RESET ECU
Buat apa sih Reset-Ecu ..?!!!, konon katanya Reset ECU Pada Mobil Anda
berfungsi untuk menghapus Log / catatan
(error)
yang ada pada Memmory ECU, yang
dimana daripada itu error-error
menyebabkan proses ECU “berpikir”
jadi bodoh bin
lemot.
Konon ceritanya Reset-Ecu ini juga yang dilakukan mekanik BERES
Pada saat kita servis disana, sehingga pas keluar
BERES mobil tarikan
jadi enak.
Catatan:
walaupun secara praktek ini cukup mudah...
tetapi ECU merupakan barang mahal dan penting..
maka berhati-hatilah....do it with your own
risk....
berdoalah sebelum bekerja...
hehehe..
ECU 89560-BZ151 Avanza Xenia VVTI 1.3cc ORIGINAL
Computer Fuel Injection
Komputer Mobil TOYOTA-DAIHATSU
BZ150 1.3 1300 Cc 1300cc PROMO Termurah ORI
Rp. 2.700.000
Ada 2 cara yaitu : (PILIH
SALAH SATU SAJA)
1).
Lepas sekering ECU di
Box Sekering dalam Kap
Mesin, 5 menit cukup,
abis
itu pasang kembali
to Restart ECU = Pull this Fuse and wait 15 Minutes
and then Replace Fuse again in
the Box.
Cara
Pertama :
[a].
Pastikan mesin dalam keadaan OFF.. dan lepaskan kunci Mobil
[b].
Lepaskan sekering ECU pada Fuse Box selama beberapa menit.
[c].
Pasang kembali sekering tersebut
2). Dengan cara
lain, adalah
Cara Kedua:
[a].
Pastikan mesin dalam keadaan OFF... dan lepaskan kunci Mobil
[b].
Kemudian, lepaskan kabel negatif Aki, selama beberapa menit..
[c].
kemudian pasang kembali kabel aki
Cara Ketiga:
[a].
Pastikan mesin dalam keadaan OFF.. lepaskan
kunci Mobil
[b].
Kemudian, lepaskan kabel negatif Aki, selama beberapa menit..
[c].
"Putar kunci pada posisi
ON" untuk beberapa saat...
supaya memastikan bahwa arus yang tersimpan benar-benar habis
[d].
Pasang kembali kabel Aki
Melepas
koneksi kabel Aki, Resikonya semua
ke-elektrikan
yang
bergantung pada pasokan Aki
akan ter “reset” juga,
termasuk
Memori Radio,
Jam dalam Kabin, dll.
Reset Ecu akan
membuat "Default" kembali,
yang memang biasanya
Resikonya "BBM
akan menjadi BOROS".
Namun, me-Reset Ecu akan memacu "Self
Learning”
terhadap "Gaya
Anda dalam Menyetir Mobil", "Knocking" dan lai-lain
[b]. Apa yang dilakukan setelah Reset-Ecu :
https://drive.google.com/file/d/1Cyu-PfSpOLwYlz0vs-DluxGPT034MO8m/view?usp=sharing
[b.1]. Bisa langsung di ajak jalan, biar ECU-nya belajar sendiri sambil jalan,
[b.1]. Bisa langsung di ajak jalan, biar ECU-nya belajar sendiri sambil jalan,
termasuk terhadap style berkendara kita
[b.2].
Bisa juga dilakukan step-step ini :
[b2.a.] Nyalakan mesin tanpa ada beban (semua mati)
dan biarkan selama 5 menit
[b2.b.]
Nyalakan AC dan biarkan 5 menit
[b2.c.]
Nyalakan semua lampu dan audio dan biarkan 5 menit
[b2.d.]
Matikan semua lampu dan audio dan biarkan 1 menit
[b2.e.]
Matikan AC dan biarkan 1 menit
[b2.f.]
Matikan Mesin dan biarkan 10 menit
Kemudian,
Silahkan Starter lagi mobil
Anda ....
dan rasakan perbedaannya...!!
Cara me-
Reset Restart Reboot ECU
Me-Restart ECU, Mengapa harus Me-Reset ECU
Mengapa Harus Me-Restart ECU
Mengapa harus Me-Reboot ECU
RESET ECU MT/AT MenJADI IRIT BBM
[#]. ECU, ------->> untuk berfungsi sebagai sirkuit elektronik utama pada sebuah mobil
ECU merupakan singkatan dari “Electronik Control Unit”
Macam – Macam ECU pada kendaraan
Unit ini biasanya terdiri dari beberapa module, antara lain :
[#1]. ECM (Engine control module)
Merupakan module yang khusus mengatur kinerja mesin.
Dari mulai proses starting, penyalaan busi,
Injeksi bahan bakar, hingga proses cooling.
[#2]. PCM (Powertrain control module)
Module yang khusus mengatur kinerja sistem powertrain mobil.
Biasanya module ini akan memastikan aliran tenaga
dari mesin sampai keroda dengan efisien.
Dan module ini hanya ada pada beberapa mobil saja.
[#3]. BCM (Body control module)
Adalah module yang khusus mengatur kinerja kelistrikan body
Seperti misalnya : lampu, horn, wiper otomatis / manual.
Dan sistem hiburan pada dashboard.
[#4]. TCM (Transmission control module)
Module ini hanya ada pada mobil bertransmisi otimatis.
Fungsinya jelas untuk mengatur perpindahan dan moment transmisi
Sesuai RPM mesin (Rotary per minute atau revolution per minute / revolusi per menit)
dan kondisi pengemudian.
[#5]. ABS Control Module (Anti-lock Brake System)
Module yang diletakan pada mobil berteknologi rem ABS.
Fungsinya mengatur sistem pengereman
untuk mencegah roda terkunci atau slip saat berada dijalanan licin.
ini juga berperan dalam beberapa sistem keselamatan
seperti elektronic stability system dan hill start assist.
[#6]. HVAC Control Module
Module ini juga hanya ditemui pada mobil yang mengusung auto AC system.
Module ini memungkinkan pengendalian sirkulasi kabin secara otomatis
sesuai atmosfir didalam dan diluar kabin.
[#7]. Airbag Control Module
Sistem airbag adalah suatu perangkat passive safety system
atau sistem keselamatan pasif saa t terjadi benturan
untuk mencegah cidera pada beberapa bagian tubuh penumpang.
Module inilah yang bertugas mengembangkan kantung ini.
Bagaimana Cara Kerja ECU ?
Secara umum, kinerja ECU sama persis prinsipnya seperti CPU komputer. Dalam hal ini, ECU berkomunikasi menggunakan data-data binner dan analog untuk melakukan perhitungan. Data awal, diperoleh dari sensor. Sensor adalah perangkat input yang berfungsi mengirimkan data berupa sinyak analog (tegangan dengan value tertentu) yang menginformasikan keadaan dari apa yang diceknya.
Misal pada sistem injeksi, salah satu sensor sebutlah MAF (mass air flow) akan mengirimkan tegangan ke ECU dengan value tertentu (biasanya antara 0,1 sampai 4,9 V). Besar kecil nilai tegangan akan menginformasikan berapa masa udara yang melewati sensor. Melalui sensor inilah ECU tahu masa udara yang masuk ke mesin.
Selanjutnya, ECU akan menerima beberapa data dari sensor lainnya yang bersangkutan. Data-data tersebut kemudian akan proses untuk menemukan berapa jumlah bensin yang harus dikeluarkan. Hasil dari perhitungan ini akan diubah menjadi tegangan yang memiliki interval tertentu dan dikirm ke injektor. Saat injektor menerima tegangan dari ECU otomatis injektor akan membuka dan bensin keluar, interval yang dimaksud adalah lamanya injektor menerima tegangan.
Semakin lama injektor menerima tegangan ECU maka semakin lama pula injektor membuka dan hasilnya semakin banyak bensin yang keluar.
Begitulah ECU bekerja, jadi tanpa sensor dan aktuator maka ECU juga tidak bisa beroperasi. Sama halnya seperti komputer, tanpa hardware input [AC] dan output [DC] maka komputer tidak bisa dioperasikan.
Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian dan fungsi ECU pada motor dan mobil. Semoga menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.
RESET ECU
Mobil Avanza
[#]. Tutorial
Youtube : Reset-Ecu
Memprogram ulang
Kembali sistem Komputer
Mobil
agar tidak
"Nge-Hang"
Reset-Ecu MOBIL setelah
Servis Tune-up Besar [secara Manual], yaitu :
1. Service
Saat Menempuh Jarak 5.000 Km
Sama
halnya dengan mengganti
oli, akan lebih baik
jika Reset-Ecu
dilakukan
setiap menempuh jarak 5.000 km.
Tak
hanya dapat mengembalikan semua
fungsi mesin,
namun
tune up ini juga menjadi
upaya agar menjaga kondisi
mobil tetap awet.
Sahabat
bisa melakukan Reset-Ecu 3
bulan sekali atau
Berbarengan ketika setelah melakukan Tune-Up
& service
rutin & Ganti Oli.
2. Alat -
Alat untuk Reset-Ecu Servis
Ringan, yaitu :
[#]
[#]
[#]
[#]
[#]
ECU 89560-BZ151 Avanza Xenia VVTI 1.3cc ORIGINAL
Computer Fuel Injection
Komputer Mobil TOYOTA-DAIHATSU
BZ150 1.3 1300 Cc 1300cc PROMO Termurah ORI
Rp. 2.700.000