Minggu, 08 Desember 2019

[#] HandRem : ditanjakan [Roda Mundur]








Berhenti      di   Tanjakan











      [1].      Tekan    :      "Pedal   Rem   Kaki"  
                                        sampai   Anda   hampir   berhenti   sepenuhnya,


                 kemudian  


                 Tarik   ke  Atas    :    "Tuas    Rem    Tangan"     
                                                    untuk    menahan    mobil    di   tempat 
                                                    dan    mencegahnya  bergerak    mundur.









    [2].      Saat   Anda   ingin    menjalankan  Mobil     kembali  :

              [2.a].     Masuk   ke  :     GIGI   Satu


                            
                   [2.a1]  Ketika  waktunya untuk   bergerak   kembali,   ganti    ke  gigi   satu    dan   injak  pedal  gas.
                   [2.a2]  Jangan   lepaskan   Rem   Tangan   dulu....!!!!


   
              [2.b].   Terus   tekan  pedal  gas    sampai   mesin   bekerja   sekitar    3.000   RPM.
                          Lepaskan   :    "Kopling    Kaki   sedikit"     sambil      "memperbesar   Pedal   Gas   Kaki"
                                                    seperti   yang  Anda   lakukan  pada   metode    sebelumnya.




                         Injak-Tekan       "Kopling    Kaki”    :    pada   titik    gigitnya     (biting   point).  
                                                    Injak-Tekan     "Kopling”  dengan     Kaki     
                                                    hingga     “Mentooookkk...!!”



           Pada  titik   ini,   Anda  akan   merasakan  bagian   depan   mobil   agak    terangkat
           Karena  kopling   mengambil   beban    mobil.












    [3].     Begitu    Mobil    mulai     “Macet” ....  !!!!      :

               Dorong   ke  bawah   [sambil  menekan   TOMBOL]   :       "Tuas    Rem   Tangan”
               Lepaskan  "Tuas    Rem   Tangan”   :    secara     perlahan-lahan


 
                Selagi    agak   mengangkat   :   pedal     "Kopling    Kaki” ,   
                                                                    Lalu      lepaskan    "Tuas    Rem    Tangan"     secara    bertahap.

                Ketika   "Tuas    Rem    Tangan"     lepas   
                dan    tidak  aktif,    mobil   akan   mulai   maju.













    [4].      Pada   tahap  ini,    mobil    seharusnya   bergerak   maju,
               tetapi   Anda   mungkin   perlu    berlatih.


                Lepaskan    Kopling    perlahan-lahan    :     selagi      mendengar   suara    Mesin


               [4.a]  Ketika   suara   mesin    terdengar    memudar,    teruskan   menambah  gas.
               [4.b]  Sekarang  Anda   sudah   bisa   menyetir   menanjak   tanpa    meluncur   mundur.
               [4.c]  Pastikan   Anda   melepaskan   Kopling   sampai   bebas   sepenuhnya.



               Teruslah   Melepas   :     "Kopling    Kaki”     sedikit   demi   sedikit
                                                        sambil     menekan    “Pedal   Gas   Kaki"
                                                        sampai   "Kopling    Kaki”     kembali   ke   posisi    awal.


               Semakin  cepat   Anda    melepas   "Kopling    Kaki”     semakin   mengurangi    ke  Ausan.



               Jadi,     idealnya    Anda    melepas   "Kopling    Kaki”     secepat    mungkin
               sambil   tetap    menjalankan   mobil   dengan   lancar.













     [5].      Tahan     “Pedal   Rem    Kaki”  :        jika       “Tuas   Rem   Tangan”     tidak    berfungsi.



               [5.a]  Jika    “Tuas   Rem   Tangan”     mobil    tidak   bisa    dipakai,
                        Tahan    “Pedal   Rem    Kaki”  dengan    tumit    kaki    kanan
                        Selagi    menggunakan  ujung   jarinya   untuk    menginjak   gas.

               [5.b]  Anda   akan   melepaskan   “Pedal   Rem    Kaki”  
                        alih-alih     “Tuas   Rem   Tangan”     saat    membebaskan  "Kopling    Kaki”    





















Hand   Rem  :  ditanjakan     [Roda  Mundur]


  


      [1].  Penggunaan  Tuas  HandRem :     Stik   Pengunci   Roda  Belakang



            Mengenal  :    Sistem   “Tuas  Pengunci   Roda  Belakang”
                                  Tuas  terletak  disisi  kiri  Driver
                                   dan  memiliki  sistem    Tuas   on/off




            Posisi  Tuas  Off   =    Tuas   Handle    Berada   pada   “sudut   sisi”     BAWAH
                                                Pada   posisi  ini     “Roda Belakang  Mobil”    masih   belum  Terkunci



            Posisi  Tuas  On    =   Tuas  "DI  TARIK"     hingga    pada    “sudut   sisi”     ATAS   
                                                [ditarik  oleh Jempol   Tangan  Kiri  Anda]

                                    Pada   posisi  ini  "Tuas  HandRem"   akan  dibuka.
                                    Bila   "Tuas  HandRem"    telah    ditarik 
                                    maka  kedua  “Roda    Belakang  Mobil”    akan   terkunci


      [2].  "Membuka   Tuas  Pengunci"   :  untuk  "Membuka   Tuas  Pengunci"   Roda  Belakang  [Kembali...!!]


             [2.a].  Tekanlah  Tombol  :    yang  berada  "diatas"  Tuas  HandRem  tersebut 
                                                           dengan  jempol  tangan  kiri  anda

             [2.b].  Lalu  doronglah  Tuas  HandRem  :  bersamaan  dengan  "masih   ditekannya"
                                                                                 Tombol   Tuas    HandRem

                                                                                 Maka  dengan  demikian  Roda  Mobil 
                                                                                 dalam  keadaan  tidak  terkunci  dan  bebas  untuk  meluncur





      [3].  Kesalahan-Kesalahan  yang  sering  terjadi  dalam  penggunaan  "Tuas  HandRem
             dapat  mengakibatkan  "Mobil   Mundur  di  area  Tanjakan disuatu  lalu  lintas  yang  padat
              hingga  mengakibatkan  :   tertubruknya  Bemper  Mobil    belakang
            
              Kesalahan  yang  biasa  dilalukan  oleh  "pengemudi  pemula"  adalah  =
              Ketika  "menarik  HandRem   sambil  menekan  Tombol  Tuas  Pengunci























Hand   Rem  :  ditanjakan     [Roda  Mundur]





          3   Cara    untuk   Mencegah   :     Mobil    Meluncur    Mundur



         METODE   A
         UNTUK  :    Mobil     Bertransmisi    Manual




     [1].    Berhenti    secara    sempurna.
              Ketika   berada    di tanjakan  :



               [1.a] Hentikan   mobil  sepenuhnya   :    menggunakan  “pedal  rem”    atau  “rem   tangan”
                                                                               Langkah   ini   penting,
                                                                               terutama   jika   mobil   dihentikan  di tanjakan  atau    turunan.

               [1.b]  Sebagian  supir   lebih   memilih   menggunakan  rem  tangan  
                        Supaya  kaki   tetap   siaga    pada    pedal  gas     untuk   mulai   menyetir    kembali.
         




     [2].   Gunakan fitur    :     Hill      Start    Assist,    kalau    memungkinkan.

            Banyak mobil    manual   memiliki     Hill      Start    Assist,
            Yang   membantu   mencegah   mobil    meluncur  mundur   ketika   berhenti    di landaian.

            Fitur   ini   juga   membantu  Anda   kembali   bergerak   dari   posisi   berhenti   penuh.

            Jika   mobil   memiliki   fitur     Hill      Start    Assist,  
             Fungsi     ini   akan   bekerja   secara   otomatis
            sehingga   Anda   tidak   perlu   menekan tombol    apa pun.




               [2.a] Sensor   Hill      Start    Assist
                       akan   mendeteksi  posisi   mobil   secara   otomatis   ketika   dalam   keadaan  miring.
                        Hill      Start    Assist menjaga   tekanan  pada   rem   dalam    kurun   waktu   tertentu
                        untuk   membantu  Anda   saat   memindahkan  kaki    dari    pedal   rem   ke    gas.


               [2.b] Hill      Start    Assist     tidak    meningkatkan tenaga   tarik
                       Sehingga   jika   cuaca   sedang   buruk   atau   jalanan   basah,
                       mobil   masih   bisa   meluncur   mundur.

                      Simpan   pengganjal   roda    di   bagasi     belakang.
                      Siapa   tahu   suatu   saat   Anda   membutuhkannya.





             Masuklah   ke   gigi   parkir,     jika mobil     bertransmisi   otomatis.

             Untuk  transmisi    otomatis,   mobil   perlu    dimasukkan ke   gigi    parkir
             setelah  mobil   berhenti   sepenuhnya di tempat    parkir.

             Terus  injak    pedal rem     sampai    rem   darurat      terpasang    sepenuhnya
             dan    mengubah   transmisi    ke    gigi   parkir.

             Jika   ditinggalkan   di gigi    lainnya,    transmisi   mobil   bisa   rusak.














     [3].  Masuk   ke  :     GIGI   Satu


                            
               [3.a]  Ketika  waktunya untuk   bergerak   kembali,   ganti    ke  gigi   satu    dan   injak  pedal  gas.
               [3.b]  Jangan   lepaskan   Rem   Tangan   dulu....!!!!
               [3.c]  Terus   tekan  pedal  gas    sampai   mesin   bekerja   sekitar    3.000   RPM.





     [4].  Naikkan  Kopling   :     pada   titik    gigitnya     (biting   point).  

                                                    Injak-Tekan     "Kopling”  dengan     Kaki     
                                                    hingga     “Mentooookkk...!!”



           Pada  titik   ini,   Anda  akan   merasakan  bagian   depan   mobil   agak    terangkat
           Karena  kopling   mengambil   beban    mobil.






     [5].  Lepaskan  Rem    tangan    :     perlahan-lahan



           Selagi   agak   mengangkat  pedal   kopling,   lepaskan rem   tangan   secara    bertahap.
           Ketika   rem    tangan   lepas    dan    tidak  aktif,    mobil   akan   mulai   maju.



  

     [6].  Lepaskan    Kopling    perlahan-lahan    :     selagi      mendengar   suara    Mesin



               [6.a]  Ketika   suara   mesin    terdengar    memudar,    teruskan   menambah  gas.
               [6.b]  Sekarang  Anda   sudah   bisa   menyetir   menanjak   tanpa    meluncur   mundur.
               [6.c]  Pastikan   Anda   melepaskan   Kopling   sampai   bebas   sepenuhnya.







     [7].  Tahan     pedal  rem   :        jika       rem   tangan     tidak    berfungsi.



               [7.a]  Jika    rem   tangan   mobil    tidak   bisa    dipakai,
                        Tahan    pedal   rem   dengan    tumit   kaki    kanan
                        Selagi    menggunakan  ujung   jarinya   untuk    menginjak   gas.

               [7.b]  Anda   akan   melepaskan   pedal   rem 
                        alih-alih     rem   tangan   saat    membebaskan  Kopling.




        METODE   B
        UNTUK  :    Mobil     Bertransmisi     Otomatis

        METODE   C
        UNTUK  :    Mobil    Saat   Parkir     di     Landaian