Selasa, 26 November 2019

Reset ECU : Mobil Avanza







  


RESET    ECU




           Buat   apa  sih     Reset-Ecu ..?!!!,    konon   katanya   Reset   ECU    Pada   Mobil   Anda
           berfungsi    untuk   menghapus   Log   /   catatan   (error)
           yang   ada    pada    Memmory  ECU,     yang  dimana   daripada  itu    error-error
           menyebabkan    proses  ECU   “berpikir”     jadi   bodoh  bin  lemot.


            Konon   ceritanya   Reset-Ecu   ini   juga   yang  dilakukan    mekanik    BERES
            Pada   saat    kita    servis   disana,    sehingga    pas   keluar   BERES  mobil   tarikan  jadi   enak.
 

           Catatan:
                     walaupun  secara   praktek ini   cukup mudah...
                     tetapi    ECU   merupakan   barang     mahal    dan   penting..
                     maka   berhati-hatilah....do it with your own risk....
                     berdoalah  sebelum   bekerja...  hehehe..



                 Ada  2   cara    yaitu   :      (PILIH   SALAH   SATU   SAJA)

                 1).   Lepas   sekering   ECU    di   Box    Sekering    dalam   Kap   Mesin,   5   menit    cukup,
                        abis   itu   pasang    kembali
 
                         to   Restart   ECU   =    Pull   this   Fuse   and    wait    15   Minutes
                                                               and  then  Replace   Fuse   again  in  the  Box.

     
                

                           Cara   Pertama :
                                          [a].  Pastikan   mesin   dalam   keadaan   OFF..   dan   lepaskan    kunci   Mobil
                                          [b].  Lepaskan   sekering   ECU   pada    Fuse   Box    selama    beberapa    menit.
                                          [c].  Pasang   kembali   sekering    tersebut




                  2).    Dengan  cara  lain,  adalah 
                             
                            Cara   Kedua:
                                      [a].  Pastikan   mesin   dalam   keadaan    OFF...   dan   lepaskan    kunci   Mobil
                                      [b].  Kemudian,    lepaskan   kabel   negatif    Aki,     selama   beberapa    menit..
                                      [c].  kemudian     pasang   kembali    kabel  aki


                            Cara   Ketiga:
                                       [a].  Pastikan   mesin    dalam    keadaan  OFF..    lepaskan   kunci   Mobil
                                       [b].  Kemudian,  lepaskan    kabel  negatif   Aki,   selama   beberapa    menit..

                                       [c].  "Putar  kunci   pada  posisi  ON"     untuk   beberapa  saat...
                                               supaya   memastikan    bahwa    arus yang   tersimpan   benar-benar  habis
                                       [d].  Pasang   kembali    kabel    Aki

                         Melepas   koneksi   kabel   Aki,     Resikonya   semua     ke-elektrikan
                         yang   bergantung   pada   pasokan   Aki    akan   ter “reset”      juga,
                         termasuk    Memori  Radio,    Jam   dalam   Kabin,   dll.


                         Reset  Ecu  akan  membuat  "Default"     kembali,
                         yang    memang  biasanya    Resikonya    "BBM   akan   menjadi   BOROS".
                         Namun,  me-Reset   Ecu   akan    memacu    "Self  Learning” 
                         terhadap  "Gaya  Anda    dalam  Menyetir   Mobil",    "Knocking"    dan   lai-lain



         [b].  Apa   yang   dilakukan   setelah   Reset-Ecu   :
                 https://drive.google.com/file/d/1Cyu-PfSpOLwYlz0vs-DluxGPT034MO8m/view?usp=sharing

                  [b.1].   Bisa   langsung   di ajak   jalan,     biar    ECU-nya   belajar   sendiri   sambil   jalan,
                             termasuk   terhadap  style   berkendara    kita

                   [b.2].   Bisa    juga   dilakukan  step-step   ini :
                               [b2.a.]  Nyalakan   mesin   tanpa   ada   beban   (semua mati)
                                           dan   biarkan   selama   5   menit
                               [b2.b.]  Nyalakan  AC   dan   biarkan   5   menit
                               [b2.c.]  Nyalakan   semua   lampu   dan   audio   dan   biarkan   5   menit
                               [b2.d.]  Matikan   semua  lampu   dan   audio   dan    biarkan   1   menit
                               [b2.e.]  Matikan   AC   dan   biarkan   1   menit
                               [b2.f.]  Matikan   Mesin   dan   biarkan   10   menit


           Kemudian,   Silahkan   Starter    lagi    mobil    Anda ....
           dan    rasakan    perbedaannya...!!











Cara  me-
Reset   Restart  Reboot   ECU





Me-Restart    ECU,   Mengapa  harus    Me-Reset    ECU
Mengapa  Harus  Me-Restart  ECU
Mengapa  harus  Me-Reboot  ECU
RESET  ECU   MT/AT     MenJADI    IRIT     BBM
  

[#].  ECU,        ------->>   untuk   berfungsi   sebagai   sirkuit  elektronik utama  pada sebuah   mobil
                                        ECU merupakan   singkatan   dari    “Electronik   Control   Unit”






           Macam –  Macam  ECU   pada   kendaraan
           Unit ini   biasanya   terdiri   dari   beberapa   module,   antara lain :

           [#1].   ECM    (Engine control  module)
                     Merupakan  module   yang  khusus  mengatur   kinerja  mesin.
                     Dari mulai  proses   starting,   penyalaan  busi
                     Injeksi  bahan  bakar,   hingga   proses  cooling.


           [#2].   PCM     (Powertrain   control   module)
                     Module yang   khusus   mengatur   kinerja    sistem    powertrain   mobil.
                     Biasanya   module  ini  akan  memastikan  aliran  tenaga  
                     dari  mesin  sampai  keroda  dengan efisien.
                     Dan  module  ini  hanya  ada  pada  beberapa   mobil  saja.


           [#3].   BCM   (Body   control    module)
                     Adalah   module  yang   khusus   mengatur  kinerja  kelistrikan body
                     Seperti  misalnya  :    lampu,   horn,    wiper  otomatis  /   manual.
                     Dan sistem  hiburan   pada   dashboard.


           [#4].   TCM   (Transmission   control    module)
                     Module ini hanya  ada  pada   mobil  bertransmisi   otimatis.
                     Fungsinya   jelas  untuk   mengatur  perpindahan  dan  moment    transmisi

                     Sesuai   RPM mesin  (Rotary per minute atau revolution per minute /  revolusi per menit)

                     dan  kondisi   pengemudian.



           [#5].   ABS  Control   Module   (Anti-lock   Brake   System) 
                     Module  yang   diletakan  pada   mobil   berteknologi   rem  ABS.

                      Fungsinya   mengatur   sistem   pengereman 
                      untuk  mencegah  roda   terkunci   atau  slip  saat   berada   dijalanan  licin.

                      ini  juga  berperan  dalam  beberapa   sistem keselamatan
                      seperti    elektronic   stability   system    dan   hill    start   assist.



           [#6].   HVAC   Control    Module  
                     Module  ini   juga hanya   ditemui  pada  mobil  yang   mengusung   auto  AC  system.
                     Module ini  memungkinkan  pengendalian  sirkulasi  kabin  secara  otomatis
                     sesuai    atmosfir   didalam   dan   diluar kabin.




           [#7].   Airbag     Control    Module
                    Sistem  airbag   adalah  suatu  perangkat  passive  safety  system
                    atau sistem  keselamatan  pasif   saa t   terjadi   benturan 
                    untuk  mencegah cidera   pada   beberapa  bagian  tubuh   penumpang.
                    Module inilah yang   bertugas  mengembangkan    kantung   ini.

                      [#7.a].   https://www.youtube.com/watch?v=9aeuVouk_9Q
                      [#7.b].   https://www.youtube.com/watch?v=JcPgug16s3s
                      [#7.c].   https://www.youtube.com/watch?v=UeQRmIR_9sg
                      [#7.d].   https://www.youtube.com/watch?v=i9ILtiAGP-k
                      [#7.e].   https://www.youtube.com/watch?v=rRxsSBh-yNc
                      [#7.f].   https://www.youtube.com/watch?v=wKxpzywk6xo
                      [#7.g].   https://www.youtube.com/watch?v=E2dryBM44mo
                      [#7.h].   https://www.youtube.com/watch?v=_Uy2U3cVEVs
                      [#7.i].   https://www.youtube.com/watch?v=6uPUpeIjZ7s
                      [#7.j].   https://www.youtube.com/watch?v=qlFQs2UvSz8










Bagaimana    Cara    Kerja    ECU    ?





            Secara umum, kinerja ECU sama persis prinsipnya seperti CPU komputer. Dalam hal ini, ECU berkomunikasi menggunakan data-data binner dan analog untuk melakukan perhitungan. Data awal, diperoleh dari sensor.    Sensor adalah perangkat input yang berfungsi mengirimkan data berupa sinyak analog (tegangan dengan value tertentu) yang menginformasikan keadaan dari apa yang diceknya.

           Misal pada sistem injeksi, salah satu sensor sebutlah   MAF (mass air flow) akan mengirimkan tegangan ke ECU dengan value tertentu (biasanya antara 0,1 sampai 4,9 V).    Besar kecil nilai tegangan akan menginformasikan berapa masa udara yang melewati sensor.   Melalui sensor inilah   ECU    tahu    masa   udara  yang   masuk ke mesin.

           Selanjutnya, ECU akan menerima beberapa data dari sensor lainnya yang bersangkutan.    Data-data tersebut kemudian akan proses untuk menemukan berapa jumlah bensin yang harus dikeluarkan. Hasil dari perhitungan ini akan diubah menjadi tegangan yang memiliki interval tertentu dan dikirm ke injektor. Saat injektor menerima tegangan dari ECU otomatis injektor akan membuka dan  bensin  keluar,    interval yang dimaksud adalah   lamanya  injektor  menerima  tegangan.

            Semakin lama injektor menerima tegangan ECU maka semakin lama pula injektor membuka dan hasilnya semakin banyak bensin yang keluar.
                        
           Begitulah ECU bekerja, jadi tanpa sensor dan aktuator maka ECU juga tidak bisa beroperasi. Sama halnya seperti komputer, tanpa  hardware  input  [AC]  dan   output  [DC]   maka   komputer  tidak  bisa  dioperasikan.

           Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian dan fungsi ECU pada motor dan mobil. Semoga menambah wawasan kita dan   bermanfaat   bagi kita semua.












RESET    ECU
Mobil   Avanza







             [#].    Tutorial   Youtube   :    Reset-Ecu  

                      Memprogram  ulang  Kembali  sistem  Komputer  Mobil 
                      agar  tidak  "Nge-Hang"


                         [A#]    https://www.youtube.com/watch?v=bh6f3Y2rg14
                         [B#]    https://www.youtube.com/watch?v=88w1oqmefTo
                         [C#]    https://taci.or.id/v1/reset-ecu-pada-mobil-anda.htm/





         Reset-Ecu  MOBIL    setelah  Servis  Tune-up   Besar    [secara  Manual], yaitu   :



     1.   Service   Saat    Menempuh    Jarak    5.000   Km
           Sama  halnya  dengan   mengganti   oli,    akan   lebih  baik  jika   Reset-Ecu  
           dilakukan   setiap   menempuh   jarak   5.000 km.
           Tak  hanya  dapat   mengembalikan  semua   fungsi   mesin,   
           namun   tune up   ini  juga   menjadi   upaya   agar   menjaga   kondisi  mobil  tetap  awet.

           Sahabat   bisa   melakukan   Reset-Ecu   3   bulan  sekali   atau 
           Berbarengan   ketika   setelah   melakukan  Tune-Up     &   service   rutin  &   Ganti  Oli.

                         [A#]    https://www.youtube.com/watch?v=bh6f3Y2rg14
                         [B#]    https://www.youtube.com/watch?v=88w1oqmefTo
                         [C#]    https://taci.or.id/v1/reset-ecu-pada-mobil-anda.htm/


     2.   Alat -  Alat   untuk    Reset-Ecu     Servis   Ringan,     yaitu : 

                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   









            ECU     89560-BZ151      Avanza Xenia    VVTI   1.3cc    ORIGINAL
           Computer    Fuel   Injection   
           Komputer    Mobil     TOYOTA-DAIHATSU
            BZ150   1.3   1300 Cc   1300cc      PROMO   Termurah   ORI
Rp.  2.700.000