Jumat, 09 Agustus 2019

Mobil Tidak Bisa di Starter....?!











Penyakit  :    
Tidak bisa    di-Starter





















          Cluch  Bendik   Stater,    yg    sudah   aus   atau   oglak     [didalam  komponen  Dinamo  Stater]
          Starter   Avanza   bermasalah...!!!




               Cara        Membongkar       Motor      Starter    
               atau        Dinamo     Stater     dari         Mesin


 
               5   Ciri     yang    Menunjukkan   Dinamo   Ampere    Mobil     Bermasalah





               Modul     Alarm      Error  ...!!!
               Mobil     avanza   tidak    bisa    distarter
               https://www.youtube.com/watch?v=j8kJ8B-7Rto



             
Mematikan  :     Alarm    Mobil       [Error]
                                       yang    Tidak   Mau    Berhenti


             Aki    Soak......!!!!
             Cara     menyalakan  mobil    yang   tidak   bisa    di  Starter

             5    Penyebab  Mengapa   Mobil    Susah   Distarter,    Selain    Aki








             Cluch    Stater
             Bendik  Stater
             Gigi - Gear Bendix GP
             [Gp  =  Genuiene  Part  /  Sparepart  Asli]

             BENDIX    STARTER    5K   :        AVANZA    XENIA
                                                                    8  GIGI      8T    STECKER
Rp.  60.000


  


                      Dinamo   Starter    :     GP    Toyota    Avanza-Xenia    [Baru]
Rp.  400.000




                      Cover    Belakang     Dinamo   Starter   :      GP   Toyota   5K     Avanza-Xenia
Rp.  52.000



                    Cover    Depan    Dinamo   Starter  :        GP  Toyota   5K    Avanza-Xenia
Rp.  119.000



                  Holder      Starter   :        GP    Toyota    5K     Avanza-Xenia
Rp.  50.000



                   Bushing    Starter     &     Lahar    Bambu   Bushing    :     GP  Toyota   5K    Avanza-Xenia
Rp.  90.000













Mobil   Tidak   Bisa   di Starter....?!
Jangan  Panik...!!   Coba  Lakukan  5  Langkah  ini



             Hal yang paling menyebalkan saat menemui kendala pada mobil yaitu suatu kondisi yang menyebabkan mobil tersebut tidak bisa melakukan starting engine. Dan biasanya pada kasus ini terjadi kemungkinan yang cukup besar yakni kerusakan yang terjadi di sistem kelistrikan pada mobil tersebut, sehingga dapat mengakibatkan mobil tidak bisa di starter.


           Namun jangan panik terlebih dahulu, karena pada artikel kali ini kita akan membahas tentang langkah pemeriksaan terhadap mobil yang tidak bisa di starter. Lantas bagimana langkahnya? Mari kita lihat ulasan di bawah ini.




1.   Periksa   kondisi   “aki”


      Aki merupakan salah satu faktor utama saat mesin mobil dihidupkan,
      karena tanpa komponen ini maka mustahil mobil bisa di starter.
      Pemeriksaan dilakukan dengan pemeriksaan kondisi level air pada aki
      serta melakukan pemeriksaan voltase dan jika ada mobil lain yang normal 
      maka melakukan "jumper" pada aki mobil lain dapat membantu analisa pada masalah ini.

      Jika dengan melakukan jumper mobil bisa di starter maka besar kemungkinan
      aki mobil tersebut sudah usang.




2.   Periksa   kondisi    “sekring”


      Jika langkah awal telah di lakukan namun setelah melakukan jumper mobil tetap tidak bisa di starter
      maka langkah selanjutnya dapat kita lakukan pemeriksaan pada komponen sekring yang umumnya
      terdapat di dekat aki pada kutub positif.

      Jika sekring tersebut putus tentu mobil tidak bisa di starter
      dan apabila ini terjadi segera lakukan pemeriksaan di bengkel terdekat karena mungkin saja
      sistem kelistrikan pada mobil sedang bermasalah, sehingga mengakibatkan sekring terputus.



3.   Periksa   “karburator”


      Jika mesin mobil stuck pada saat melakukan starting , namun tidak bisa melanjutkan untuk menghidupkan mesin
      sehingga mesin tidak bisa berjalan maka dapat kita lakukan pemeriksaan pada "karburator"
      jika mobil tersebut tidak menggunakan sistem supply bahan bakar dengan injeksi.
      Karburator yang kotor tentu dapat menghambat proses starting pada mesin mobil.


   

4.  Periksa    “ fuel   pump”


     Jika sistem supply bahan bakar pada mobil menggunakan sistem injeksi
     maka kondisi "fuel pump" yang  kotor juga  dapat  berpengaruh    pada saat mesin mobil di starter.

     Hal ini ditandai dengan indikator check engine yang   terdapat di speedometer
     untuk menandakan terjadinya permasalahan pada komponen mesin khususnya "fuel pump".

     Namun untuk pemeriksaan ini kita membutuhkan tenaga montir yang memang mengerti tentang kompinen ini
     agar nantinya dapat dilakukan pembersihan dan kalibrasi ulang agar mobil dapat bekerja secara optimal.




5.    Periksa    “dinamo  start”


     "Dinamo start" merupakan salah satu komponen vital yang bertanggung jawab pada saat proses starting engine.
        Dimana komponen ini berfungsi untuk menggerakkan roda gila pada mesin agar mesin dapat hidup.
        Dan jika terjadi masalah pada komponen ini secara otomatis mesin akan sulit dihidupkan,
        lakukan pemeriksaan dengan memeriksa kondisi fisik "dinamo start" serta mengamati
        apakah terdapat bunyi yang cukup janggal pada komponen ini.


       Nah, setelah melakukan langkah pemeriksaan di atas setidaknya kita telah melakukan crosscheck terlebih dahulu  terhadap kondisi mobil kita serta dapat menentukan komponen mana yang bermasalah. Jadi jangan panik dulu ya guys.














Mencopot  :   Dinamo  Stater   
 [Dynamo  Ampere]


  


                         Cara    COPOT    :     Dinamo   Stater      [Dinamo    Ampere]
                                                          Starter    Avanza     bermasalah...!!!???
                                                          https://www.youtube.com/watch?v=Gxp0KiRRdcI












Ganti  :      Karbon     Brust      Alternator





       Cara    Mengatasi    :       Indikator Lampu   Aki      yang    TERUS    Menyala      [Karbon  Brush  TNS]
                                                            https://www.youtube.com/watch?v=p8LCqeBFcAE


  


                Karbon     Brust     Alternator   :     Toyota   Avanza     Rush    Innova     Xenia
                Karbon   Brush  Dinamo  Ampere
                            Holder  Alternator
                            Holder  &  Brush  Alternator 
                            Holder  Brush  Carbon
                Alternator    Part    Brush    Holder
                            Kul   Dinamo   Ampere
                            Areng   Alternator
Rp.   45.000










           [1].    Cara    mudah   ganti   :    carbon   brush   dinamo    starter    mobil    Avanza
                     https://www.youtube.com/watch?v=nLncVZ36JiY



           [2].   Cara   Cek   Starter   mobil   tanpa   melepas
                    https://www.youtube.com/watch?v=-tctA2_GWCo




           [3].  Cara    ampuh   ketika   Relay   Stater   rusak
                   https://www.youtube.com/watch?v=rwvDsp2Bk-s




           [4].   Cara   atasi   mobil   tidak  bisa    starter
                    https://www.youtube.com/watch?v=sb1JMXVmbEA




           [5].  Suara   mesin   grand   new   avanza   kasar
                  https://www.youtube.com/watch?v=hXvvfktSXr4&t=206s












Ganti  :  DINAMO   AMPER
Ganti  :  ALTERNATOR

[Tidak  Bisa  Distarter]






          Alternator   atau   biasa   disebut   dengan    Dynamo   Ampere   adalah   peranti    yang    berfungsi
          Sebagai    generator   yang   menghasilkan  arus   listrik  alternating   current    (AC)
          Dan   sekaligus   mengubahnya  menjadi  arus  direct   current    (DC).  
          Komponen   ini   juga   menjadi    pembangkit  energi   listrik   yang   diisikan  ke   Aki.

          Umumnya,   pabrikan   merancang   kapasitas   alternator    40 – 60  Amphere.
          Sedangkan   usia   ideal   yaitu    6   tahun.
          “Tapi,   bila  perlakuan   pemilik  terhadap   peranti  ini   bagus,   maka  akan  lebih  awet,


          Oleh   karena   itu,  bila  Alternator    atau   Dynamo   Ampere    ini   rusak
          maka  mesin  mobil  tidak  akan   bisa   distater.   Meski  Aki   masih   baru   sekali  pun.


           Meski   aki   masih   baru   sekali  pun. 
           “Alternator  memang   jarang  sekali   rusak  kecuali  masa  pakai   yang  telah  habis  atau   aus

            Alternator    baru pun     bisa   rusak    karena    perlakuan   yang   salah.
            Satu   diantara   penyebab   kerusakkan   itu   adalah   “beban   listrik”    di mobil
            Yang   jauh   lebih   besar   ketimbang   kapasitas   maksimal   dari    piranti   ini.


             Beberapa   cara   untuk   menghindari  permasalahan    itu
             Adalah    “ tidak    mengaktifkan    secara    berbarengan”   :
              [a].    Air   Conditioner   (AC),
              [b].    Audio
              [c].    Wiper
              [d].    Dan    peranti    elektronik   lainnya   di mobil   secara    berbarengan



             Lantas   seperti   apa   perlakuan   yang   membuat   Alternator   itu   awet?


             [1].  Pemasangan  ini   perlu    diperhatikan s erius.
                    Pasalnya,   bila   pemasangan    kutub salah,   atau    terbalik,
                    Maka   Kiprok   akan   jebol  atau   rusak.
                    Begitupun  dengan   berbagai   kabel   kelistrikan.

                    Bila   pemasangan   kabel-kabel   itu   tidak   tepat,
                    selain   menyebabkan   listrik   boros  juga   berpotensi    IC    Alternator   cepat   rusak.

                    Pemasangan  kabel  yang   perlu   diperiksa  itu  juga 
                    termasuk   kabel  plus   Alternator    ke   kabel   plus   Aki.
                    Sebab,  bila   sambungannya   tidak tepat   atau   renggang
                    dan   putaran   mesin   tinggi   maka   Alternator   akan   rusak.

                     Bahkan,   perangkat   elektronik   di mobil   yang   menggunakan
                     Sumber   strum   dari  Alternator     dan   Aki    akan   cepat   rusak.
                     Pasalnya,   asupan   listrik   yang   mengalir   ke  perangkat   tersebut   tidak   Ajeg.



             [2].  Pastikan   sabuk   pengatur   tegangan   V-Belt   terpasang   dengan   benar
                     Satu  hal   yang  wajib  Anda p  erhatikan   adalah,
                                  Tingkat   ketegangan   atau   posisi   V-Belt
                                  Jangan   terlalu   kencang   dan   Jangan  terlalu   kendor.
                      Bila  terlalu   kencang   maka   putaran   Alternator
                      dipaksa   melebihi   kapasitas   atau   kemampuannya.

                      “Akibatnya      Laher   Alternator    akan   rusak,”

                      Begitu  pun  bila  tali   atau   sabuk  itu  terlalu   kendor,
                      tarikan  akan    tersendat-sendat.
                     Sehingga,   selain   arus   listrik  yang   dihasilkan   tidak   konstan,
                      Laher   Alternator    juga   cepat   rusak.


             [3].  Cegah   kabel   plus   bersentuhan   dengan   badan   Alternator
                     Bila itu terjadi,   maka  akan   memicu  hubungan   arus   pendek   atau     korslet.
                     Akibatnya,    Alternator   atau   Dynamo  Ampere     akan     rusak.
                     “Oleh   karena   itu  sangat   disarankan   untuk   memasang   pengaman   pada   kutub  plus  Aki.

              [4].  Selain   itu,   sebaiknya   memeriksa  kondisi   Alternator   secara   rutin
                     minimal  tiga   bulan    sekali.
                     “Pada  saat   ganti  oli,   di bengkel
                      biasanya   ada   perlengkapan   deteksi   kondisi  Aki   dan   Alternator    [AVO   Meter]




               Multitester    Multimeter    Avo   Meter    DT830B    Murah
Rp.  31.000




       Cara   Mendeteksi    Alternator   dan   Aki    menggunakan   AVO   Meter,  yaitu:






           Dinamo   Alternator     Ampere    :       Avanza-Xenia    1.3cc     VVTI         [Bekas]
Rp.  1.000.000











                Ganti   Dinamo  Amper


                               [A].   .........
                               [B].   .........


    


         mengganti     Dinamo  Amper     , yaitu   :

     1.   Service   Saat    Menempuh    Jarak    Km.

           batas  akhir   yaitu    Km.

           Sahabat   bisa   melakukan    mengganti      Dinamo   Amper    


     2.   Alat -  Alat   untuk    mengganti    Dinamo   Amper ,     yaitu : 
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]   
                         [#]