Pengenalan : Alat Kompresi
Cara Tepat Mengukur Tekanan Kompresi Ruang Bakar Mobil
COMPRESSION TESTER
ALAT TES KOMPRESI
ALAT BENGKEL MOTOR MOBIL TAIWAN
Rp. 210.000
Compression tester
Compression Tester / Compression Gauge adalah golongan alat Special Tool,
Fungsi alat ini adalah mengukur kompresi / tekanan pada ruang pembakaran mesin,
Biasanya jika pengukura n di bawah normal
(Lihat Manual Book atau Owner Book anda pada bagian Tekanan Kompresi)
itu menandakan penyempitan / pengecilan pada ruang pembakaran,
hal ini disebabkan karena kerak dari hasil pembakaran telah menumpuk
sehingga kompresi yang dihasilkan melebihi normal,
begitu sebaliknya jika kondisi piston atau ring piston sudah aus atau klep bocor
atau pun gasket busi tidak rapet
maka akan terjadi lost kompresi, kompresi berkurang dari ukuran normal.
Cara Melakukan : Tes Kompresi
Cara Melakukan Tes Kompresi
Tes Kompresi biasanya dilakukan untuk memeriksa
mesin
pada mobil
balap atau mobil berkemampuan tinggi
Tes Kompresi ini dijalankan untuk :
a). "mencari masalah pada mesin"
atau
b). "mengukur & meningkatkan kemampuan mesin"
Beberapa pengetahuan dasar tentang
otomotif
Akan membantu jika anda ingin mempelajari cara melakukan
Tes Kompresi
Cara melakukan Tes Kompresi, yaitu :
[1]. Nyalakan mesin :
hingga mencapai suhu normal
Ini bisa dilakukan
dengan cara sebaga
berikut ini
(1.a).
Jika Anda belum menjalankan
mobil,
mesin artinya
masih dingin.
Nyalakan
mesin seperti biasa dan biarkan selama beberapa menit,
ini sudah
cukup untuk memanaskan mesin hingga
pada
suhu normalnya.
Namun jangan sampai
terlalu panas. Biasanya 20 menit saja sudah cukup
(2.a).
Matikan mesin
dan biarkan
mesin mendingin
jika anda
baru
saja mengendarai mobil anda.
Jika mesin masih panas, tunggu sekitar 1 jam sebelum anda mulai
Tes.
(3.a).
Jika anda tidak bisa menyalakan
mesin,
tetap jalankan saja Tes ini.
Meskipun
anda tidak bisa memeriksa kemampuan mesin dengan akurat,
Anda tetap bisa “mendiagnosa kerusakan mesin”
apakah disebabkan
oleh kompresi
yang rendah....?!!
[2]. Matikan mesin : sebelum
Anda mulai
[3]. Copot : Relay Pompa
Bensin
Ini akan mematikan pompa bensin
agar
bensin
tidak disemprotkan pada "Ruang Silinder"
(3.a).
Relay Pompa Bensin
(Fuel Pump Relay),
pada
Gambar Nomer 4
Berfungsi
sebagai = Relay
Pompa Bensin
[4]. Copot : sambungan listrik
dari "KOIL"
Ini akan
mematikan sistem pengapian,
dan
tidak akan menimbulkan
api pada Busi
[5]. Copot
: Busi & Kabelnya
Lakukan dengan hati-hati karena insulator keramik
Pada Busi bisa rusak jika anda ceroboh.
[6]. Pasang : Alat Pengukur Kompresi
pada lubang silinder pertama (lubang yang terdekat
dengan tali kipas).
Jangan
gunakan “alat lain” untuk mengencangkan alat ukur kompresi,
HANYA "gunakan tangan saja".
[7]. Minta orang lain
: Untuk
menyalakan mesin Mobil Anda
Jarum pada pengukur kompresi akan naik
dan pada saat
mencapai MAKSIMUM,
segera hentikan penyalaan Mesin.
Angka ini adalah
"angka Kompresi Maksimum" pada "Silinder Pertama"
Angka yang ditampilkan
bisa bervariasi antara
175-250 PSI
Angka yang lebih tinggi =
menunjukkan kemampuan yang lebih
TINGGI
Angka yang Rendah = menunjukkan kemampuan yang Rendah
Periksalah “Buku Manual”
mobil Anda untuk mengetahui “angka idealnya”
[8]. Ulangi Tes Kompresi ini : pada semua silinder
lain