Rabu, 04 Desember 2019

<**> FuseBox Kap Mesin : FuseBox 1











Memeriksa  :   FuseBox  Sekring
Cara   Memeriksa   Sekring






        Sekring   dibuat   untuk    melindungi    bagian-bagian   yang   penting
        Pada  sistem   kelistrikan  dari   panas   berlebih
        dan   kerusakan  lain   yang   disebabkan   olehnya.

         Saat  ada   aliran   arus   listrik   yang   melebihi   tingkat   ambang   bahaya,
         kawat   yang   ada   di dalam    sekring   akan   putus
         dan   menutup   hubungan    ke rangkaian   listrik   yang  dilindunginya.


        Cara   ini   dapat   melindungi    sistem   kelistrikan   pada   mobil
        Atau    rumah   Anda   dengan   baik,
        tetapi   dapat   juga   mengganggu k  enyamanan   Anda    saat    sekring   putus.


        Dengan   peralatan   yang   tepat   dan   sedikit    pengetahuan,
        Anda   dapat   memeriksa   seluruh   sekring   yang   ada   saat   hal   ini    terjadi
        dan   menentukan   apakah   ada   sekring   yang   perlu   diganti.




     [1].  Menemukan    Letak   :     Kotak    Sekring
             Periksa  buku   manual   mobil   Anda   atau   cari  di   tempat-tempat   yang   memungkinkan.
            Sebagian   besar   mobil   memiliki   dua   buah   kotak   sekring,
             dan   tidak   ada   patokan   umum   di mana    kotak-kotak   itu   seharusnya   diletakkan.


             [1.a].  <**>     FuseBox   Kap    Mesin    :       FuseBox  1
                                   https://eruntahmi.blogspot.com/2019/12/fusebox-kap-mesin-fusebox-1.html



              [1.b].  <**>   FuseBox    Kabin   Supir    :      FuseBox  2 

                                   https://eruntahmi.blogspot.com/2019/12/fusebox-kabin-supir-fusebox-2.html



             Kebanyakan  mobil   memiliki   satu   atau   dua   kotak   sekring   di dalam   ruang   mesin,
             Yang  terletak   di   sebelah  Mesin   atau   Aki.

              Ada  juga   yang   menempatkan   kotak   sekring  di   dalam   Kabin,
             sehingga   teruskan   mencari   jika   Anda   belum    menemukannya,
              atau   jika   semua   sekring   yang   Anda   temukan   masih   dalam   keadaan baik.

             Mobil-mobil   keluaran  akhir  biasanya  memiliki   kotak   sekring  di bawah   dasbor
              Yang  letaknya   mudah   dijangkau.

             Periksa  atap    laci   dasbor,   adakah   engsel   yang  dapat   bergerak   ke   bawah.
             Anda   mungkin   akan   membutuhkan   obeng   minus 
             untuk   membuka   tutup   kotak    sekringnya.

  


     [2].  Memeriksa     Kode    Sikring    Pada   :      Diagram    FuseBox    Sikring


             Kotak   sekring  mobil   biasanya   memiliki   diagram   pada   bagian   luar   atau   bagian   dalam   tutupnya,
             sebagaimana   selalu   ada   di buku   manualnya.

             Ini   dapat   menghemat   banyak   waktu,   karena   Anda   bisa   langsung   menemukan
             misalnya,   sekring   mana   yang   melindungi   sambungan   ke  radio    (atau    komponen   lain   yang   mati)
             daripada   memeriksa   seluruh   sekring   yang    jumlahnya    lebih    dari     40.




     [3].  Biarkan   :        Sekring   tetap   terpasang
            

             Jangan     melepas   Sekring-nya    dahulu........!!!!!
             Karena  hal   ini   dapat    membahayakan    jika   daya   masih   tersambung,

             dan   dapat     menyebabkan    masalah   kecil 
             jika     ternyata   Anda   melepas   sekring   yang   masih   berfungsi.

             Cukup   amati   masing-masing   sekring   dalam   keadaan   terpasang.




     [4].  Periksa    :      Apakah    kawatnya   putus     atau     ada   tanda   terbakar... ?!!!



             “Sekring   kaki   dua”    yang   biasanya   digunakan   di mobil,   terdiri    dari   dua   lempeng   logam
             yang   terhubung   oleh   kawat   berbentuk   huruf   U,      di dalam   plastiknya.

             Jika    kawatnya    putus,      maka     sekringnya     putus,
             tetapi   kadang   butuh   pengamatan    yang   jeli
             untuk   tahu   apakah   kawatnya     benar-benar     putus.

   

 

     [5].     Periksa  Sekring  :     Menggunakan    Tes  Pen    modern

                  [5.a].     Beli     Tes   Pen    modern


                 Anda   dapat   membeli   alat   ini   di  toko   perkakas   atau   toko   listrik.
                 Pilihlah   model   yang    "aman  untuk   komputer"   dengan   lampu   LED   pada   pegangannya,
                 atau yang memiliki lampu pijar dengan sumber daya atau baterai sendiri.

                 Jangan   pernah   memeriksa   rangkaian   listrik   mobil   dengan  “ tes   pen   model  lama”
                 Yang   menyedot   daya   dari   rangkaian   itu    sendiri,
                 Jika   Anda   tidak   ingin     memicu      "kantung    udara  Air  Bag"     yang    keluar    secara     tiba-tiba
                 Dan   menimbulkan   kerusakan   yang   parah

                 Sebagai   alternatif,   jika   Anda   memiliki   Multimeter  AVO   Meter
                 Gunakanlah  itu    dan   langsung   melompatlah   ke   langkah-langkah  untuk   menggunakannya.
            


                  Cara    Melepas   :      Airbag     Avanza
                                                     https://www.youtube.com/watch?v=rRxsSBh-yNc



                  [5.b].     Periksa    Sekring     menggunakan   Tes   Pen

                  Ikuti   langkah-langkah  berikut   untuk   memeriksa   sekring   dengan   Tes   Pen   :

                 [5.b.1]   Jepitkan   “batang   Ground”   pada   objek   
                              yang   dapat   mengalirkan   arus   listrik     (misalnya   benda   logam).

                 [5.b.2]   Nyalakan   mesin
                 [5.b.3]   Sentuhkan “Kabel   Merah”   pada   salah    satu    ujung   sekring,
                              kemudian   sentuhkan   pada   ujung   lainnya.
                                              Untuk sekring   kaki   dua,    ujungnya   adalah   kedua   kakinya.




                   [5.c].    Artikan    hasilnya


                  Jika   sekring   tersebut   masih   berfungsi   dengan   baik,
                   lampu   pada   tes   pen   akan   menyala   sekali   untuk   setiap   ujungnya.

                  Jika  ia   idak   menyala   saat   disentuhkan ke   salah   satu   ujung,
                  Maka  sekring   itu   putus   dan   perlu   diganti.
                    
                 Jika   "lampu   tidak   menyala   sama   sekali"    saat   kabel   tes   pen   menyentuh   ujung   mana   pun,
                 -  maka  tidak  ada   arus   listrik   yang   mengalir   ke   kotak   sekring,
                 -  atau   “batang Ground”   belum   tersambung,
                 -  atau    lampu   pada   tes   pen   putus.

                 Perbaiki   dahulu   masalah   ini   
                 dan  coba   lagi,    atau   gunakan  saja      Multimeter    AVO    Meter





     [6].      Periksa  Sekring   :      Menggunakan     Multimeter    AVO    Meter



          [6.a].   Matikan   daya   listrik   dan  lalu     lepas   sekring
                     Lalu  putar   kunci   kontak mobil    ke   posisi    mati


                     Cabut   dan   lepaskan sekringnya,
                     mulai  dari   satu   ujung   kemudian ujung   yang   lain.

                    Anda  mungkin   membutuhkan  pinset   atau   tang   mini    untuk  mencabut  sekring   itu,
                    atau  gunakan   alat   serupa   yang  telah   disediakan,
                    yang   kadang   diselipkan   pada   tutup   kotak   sekring   mobil.


                    Jika   Anda   berencana   untuk   mengetes  lebih   dari   satu   sekring
                    pada  kotak   sekring   mobil   :     fotolah   dulu   kondisi   awalnya ........!!!!!!
                    agar   Anda    tidak   bingung   ketika   harus   memasukkan  kembali   masing-masing   sekring.







          [6.b].    Lakukan   :      Uji     Kontinuitas     jika     memungkinkan


                      Sebagian   besar   Multimeter   digital  memiliki   setelan   kontinuitas,
                      Yang   tertera   pada   label   sebagai   serangkaian   busur   paralel    :

                        ))).    Putar   Knop    ke   setelan   ini,
                        kemudian sambungkan  kedua  kabel   Multimeter   ke   masing-masing   ujung   sekring.

                       JIka   Anda    “mendengar   bunyi   bip”    y ang   konstan   saat   kabel   tersambung,
                       maka   sekring   itu   masih   dalam   =      kondisi   baik.

                       Jika   Anda   tidak   mendengar  bunyi   apa   pun,    sekring   itu   =   sudah   putus

                        Jika   Multimeter   Anda   tidak   memiliki   setelan  untuk    Tes  Uji    Kontinuitas,
                        Atau   Anda   masih   ingin   mengetes   lagi   dengan   cara   yang   lain,
                        lanjutkan     ke      Tes   Uji     Hambatan     [Uji  Resistor Ohm   /    Uji    Resistansi]

                ------------------


                 Multimeter    untuk    mengukur   beberapa    fungsi    dasar


                 -  Multimeter   seperti     Volt   Meter           (mengukur   tegangan)
                 -  Ampere      Meter                                    (mengukur    Arus    listrik)
                 -  Ohm           Meter                                    (mengukur    Resistansi    atau   Hambatan)

                 Cara   Mengukur   Tegangan   DC      (DC   Voltage)
                 Cara   Mengukur   Tegangan   AC     (AC   Voltage)
                 Cara   Mengukur   Arus   Listrik        (Ampere)
                 Cara   Mengukur   Resistor               (Ohm)

                 
                --------------



                 [6.b.1]   Pengukuran   Kontinuitas


                 [6.b.2]   Pemeriksaan    Kontinuitas    pada    Fuse



                 [6.b.3]   Pengukuran     Resistansi
                               http://myelectronicnote.blogspot.com/2016/08/pengukuran-resistansi.html




                 [6.b.4]   Analisa    Pengukuran    Resistansi

  

                 [6.b.5]   Pengukuran   Diode
                           http://myelectronicnote.blogspot.com/2016/08/pengukuran-diode.html

  

                 [6.b.6]   Analisa    Pengukuran    Diode
                           http://myelectronicnote.blogspot.com/2016/08/pengukuran-diode.html


                 [6.b.7]   Modus     Resistansi    Diode
                              http://myelectronicnote.blogspot.com/2016/08/pengukuran-diode.html


                 [6.b.8]   Pengukuran    KAPASITANSI     Diode





          [6.c].   Setel     Multimeter     :       untuk     Tes   Uji     Hambatan   
                                                                    [Uji    Resistor   Ohm    /    Uji     Resistansi]
  

                 Setelan  ini    ditandai   dengan   huruf   Yunani   "Omega"    :    Ω
                 Setelan   uji   hambatan   akan   mengalirkan   arus   kecil   melalui   sekring,
                 dan   mencatat  seberapa  besar   arus   yang   diteruskan.

                 Kita   tidak  perlu  tahu  detail   pengukuran  hambatan  ini,

                 tetapi   yang   jelas   jika    sekringnya    putus,
                 kita   tidak   akan   mendapatkan hasil     apa pun    di    Multimeter
                 karena   arus   yang   dialirkan   tidak   dapat   melewati   kawat   putus   pada   sekring.




          [6.d].   Sentuhkan   :       kedua     ujung    kabel     Multimeter


                     Sentuhkan  kedua   ujung   kabel   multimeter   satu   sama   lain,
                     Dan  lihat   angka   yang   muncul   di   layar.

                      Angka   ini     (atau  angka   yang   ditunjuk   oleh   jarum   pada   multimeter   analog)
                      adalah   angka   yang   dianggap   memiliki   hambatan =     0    oleh    Multimeternya.

                     Jika   saat   Anda   mengetes   sekring,
                     Anda   mendapatkan  angka   yang   mirip  
                     maka   sekring   tersebut   =     masih  baik.


                     Multimeter  Anda   mungkin   memiliki
                     Kenop                 (pada   Multimeter   Analog)
                     Atau    Tombol    (pada   Multimeter   Digital)

                     untuk   mengembalikan   angka   di  atas   kembali  ke    =  0

                     Gunakan  jika   Anda   berencana  untuk   sering   memakai    Multimeter,
                     tetapi  itu   tidak   penting   untuk   pengetesan   ini.


   

          [6.e].     Sentuhkan :     kedua   ujung    kabel     ke   masing-masing    ujung   Sekring

                        Sentuhkan   kedua   ujung   kabel     Multimeter
                        Kepada   masing-masing    ujung   sekring,    sambil   mengamati   layarnya.

                       Jika   angka   pada   layar   "tidak   berubah"    saat   Anda   menyentuhkannya,
                       maka  sekring   itu     =     mati    dan   perlu    diganti.

                       Jika   angka   berubah   atau   jarum   bergerak   “mendekati    nilai”
                       yang   Anda   peroleh   dari   langkah   sebelumnya,
                       berarti   sekring   ini    =   masih   baik   dan   dapat   digunakan   lagi.

                       Pasangkan   kembali   pada   kotak   sekring.


  

          [7].     Mengganti    Sekring

                     [7.a].   Matikan   daya   listrik   dan  lalu     lepas   sekring
                                Lalu  putar   kunci   kontak   Mobil    ke   posisi    mati


                         Saat   Anda   melepas  sekring   lama   dan   memasang   yang   baru,
                         pastikan   daya   yang   mengalir    menuju   kotak   sekring   sudah   dimatikan.

                         Pada   mobil,   ini    berarti   memutar   kunci   kontak  ke   posisi   mati.



                       [7.b].    Siapkan   Sekring   baru


                                  Anda   dapat   membelinya   di   toko   perkakas,    toko   listrik,
                                  Atau   toko   suku   cadang   mobil     (khusus   untuk   sekring   mobil).

                                   Bawalah   sekring   yang   putus   saat   membeli   sekring   baru,
                                   agar   Anda   dapat   membandingkan ukuran   dan    karakteristik
                                   yang   tertera   di   bawah   ini



                     [7.c].    Pilih    sekring   baru   dengan    tingkat   arus    (Ampere),
                                 tipe   dan   bentuk  yang    sama


                          Mengganti    sekring   dengan   jenis   yang   sama  persis   sangatlah   penting.

                          Paling    penting,    adalah   periksalah   tingkat   arusnya,
                          Yang   angkanya   biasanya   tertulis   pada   badan   sekring,

                          dan   belilah   sekring  pengganti   dengan   tingkat   arus   yang   sama.

                          Setiap   sekring   dirancang   untuk   putus   setelah   melewati   ambang   tertentu
                          Sesuai   tingkat   arusnya,   dan   memang   inilah   fungsinya.

                          Jika   Anda   menggantinya  dengan   sekring   yang   memiliki
                           tingkat   arus   lebih   rendah,
                          sekring   akan   sering   putus
                          dalam   pemakaian  normal   dan   dapat   menyebabkan   korsleting.

                          Jika   Anda   menggantinya     dengan     tingkat   arus   yang   lebih   besar,
                          Sekring   tidak     akan     putus     saat    ada     arus     berlebih,
                          sehingga   yang   rusak   justru     komponen   lain     yang      seharusnya      dilindungi,
                          yang   belum   tentu   dapat   diganti



                     [7.d].   Pasang   Sekring   baru


                               Sekring   modern   seharusnya   mudah   dipasang   dengan   sedikit   tekanan   saja.














FuseBox   Kap    Mesin    :     FuseBox  1



   Cara    Memeriksa   Sekring   [Fuse  Box]







            [4].     https://www.youtube.com/watch?v=idqIakROlpA
            [5].     https://www.youtube.com/watch?v=SBgJ9M17NJY




No
Kode Sekring
Ampere
Sirkuit / komponen
1
H-LP RH
10A
Lampu besar sebelah kanan (lampu headlamp kanan)
2
H-LP LH
10A
Lampu besar sebelah kiri (lampu headlamp kiri)
3
(ABS NO. 2)
30A
Anti-lock brake system
4
EFI
15A
Sistem injeksi bahan bakar, bahan bakar sequential multiport, sequential multiport/sistem injeksi, pompa bahan bakar
5
(A/C NO.1)
10A
Sistem air conditioner
6
TAIL
10A
Lampu belakang, lampu posisi depan, lampu plat nomor polisi, lampu kabut depan, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport
7
HORN (KLAKSON)
10A
Klakson
8
(FR FOG)
20A
-
9
(ECU-B)
10A
Transmisi Otomatis
10
STOP
10A
Lampu rem, lampu interior, lampu rem hight mounted, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, anti-lock brake system dan sistem kontrol shift lock.
11
BACK UP
10A
Sistem diagnosis on-board, meter, sistem audio
12
IG1
40A
-
13
AM2
30A
-
14
HTR
40A
Sistem air conditioner
15
SPARE (CADANGAN)
15A
Sekring cadangan
16
SPARE (CADANGAN)
10A
Sekring cadangan
17
SPARE (CADANGAN)
7.5A
Sekring cadangan
18
EPS
50A
Electric Power Steering
19
AM1
50A
-
20
(ABS NO. 1)
40A
Anti-lock brake system
21
RAD
30A
Kipas pendingin radiator elektrik















Pengertian  &  Fungsi :      Fuse  (Sekering)
Serta     Cara    Mengukurnya





  
       Fuse   atau  dalam  bahasa   Indonesia  disebut   dengan   Sekering   adalah  komponen yang berfungsi sebagai pengaman dalam Rangkaian Elektronika maupun perangkat listrik.

       Fuse   (Sekering)    pada dasarnya terdiri dari sebuah kawat halus pendek yang akan meleleh  dan terputus jika dialiri oleh Arus Listrik yang berlebihan ataupun terjadinya hubungan arus pendek (short circuit)

dalam sebuah peralatan listrik / Elektronika. Dengan putusnya Fuse (sekering) tersebut,
Arus listrik yang berlebihan tersebut tidak dapat masuk ke dalam Rangkaian Elektronika
sehingga tidak merusak komponen-komponen yang terdapat dalam rangkaian Elektronika yang bersangkutan.

Karena fungsinya yang dapat melindungi peralatan listrik dan peralatan Elektronika
dari kerusakan akibat arus listrik yang berlebihan, Fuse atau sekering juga sering disebut sebagai Pengaman Listrik.


           Fuse   (Sekering)    terdiri dari 2 Terminal dan biasanya dipasang  secara  Seri  dengan  Rangkaian Elektronika /  Listrik  yang akan dilindunginya sehingga apabila  Fuse (Sekering)   tersebut  terputus  maka  akan  terjadi  “Open Circuit”  yang memutuskan hubungan aliran listrik agar arus listrik  tidak  dapat  mengalir masuk ke dalam Rangkaian yang dilindunginya.


Berikut ini adalah Simbol   Fuse   (Sekering)  dan  posisi  pemasangan  Fuse  secara  umum:



            Bentuk Fuse (Sekering) yang paling sering ditemukan adalah berbentuk  tabung (silinder)  dan   Pisau  (Blade Type).  Fuse yang berbentuk tabung atau silinder sering ditemukan di peralatan listrik Rumah Tangga sedangkan Fuse yang berbentuk Pisau (blade)  lebih sering digunakan di bidang  Otomotif  (kendaraan bermotor).

Nilai Fuse biasanya tertera pada badan Fuse itu sendiri ataupun diukir pada Terminal Fuse,
nilai Fuse diantaranya terdiri dari Arus Listrik (dalam satuan Ampere (A) ataupun miliAmpere (mA)
dan Tegangan (dalam satuan Volt (V) ataupun miliVolt (mV).

Dalam Rangkaian Eletronika maupun Listrik, Fuse atau Sekering ini sering dilambangkan dengan huruf “F”.



             Cara   Mengukur  :      Fuse   (Sekering)   dengan    Multimeter   Digital
            Pada umumnya Fuse memiliki bungkusan transparan yang terbuat dari Kaca maupun Plastik sehingga kita dapat melihat langsung apakah Kawat halus Fuse tersebut putus atau tidak.

            Tetapi ada juga jenis Fuse yang bungkusannya menutupi Kawat halus di dalamnya sehingga kita sulit untuk melihat isi daripada Fuse  tersebut.

                    Oleh karena itu,   kita perlu mengukur Fuse dengan  Multimeter
                    untuk mengetahui apakah  Fuse  tersebut masih baik atau sudah  terputus.


        Berikut ini adalah       
        Cara   Mengukur  :      Fuse   (Sekering)   dengan    Multimeter   Digital



       1.  Aturlah posisi Saklar Multimeter pada posisi Ohm (Ω)

       2.  Hubungkan Probe Multimeter
            pada masing-masing Terminal Fuse / Sekering
            seperti pada gambar berikut ini.

            Fuse atau Sekering tidak memiliki polaritas,
            jadi   posisi    Probe Merah   dan    Probe Hitam    tidak    dipermasalahkan.

      3.  Pastikan nilai    yang   ditunjukan pada   Display   Multimeter   adalah   “0”   Ohm.
           Kondisi   tersebut   menandakan Fuse   tersebut   dalam   kondisi  baik  (Short).

     4.  Jika   Display Multimeter   menunjukan   “Tak  Terhingga”,
           maka Fuse   tersebut   dinyatakan telah  putus atau   terbakar.




         Kode   Warna   Sekring   Tancap













Sekring  Pada  Daihatsu  Terios






        Sekring pada mobil adalah salah satu komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan pada mobil tersebut. Secara umum fungsinya bisa dikatakan sama dengan sekring pada sistem kelistrikan rumah, yaitu sebagai pengaman pada suatu rangkaian listrik dengan cara memutus arus pada rangkaian apabila terjadi kelebihan arus listrik yang melewati rangkaian tersebut.

         Pada mobil Daihatsu Terios sekring tersusun dalam suatu tempat yang bernama kotak sekring atau rumah sekring (fuse box). Kotak sekring pada mobil ini berjumlah dua buah, di mana yang satu terletak di dalam ruang mesin dan yang satunya lagi terletak di dalam ruang kabin. Oke deh, berikut penjelasannya.

         Letak kotak sekring (fuse box) di ruang mesin berada di sekitar pojok kanan ruang mesin atau sebelah pojok kiri apabila kita berada di hadapan mobil (lihat tanda panah).




        Untuk melihat susunan sekring di dalam kotak tersebut silahkan lepas penutupnya, cukup gunakan tangan untuk melepasnya dan perhatikan kait penguncinya.



        Hmm, untuk mengetahui susunannya silahkan lihat pada bagian dalam tutup kotak sekring, di situ tertera keterangan dan ukuran (ampere) sekring yang harus digunakan. Serta terdapat juga 3 buah sekring cadangan (lihat gambar di bawah).




Sekring      model     kotak     (sekring pusat):
(POWER) 30A  : switch power window
HEATER 40A    : sistem AC
(EPS) 50A       : electric power steering
RAD 30A         : kipas pendingin elektrik
AM2 30A         : sekring E/G, ST, ECU-IG2
AM1 50A         : sekring CIG, IG1/BACK, (ECU-IG1), DEF, E/G, ACC, ST, ECU-IG2
IG1 40A           : sekring HAZARD, D/L, WIP/WSHR, (POWER), (RR A/C)



Sekring      model     pipih    (keping):
(ECU-B) 10A      : transmisi otomatis
TAIL 10A            : lampu belakang, lampu posisi (depan), lampu plat nomor,
                             iluminasi, (sequential) multiport fuel injection system
(FOG) 10A         : -


BACK UP 15A    : sistem audio, on board diagnosis system, transmisi otomatis
STOP 10A          : lampu rem, lampu interior, (sequential) multiport fuel injection system
(MGC) 7.5A        : sistem AC
HORN 10A         : klakson
EFI 15A              : (sequential) multiport fuel injection system, pompa bahan bakar


H-LP RH / H-LP LO RH 10A : lampu besar sebelah kanan (low beam)
H-LP LH / H-LP LO LH 10A : lampu besar sebelah kiri (low beam)

(H-LP HI RH) 10A                : lampu besar sebelah kanan (high beam)
(H-LP HI LH) 10A                : lampu besar sebelah kiri (high beam)





            Selain di ruang mesin,   kotak  sekring    juga   terdapat di dalam ruang kabin.   Letaknya agak tersembunyi pada dinding mobil di sekitar belakang tuas pembuka kap ruang mesin   (lihat tanda panah).


letak kotak sekring di ruang kabin



sekring di ruang kabin



Untuk mengetahui susunan sekring di bagian dalam kabin ini bisa dilihat pada sticker yang ditempel di dinding bagian kanan sebelah bawah, di dekat pedal gas.


keterangan susunan sekring



Sekring     model   kotak     (sekring pusat):
      POWER 30A : power window


Sekring   model    pipih     (keping):
        WIP/WSHR 20A      : pembasuh-penyapu air depan dan pembasuh-penyapu air belakang
       (RR A/C) 7.5A       : sistem AC belakang


       (DEF)  20  A        :  - 
       IG1/BACK 7.5A   : lampu darurat, lampu mundur, sistem AC
      (ECU IG1) 7.5A   : -
      ACC 7.5A           : sistem audio, sistem kaca spion luar, transmisi otomatis
      CIG 15A              : pemantik rokok
      HAZARD 10A     : lampu darurat, lampu tanda belok, meter-meter

      D/L 15A             : sistem power door lock
      ST 7.5A             : sistem starter
      ECU IG2 10A      : pengukur dan meter-meter, indikator pengingat servis, transmisi otomatis
      E/G 10A             : sistem pengisian, (sequential) multiport fuel injection system, 
                            pompa bahan bakar, kipas pendingin elektrik
      (A/C SUB) 7.5A : -




     Sekring   model   pipih   (keping)     bisa   diketahui   ukuran   (ampere)-nya   dari   warnanya,   yaitu:


            7.5     Ampere     =     cokelat
            10      Ampere     =     merah
            15      Ampere     =     biru
            20      Ampere     =     kuning


           Oh iya, ketika melakukan penggantian sekring, pastikan kunci kontak dalam posisi mati (off) dan tuas fungsi juga harus dalam posisi off. Ukuran sekring pengganti juga harus sama ukuran (ampere)-nya dengan sekring yang terpasang sebelumnya. Kecuali apabila pada saat darurat dan tidak ada sekring cadangan yang ukuran (ampere)-nya sama, maka gunakanlah sekring yang ukurannya lebih kecil, misalnya jika sekring yang rusak berukuran 10 ampere boleh diganti sementara dengan sekring ukuran 7.5 ampere. Dan ingat, perlakuan ini hanya dalam situasi darurat atau sementara, harus diganti kembali dengan ukuran (ampere) yang sama sesuai dengan aturannya.