GANTI OLI : POWER STERING
mengganti
oli , yaitu :
1. Service
Saat Menempuh Jarak 5.000 Km
mengganti
oli, akan lebih baik
jika
jika
dilakukan setiap menempuh
jarak 5.000 km.
5.000 Km hingga
batas akhir yaitu 126.431 Km.
Sahabat
bisa melakukan mengganti
oli 3
bulan sekali atau
Berbarengan ketika melakukan
service rutin & Tune-up
2. Alat -
Alat untuk mengganti
oli ,
yaitu :
[#] Tang
[#] Selang Bening
[#] Lap Kain
[#] Beberapa Plastik Bening ukuran setengah
kilo
[#] Beberapa Karet Gelang
[#] Dua
unit Dongkrak
Mobil
[#] Oli Power Steering :
PRESTONE ukuran satu liter
3. Memasang : Dongkrak ke Kedua Ban Mobil Anda
Bertujuan
untuk memudahkan
kita
dalam “memutar Ban Mobil”
4. Membuka : Tutup tabung
Power Steering di kap
Mobil Anda
5. Menguras :
Oli didalam tabung
dengan
menggunakan “selang” yang sudah disiapkan
dihadapan sebuah Bak Baskom Kotak
plastik
Bak Baskom Kotak
plastik KB001-A
: [Tempat Ganti oli]
sebagai wadah “Oli Bekas”
6. Melepas :
Selang Bening
tersebut
dari Tabung Power Steering di kap
Mobil Anda
7. Memasang :
“Plastik Bening” di
ujung selang menggunakan
“Karet Gelang”
Sebagai pengikat “Plastik Bening”
pada selang
dari Tabung Power Steering
Dan arahkan
Ujung Selang
dengan
posisi balik ke
bawah
8. Meletakan : “Lap Kain” tepat
dibawah “Selang Hitam” Tabung
Power Steering
Bertujuan agar “sisa
Oli” tidak mengotori
kap Mesin Mobil
Anda
Dengan
menggunakan alat :
Lap Kain
Bekas
9. Mencopot
: “Selang Hitam” Tabung Power Steering
Dengan
menggunakan alat :
Tang Klem
Mobil &
Tangan Anda
10. Mengikat : “Ujung Lubang Selang Besi” Power Steering tersebut
Dengan “Plastik
Bening”
menggunakan “Karet
Gelang”
Dengan alat
: Plastik
Bening & Karet
Gelang
11. Mengikat: “Ujung Lubang Selang Hitam” Power Steering tersebut
Dengan
“Plastik
Bening” menggunakan “Karet
Gelang”
Dengan alat
: Plastik
Bening & Karet
Gelang
12. Megarahkan
: “Ujung
Lubang Selang Hitam”
yang telah diikat
dengan “Plastik Bening”
tersebut
diarahkan
dengan posisi “ ke bawah kolong Mobil”
Dengan alat :
Plastik
Bening & Karet
Gelang & Tangan
Anda
13. Mengisi
: “ Oli Baru” pada Lubang
Tabung
Power Steering kap
Mobil Anda
Oli
Power Steering : PRESTONE
ukuran satu liter
14. Memutar Roda :
“Ban Mobil” ke
arah kiri dan
kanan
[dengan menggunakan Stir Mobil]
[dengan menggunakan Stir Mobil]
Bertujuan untuk mengeluarkan
sisa Oli yang
ada di Power
Steering
Dengan cara “memutar
Roda Ban Mobil” ke
arah kiri dan ke
kanan
Saat proses
ini “sebelum roda
diputar”,
tabung
oli diisi dulu
dengan Oli yang Baru
Jangan
sampai kehabisan
Oli,
untuk menghindari “Nozle Power Steering”
Kehabisan Oli
saat roda diputar
Dan saat “proses
Putar Roda” itu, “Oli
Baru” akan mendorong
“Oli Lama”
Untuk
“turun” Ke “Ujung
Lubang Selang Hitam”
dan terbuang ke “Plastik
Bening”
yang ada diujungnya.
15. Biarkan :
Seluruh cairan oli itu
turun ke Bak
Baskom
Kotak plastik / “Plastik Bening”
Kotak plastik / “Plastik Bening”
hingga
pada akhirnya cairan Oli tersebut tidak
menetes sama sekali
Di
tunggu hingga 30 menit
lamanya
16. Melepas :
“Plastik Bening” yang “Ujung Lubang Selang Hitam”
Dan kita pasang
kembali
ke “Ujung Lubang Selang Besi” Power Steering tersebut
seperti semula
17. Mengencangkan :
“Klem” “Ujung Lubang Selang Hitam”
ke “Ujung
Lubang Selang Besi” Power Steering
tersebut
seperti semula
Dengan
alat : Tang Klem Mobil
& Tangan Anda
18. Mengecek :
“Oli Baru” yang telah diisi tersebut
Dengan cara menutup dengan
“Tutup Tabung Power Steering”
Dengan melihat
ukuran
yang tertera pada
“Jari Besi
Tutup Tabung Power Steering” tersebut,
Apabila terlihat
masih kurang, maka tambahkanlah kembali
“Oli Baru” itu pada “Lubang
Tabung Oli Power
Steering” tersebut
19. Memutar Roda Kembali : “Ban Mobil” sekali
lagi
ke
arah kiri dan
kanan
[dengan
menggunakan Stir Mobil]
20. Menyalakan : Mesin Mobil,
menggunakan kunci Starter Mobil
21. Memutar Roda Kembali : “Ban Mobil” sekali
lagi [dengan
keadaan: Mesin Menyala]
ke
arah kiri dan
kanan
[dengan
menggunakan Stir Mobil]
Bertujuan untuk memastikan bahwa “Oli Baru”
telah “mengaliri” seluruh
komponen Power Steering
Dan memastikan
bahwa “tidak
ada udara”
yang ada di Komponen Power
Steering
Dan memastikan
bahwa “tidak
ada udara”
yang ada di Pipa-Pipa yang dialiri oleh “Oli Power
Steering”
21. Simpan Kembali
: Sisa
“Oli Baru” itu, yang masih menyisakan
beberapa Mili Liter
beberapa Mili Liter
dari Satu Liter “Oli Baru” yang telah dituangkan.
Kemudian, Buanglah 3 Plastik “ Oli Bekas”
ke suatu tempat yang aman
ke suatu tempat yang aman
Oli Power Steering :
PRESTONE [ukuran
satu liter]
Oli
Prestone Power Steering Fluid Red 1000ml -63100
Oli
Prestone Power Steering Fluid Red 1000ml ( 12 x 1 ) AS - 266
Rp. 58.300
Selang Co2 Bening [per
Meter]
Selang Aquarium
Rp. 3.500
Bak Baskom
Kotak plastik KB001-A :
[Tempat Ganti oli]
Litter
Box Tempat Pasir
Kucing
P x L x
T = 36 x 30 x 12 cm
Rp. 10.300
Kain Lap :
Halus Lembut Microfiber Multi Fungsi
[Uk 35 x 35cm]
Rp. 5.000
Plastik Es :
ukuran 12 x 25cm
[Plastik
setengah kilo]
Rp. 7.000
Plastik Es :
ukuran 15 x 30cm [Plastik
satu kilo]
Rp. 5000
Karet Gelang :
Elastis
Rp. 3.000
Selang : Power
Steering
Rp. 120.000
Pompa :
Power Steering Avanza 1.3 Original
Rp. 1.000.000
Rack :
Power Steering Toyota Avanza Veloz EPS
Rp. 1.300.000
ECU Modul EPS : Power Steering Avanza Xenia Rush Terios 89650-Bz020
Rp. 1.950.000
Colokan Oli :
Stik Control Avanza
Gage Assy Daihatsu
Xenia
Oil Lavel
Rp. 32.500
Tutup Tabung
: Oli Minyak
Power
Steering Avanza Xenia
Rp. 40.000