengan tumit kaki kanan
Selagi menggunakan ujung jarinya
untuk menginjak gas.
[7.b] Anda akan melepaskan pedal rem
alih-alih rem tangan saat membebaskan Kopling.
METODE B
UNTUK
: Mobil Bertransmisi Otomatis
METODE C
UNTUK
: Mobil Saat Parkir di Landaian