Ac Mobil : Kurang Dingin
Cara Mengisi Freon Ac Mobil
Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, diantaranya yaitu :
[a]. Putusnya Drive Belt
[b]. Freon yang kurang atau habis
[c]. Kondensor dan radiator yang kotor
[d]. Motor Cooling Fan
[e]. Spul magnetic clutch putus
[f]. Tekanan system Ac mobil yang berlebihan
[g]. Oli kompresor yang berlebih
[h]. Kompresor aus
[i]. Evaporator yang kotor atau tersumbat
[j]. Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat
[k]. Overheating pada mesin
Cara Mengisi Freon Ac Mobil :
Isi
Freon Mobil =
[1]. AC Filter Dryer yg
baru
AC Vacum Kompresor & isi Freon
kita masukan Filter Dryer yg baru kedalam Tabung Kondensor
tempat Filter Dryer-nya
[2]. cara mengisi Oli AC -memVacum- mengisi Freon
AC Oli Mobil-memVacum-mengisi Freon
[3]. Cara Mengisi
Oli AC Mobil
AC Oli Mobil
Oli Power Steering : PRESTONE [ukuran satu liter]
Oli Prestone Power Steering Fluid Red 1000ml -63100
Oli Prestone Power Steering Fluid Red 1000ml ( 12 x 1 ) AS - 266
Rp. 58.300
[4]. AC Service
[5]. AC Vacum Kompresor &
isi Freon
[6]. AC Kompresor Plat AC
& Magnetic Cluch AC
Kompresor Ac Plat AC & Magnetic Cluch AC
[7]. AC Sikring FuseBox
FuseBox AC Mobil
[8]. AC Freon cepat
habis, Evaporator AC Bocor...!!!!
Kebocoran Freon AC
Bongkar Dashbaord AC
[9]. AC Bongkar Dashbaord AC Mobil
membersihkan Evaporator AC
[10]. AC Bongkar Dashbaord
Evaporator AC
[11]. AC
Fan Blower Bongkar....!!!!
Alat Refresher Kaleng
: Pewangi AC
[a]. AC
mobil bau [Cairan
DOwnny di Botol]
[b]. AC mobil bau
[Cairan DOwnny
dituangkan
ke Filter AC]
[c]. AC mobil bau rokok
[Stella Pewangi
AC Mobil Lembaran
Filter AC]
[d]. AC seprot air ke Evaporator Depan
Terus tetesin
minyak Esensial "Eucalyptus Oil"
atau minyak apa aja deh [Downny]
pilihan ente, sekitar
10 atau 20 tetes
dikedua sisi car irfreshener
bikinan ente,
ati2 vroh jangan sampe lumer
kebanyakan
Stella Bathroom Perfume Pocket
Rp. 8.000
Eucalyptus Oil : Pure Essential Oil [5
ml]
Rp. 17.000
Kapas Busa
Filter :
Saringan Air Aquarium Besar
Rp. 2.000
Alat Refresher Kaleng : Pembersih AC
[e]. AC Zerone, Ultra Pro [cairan Busa]
Cara Mudah
Bikin AC Mobil Jadi Dingin Menggigil
[f]. AC
MAX COOL CLEANER
[cairan Busa]
[g]. AC
Hazecool Cleaner
AC
Cleaner Pembersih AC Mobil [400
ml]
Rp. 18.100
Motor Blower AC :
Avanza
Rp. 280.000
Cabin Filter
AC
Filter AC -
Kabin
Filter Cabin Kabin
Udara Blower AC : Avanza
Rp. 21.000
Werstan Resistor Motor Blower Depan AC
:
Avanza
Rp. 105.000
Evaporator Evapurator Evap
Evap Evaporator Cooling
Radiator Avanza Xenia Lama 1300 Cc Manual
Condensor Kondensor : Avanza Manual 1.3
Rp. 420.000
Filter Receiver Drier Dryer Silica 20 Cm : Avanza Xenia
[buat didalam
Condensor Kondensor]
Rp. 19.000
Compressor
Kompresor : Avanza Xenia 1.3
Rp. 817.000
Magnet Clutch Pulley Pully Compressor : Avanza 1.3 4PK
Rp. 234.900
Motor Extra Fan AC
: Avanza
Rp. 175.000
Knop Knob AC : New
Avanza
Rp. 21.900
KNOP AC
Belakang :
AVANZA
Rp. 20.000
Kisi Kisi AC :
Double Blower Belakang
Rp. 55.000
Piting Slang AC Mobil
Rp. 15.000
Lps Low
Pressure Switch : Avanza
Xenia
Rp. 60.000
Rumah Filter Ac
Xenia ,Avanza ,Terios, Rush Original # Termurah
Rp. 100.000
Filter AC - Kabin Grand New Avanza
Rp. 27.500
Cabin Filter Ac
Mobil Toyota Avanza Xenia
Rp. 10.000
Cover Heater
Tutup Rumah Filter Ac Avanza Xenia
Rp. 60.000
Motor Fan Radiator Avanza Xenia
Motorfan Cooling Fan
https://s0.bukalapak.com/img/0425528552/w-1000/Motor_Fan_radiator_Avanza_rush_xenia_terios_Mobil.jpg
https://s2.bukalapak.com/img/2105528552/w-1000/Motor_Fan_radiator_Avanza_rush_xenia_terios_Mobil.jpg
https://s2.bukalapak.com/img/2405528552/w-1000/Motor_Fan_radiator_Avanza_rush_xenia_terios_Mobil.jpg
https://s2.bukalapak.com/img/7025528552/w-1000/Motor_Fan_radiator_Avanza_rush_xenia_terios_Mobil.jpg
Rp. 180.000
Kipas Motor Extra
Ekstra Fan Condensor
Kondensor Radiator AC Mobil Universal
12V HEMBUS - TIUP - Merk FUJICOOL
Rp. 152.500
Kumplit =
Rp. 29.000 + Rp. 162.000 + Rp. 60.000 = Rp. 251.000
[kumplit selang 3 warna + Double Manifold + Double Quick Copler]
Freon R134 Hfc Kaleng Ac Mobil [390 gram]
Rp. 29.000
Double Manifold R22 + Double kran Can Tape Valve 338 + selang isi 3 warna
selang isi 3 warna : Merah , Biru, Kuning
Rp. 162.000
Cara Mengisi Freon Ac Mobil :
1. Sediakanlah alat :
[#] Pressure Gauge
Pressure Gauge terdapat 3 selang yaitu:
Selang warna kuning = untuk tabung Freon
Selang warna merah = untuk tekanan tinggi
Selang warna biru = untuk tekanan rendah
[#] Pompa Vacum
[#] Freon Tabung 3 kilo atau boleh juga memakai 2 kaleng Freon Kaleng R134
2. Langkah Kerja :
[#] Pengosongan
[#] PemVacuman
[#] Pengisian
3. Langkah pemasangan selang :
[3.a] Pasanglah selang tekanan tinggi (selang merah) dan
selang tekanan rendah (selang biru)
Pressure Gauge pada saluran sistem Ac Mobil yang terletak di kap Mobil.
Membuka “seal karet” selang tekanan tinggi (selang merah) --à>> simbol H
[3.b] Membuka “seal karet” selang tekanan rendah (selang biru) --à>> simbol L
[3.c] Pasanglah selang Pressure Gauge
Sesuai pentunjuk tadi diatas
Memasang “bibir ring selang tekanan tinggi (selang merah)” --à>> simbol H
Memasang “bibir ring selang tekanan rendah (selang biru)” --à>> simbol L
[3.d] Pastikan kedua “ Kran Knop Manifold Valve merah” dan
“ Kran Knop Manifold Valve biru” dalam kondisi tertutup
[3.e] Bukalah saluran “selang tekanan tinggi (selang merah)” --à>> simbol H
“ jarum Manifoldmeter Valve merah” menunjukan Tekanan Pressure Gauge = naik
Bukalah saluran “selang tekanan rendah (selang biru)” --à>> simbol L
“ jarum Manifoldmeter Valve biru” menunjukan Tekanan Pressure Gauge = naik
4. Langkah Pengosongan Freon
[4.a] Buka dan putar secara bersamaan dengan kedua tangan anda :
“ Kran Knop Manifold Valve merah” dan
“ Kran Knop Manifold Valve biru”
[4.b] Suara mendesis menunjukan bahwa Freon keluar dari saluran Ac Mobil
melalui selang Pressure Gauge
[4.c] Kosongkan Freon hingga kedua manometer pada Pressure Gauge
Menunjukan angka NOL [kedua jarum pada Pressure Gauge di angka NOL]
Buka dan putar secara bersamaan dengan kedua tangan anda :
“ Kran Knop Manifold Valve merah” dan
“ Kran Knop Manifold Valve biru”
5. Langkah PemVacuman
[5.a] Hubungkan selang warna kuning : Pressure Gauge pada POMPA VACUM
[5.b] Nyalakan POMPA VACUM (selama 15 menit)
[5.c] Kedua jarum Penunjuk akan berada pada angka dibawah NOL (-20)
[5.d] Selanjutnya, tutup kedua Kran Knop pada Pressure Gauge
Tutup dan putar secara bersamaan dengan kedua tangan anda :
“Kran Knop Manifold Valve merah” dan
“Kran Knop Manifold Valve biru”
[5.d] Selanjutnya, matikan POMPA VACUM
Kemudian lepas selang warna kuning dari POMPA VACUM
6. Langkah Pengisian Freon
^6.A (pengisian Freon pada saluran tekanan tinggi)
“selang tekanan tinggi (selang merah)” --à>> simbol H
[6.a] Pasanglah selang warna kuning : Pressure Gauge pada TABUNG FREON
[6.b] Setelah terpasang, bukalah Kran Knop TABUNG FREON (sekitar satu putaran)
[6.c] Kemudian, balikanlah posisi TABUNG FREON tersebut
(TABUNG FREON = (kepala dibawah & pantat diatas) pada sebuah kursi plastik
yang sengaja didekatkan pada kap mobil anda
[6.d] Selanjutnya, buanglah udara yang terjebak pada selang warna kuning,
Dengan cara menekan “knop kecil tengah silinder” pada Pressure Gauge
[6.e] Setelah itu silahkan anda tutup kembali
Dengan cara memutarkan “bibir knop kecil tengah silinder” pada pressure Gauge
[6.f] Kemudian, bukalah “Kran Knop warna merah Pressure Gauge”,
Lalu, isilah Freon sampai penuh,
Kemudian, tutuplah kran knop warna merah tersebut setelah dikira penuh
[6.g] Setelah Freon penuh, selanjutnya
tutuplah kran knop warna merah tersebut setelah dikira penuh
kemudian, Balikan posisi TABUNG FREON kepada seperti semula
[6.h] Hidupkanlah mesin mobil, pada putaran 2.000 RPM,
Kemudian, Ac mobil dinyalakan pada settingan Full
^6.B (pengisian Freon pada saluran tekanan rendah)
“selang tekanan rendah (selang biru)” --à>> simbol L
[6.i] Kemudian, Bukalah Kran Knop warna biru,
dengan diputar secara perlahan
[6.j] Setelah pada Manometer warna Merah menunjukan angka 15,
Maka tutuplah kembali kran knop warna biru.
Sedangkan Manometer wana biru akan menunjukan angka 2
7. Langkah Menutup : 3 selang kran knop
[7.a] “kran knop Tabung Freon (selang kuning) --à>> simbol F,
pada “lubang Port Freon” agar tidak bocor
“kran knop selang tekanan tinggi (selang merah)” --à>> simbol H,
pada “lubang Port High” agar tidak bocor
“kran knop selang tekanan rendah (selang biru)” --à>> simbol L
pada “lubang Port Low” agar tidak bocor
[7.b] Selanjutnya, Lepaskanlah :
Selang kuning, dari Tabung Freon
Selang merah, dari “Lubang Port High”
Selang biru, dari “Lubang Port Low”
Quick Connect dilepaskan dari “Lubang Port Low”
cara melepas selang ke Manifold Valve [lubang selang yg tidak ada tonjolan ditengahnya]
cara melepas selang ke Quict Connect [lubang selang yg ada tonjolan ditengahnya]
untuk melepaskan Quick connect-nya : tariklah “bibir Quick connect”
agar bisa ditekan dan dilepas dari “lubang Port Low” agar bisa terbuka,
Memastikan bahwa NIPEL “lubang Port Low” tersebut tidak bocor
Dengan cara meneteskan dengan “air sabun” atau bisa juga dengan “air liur anda”
Beberapa tetes saja dan air liur tersebut ditempelkan dengan jari telunjuk anda,
Dengan ciri-ciri ‘air liur’ tertempel tersebut :
Gelembung “air liur” tersebut pecah dengan cepat = NIPEL bocor
Gelembung “air liur” tersebut tidak pecah = NIPEL tidak bocor
Memastikan bahwa NIPEL “lubang Port Low” sudah ditutup dengan kencang
oleh “karet seal NIPEL lubang Port Low”
Memastikan bahwa Port kaleng Freon R134 tersebut tidak bocor
“ keran merah Freon kaleng R134” tersebut diputar tutup dengan kencang
Dengan cara meneteskan dengan “air sabun” atau bisa juga dengan “air liur anda”
Beberapa tetes saja dan air liur tersebut ditempelkan dengan jari telunjuk anda,
Dengan ciri-ciri ‘air liur’ tertempel tersebut :
Gelembung “air liur” tersebut pecah dengan cepat = NIPEL bocor
Gelembung “air liur” tersebut tidak pecah = NIPEL tidak bocor
[7.c] Selanjutnya, Bereskanlah semua alat-alat yang telah dipakai tersebut
Kedalam suatu kotak yang telah disediakan sebagai
“Kotak Box Besi, khusus untuk instalasi Freon”
Kemudian, pastikan suhu Ac pengemudi dan Ac Penumpang
telah sesuai tekanannya.
Paket isi Freon Hfc R134
390 Gram Freon R134 Kaleng
Selang R22 beda warna [2 pcs]
Rp. 266.000
Freon R134 kaleng [1pcs]
Kran pembuka kaleng [1pcs]
Selang R22 beda warna [2pcs]
Single Manifold 220 psi starmec [1pcs]
Quick Qoupler [1pcs]
Cara Mengisi Freon Ac Mobil
1. Sediakanlah alat :
[#] Freon kaleng & valve
[#] Quict connect
[#] Manifold Gets
[#] selang warna kuning & Biru
2. Sediakanlah alat : selang warna kuning & Biru
3. Mengukur tekanan Freon Ac Mobil : dalam keadaan mati mesinnya
4. Quick connect dihubungkan ke “Lubang Port Low”
cara memasang selang ke Manifold Valve [lubang selang yg tidak ada tonjolan ditengahnya]
cara memasang selang ke Quict Connect [lubang selang yg ada tonjolan ditengahnya]
[4.a]. "keran Manifold Valve" sudah tertutup rapat
sebelum menghubungkan Quick Connect-nya
pastikan bahwa "keran Manifold Valve" sudah tertutup rapat,
sedangkan close-nya diputar ke kanan pastikan sudah tertutup rapat,
baru kemudian kita hubungkan Quick Connect-nya
[4.b]. untuk menghubungkan Quick connect-nya : tariklah “bibir Quick connect”
agar bisa ditekan dan dimasukan ke dalam “lubang Port Low” agar bisa mengunci,
akan terlihat tekanannya pada jarum Manifoldmeter
adalah 100 Psi dalam kondisi mesin mati
5. Menyalakan mesin mobil & membaca tekanan dari Freon Ac Mobil
[5.a]. Menyalakan mesin mobil
[5.b]. Menyalakan mesin mobil & Ac mobil dimyalakan diposisi On
[5.c]. membaca tekanan dari Freon Ac Mobil dengan kondisi normal tekanannya adalah 30 Psi
[5.d]. Jika Tekanan yang terlihat pada jarum Manifoldmetervalve adalah kurang dari 30 Psi
Maka harus menambahkan Freon Ac Mobilnya
6. menambahkan Freon Ac Mobil
[6.a]. saat ini Freon kalengnya sudah dihubungkan ke selang kuning,
kemudian anda buka “keran merah Manifold Valve”
[6.b]. membuang udara yang terjebak dalam selang merah dan selang kuning
melalui “Ring kuning Port kaleng Freon R134” tersebut
[6.c]. selanjutnya, anda buka secara pelan-pelan
“keran Manifold Valve yang berwarna biru” , diputar sedikit saja
[6.d]. selanjutnya, kita kendorkan “Ring kuning Port kaleng Freon R134” tersebut
Hingga terdengar “suara angin” yang keluar dari
“Ring kuning Port kaleng Freon R134” tersebut, diputar sedikit saja
selanjutnya, kita tutup putar kembali
“Ring kuning Port kaleng Freon R134” tersebut,
[6.e]. selanjutnya, kita buka putar “ keran merah Freon kaleng R134” tersebut,
[6.f]. selanjutnya, menambahkan Freon Ac Mobil
anda “buka & tutup” secara pelan-pelan
“keran Manifold Valve yang berwarna biru” , diputar “buka & tutup” sedikit saja
Hingga “jarum Manifoldmetervalve yang berwarna biru tersebut stabil dengan
angka 30 Psi
[6.g]. selanjutnya, kencangkan “keran Manifold Valve yang berwarna biru” ,
untuk menghentikan pengisian Freon
[6.h]. selanjutnya, kita tutup putar “ keran merah Freon kaleng R134” tersebut,
[6.i]. selanjutnya, Anda melihat pada jarum Manifoldmetervalve telah tabil ukuran tekanannya
jarum Manifoldmetervalve yang berwarna biru tersebut stabil dengan angka 30 Psi
7. Quick Connect dilepaskan dari “Lubang Port Low”
cara melepas selang ke Manifold Valve [lubang selang yg tidak ada tonjolan ditengahnya]
cara melepas selang ke Quict Connect [lubang selang yg ada tonjolan ditengahnya]
[7.a]. untuk melepaskan Quick connect-nya : tariklah “bibir Quick connect”
agar bisa ditekan dan dilepas dari “lubang Port Low” agar bisa terbuka,
8. Memastikan bahwa NIPEL “lubang Port Low” tersebut tidak bocor
[8.a]. Dengan cara meneteskan dengan “air sabun” atau bisa juga dengan “air liur anda”
Beberapa tetes saja dan air liur tersebut ditempelkan dengan jari telunjuk anda,
[8.b]. Dengan ciri-ciri ‘air liur’ tertempel tersebut :
Gelembung “air liur” tersebut pecah dengan cepat = NIPEL bocor
Gelembung “air liur” tersebut tidak pecah = NIPEL tidak bocor
9. Memastikan bahwa NIPEL “lubang Port Low” sudah ditutup dengan kencang
oleh “karet seal NIPEL lubang Port Low”
10. Memastikan bahwa Port kaleng Freon R134 tersebut tidak bocor
“ keran merah Freon kaleng R134” tersebut diputar tutup dengan kencang
[10.a]. Dengan cara meneteskan dengan “air sabun” atau bisa juga dengan “air liur anda”
Beberapa tetes saja dan air liur tersebut ditempelkan dengan jari telunjuk anda,
[10.b]. Dengan ciri-ciri ‘air liur’ tertempel tersebut :
Gelembung “air liur” tersebut pecah dengan cepat = NIPEL bocor
Gelembung “air liur” tersebut tidak pecah = NIPEL tidak bocor
Tabung Freon Ac Mobil R32 [3 Kg]
Rp. 300.000
Tabung Freon Ac Mobil R32 [2 Kg]
Rp. 266.000
Tabung Freon Ac Mobil R32 [1 Kg]
Rp. 125.000
Baut Double Quick Copler Adaptor Freon R134 [2 pcs : Merah & Biru]
Untuk Pengisian Ac Mobil
Rp. 60.000
Baut Double Quick Copler Adaptor Freon R134
Baut Sambungan Selang Kompresor SM 20 [Quick Coupler]
Rp. 2.600
Baut Double Quick Copler Adaptor Freon R134
Baut Sambungan Selang Kompresor
SF SM SP SH 20 30 40 [Quick Coupler: selang Male / selang Female]
BERI KETERANGAN PADA ORDER, CTH : SF20 , SM 30 , SP 40 DST..
Rp. 10.000
NEPEL KOPLER ANGIN
COUPLER PM PF PH PP 20 30 40 KOMPLIT
BERI KETERANGAN PADA ORDER, CTH : SF20 , SM 30 , SP 40 DST..
Rp. 5.000
Adaptor Lighter Listrik Vacum –
Pompa Mobil & POMPA BAN MOBIL
Rp. 50.000
POMPA VAKUM
KOMPRESOR BESAR & KOMPRESOR SEDANG &
KOMPRESOR MINI
Kompresor Besar
Mesin Steam Mobil Murah : TOP RECOMMENDED
Rp. 2.771.400
Kompresor Sedang
POMPA VAKUM AC MOBIL + OLI VACUUM PUMP : TOP RECOMENDED
POMPA VAKUM VE115N 1/4
VACUM PUMP VE115N 1/4
BRAND : VALUE
Rp. 675.000
Kompresor Mini Nankai [kekuatan = 300 PSI, 20.7 BAR, 2069 KPA]
Pompa Angin
Rp. 135.000
Kompresor Mini [kekuatan = 200 PSI - 300 PSI ]
Kompresor Pompa Angin Ban Mobil Nankai
Rp. 67.000
Kompresor Mini Tabung Metal [kekuatan = 100 PSI, 130 W, DC 12V ]
Rp. 425.000
Bisa dimodifikasi dgn cara diganti part selang untuk :
[a]. kompresor cat duco
[b]. airbrush / angin kompresor
Bisa memompa : ban mobil, motor, sepeda, bola, kasur angin atau perahu karet
Dilengkapi dengan indikator tekanan angin ban yang bisa disesuaikan agar tidak berlebihan.
Kompresor Mini [kekuatan = 160 PSI, 11,5 Bar, 100 W, DC 12V ]
Alat Cuci Mini Doorsmeer Pompa Steam Lengkap [5ch]
Alat cuci mobil motor tekanan tinggi
Rp. 280.000
Soket : Colokan Listrik Pemantik Rokok Mobil
Rp. 18.000
Soket : Colokan Listrik Adaptor Pemantik Rokok Mobil
Rp. 98.800
Gun Steam Pendek Nosel Steam
Jet Cleaner Tembakan Air & Tembakan Angin
Semprotan Angin Debu Nankai Benz DG 10
Rp. 21.000
Selang Kompresor Spiral
Selang Spiral : Recoil 6 Meter Quick Coupler
Rp. 35.000
Selang Kompresor [10 meter]
Selang Steam Selang Kompresor 10 M
Selang Angin 10 M
Rp. 53.000
Kabel Rol Gulung : Hinohikari 3930 L Jumbo Series [30 Meter]
Rp. 435.000
Kabel Roll : Modxta Tipe 15 [10 Meter]
Rp. 21.000
Kabel Roll : 3 meter
Rp. 7.500
Cara Mengisi Freon Ac Mobil & 4 Ciri Ciri Freon AC Mobil Habis, yaitu :
Periksa : Sigh Glass AC
Ciri ciri lainnya yang bisa anda ketahui adalah ketika anda memeriksa sight glass AC.
Pada saat freon AC mobil sudah hampir habis,
Maka terdapat gelembung-gelembung udara
yang berwarna pink muncul di receiver saat mobil dinyalakan.
Sebenarnya pada saat kondisi Freon AC habis,
Biasanya terdapat pengaman pressure switch pada sistem pendingin mobil.
Fitur ini bekerja berdasarkan tekanan yang ada.
Peletakannya sendiri terkadang ada di pipa high pressure ataupun di receiver drier.
(baca juga: Komponen Karburator Mobil)
Jika Freon AC mobil memang habis, maka anda perlu melakukan "pengisian Freon AC Mobil"
sehingga kinerja AC mobil dapat optimal.
Nah berikut ini beberapa langkah-langkah mengisi Freon AC Mobil :
[a]. Kosongkan terlebih dahulu sisa-sisa Freon yang masih ada.
Anda bisa melakukannya dengan menutup katup Manifold Gauge
dan menghubungkannya dengan selang yang menuju nipel dengan tekanan tinggi.
Sedangkan selang biru ---- >> yang memiliki tekanan rendah
dan selang hijau ---- >> menuju pompa vakum.
[b]. Buka salah satu katup Manifold, dan kemudian mulailah menghidupkan pompa vakum.
Amati ukuran yang ada pada Vakum Gauge,
lakukan hingga angka nya menunjukkan 600 mmHg.
[c]. Kemudian bukan sisi katup lainnya agar vakum dapat bekerja lebih optimal.
Kemudian perhatikan kembali angka yang tertera pada Vacum Gauge.
Pastikan bila sistem tersebut sudah bersih dari udara, uap, dan air,
Serta angka menunjukkan pada 750 mmHg.
[d]. Biarkan pompa menyala hingga kurang lebih 30 menit.
[e]. Kemudian tutup kedua katup Manifold sebelum pompa vakum dimatikan
[f]. Tunggu hingga 15 menit, untuk melihat apakah ada kebocoran yang terjadi
Baca Juga :
[a]. Cara Mengecek Freon Ac Mobil
[b]. 15 Komponen AC Mobil & Fungsinya
[c]. Penyebab Tarikan Mobil Berat Saat AC Hidup & Cara Mengatasinya
[d]. 9 Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tetap Dingin
[e]. 4 Cara Cuci Ac Mobil Pada Masing Masing Komponennya
[f]. 7 Cara Memperbaiki Kompresor Ac Mobil & Cara Penanganannya
Lihat Juga :
langkah2 buang dan isi Freon Ac Mobil
Cara menggunakan freon kaleng R134a
KULKAS TIDAK DINGIN?
Perbaikan kulkas tidak dingin
Cara pengisian Freon Kulkas merk LG