Penyakit :
Tidak bisa di-Starter
Cluch Bendik Stater, yg sudah aus atau oglak [didalam komponen Dinamo Stater]
Starter Avanza bermasalah...!!!
Cara Membongkar Motor Starter
atau Dinamo Stater dari Mesin
5 Ciri yang Menunjukkan Dinamo Ampere Mobil Bermasalah
Modul Alarm Error ...!!!
Mobil avanza tidak bisa distarter
Mematikan : Alarm Mobil [Error]
yang Tidak Mau Berhenti
Aki Soak......!!!!
Cara menyalakan mobil yang tidak bisa di Starter
5 Penyebab Mengapa Mobil Susah Distarter, Selain Aki
Cluch Stater
Bendik Stater
Gigi - Gear Bendix GP
[Gp = Genuiene Part / Sparepart Asli]
BENDIX STARTER 5K : AVANZA XENIA
8 GIGI 8T STECKER
Rp. 60.000
Dinamo Starter : GP Toyota Avanza-Xenia [Baru]
Rp. 400.000
Cover Belakang Dinamo Starter : GP Toyota 5K Avanza-Xenia
Rp. 52.000
Cover Depan Dinamo Starter : GP Toyota 5K Avanza-Xenia
Rp. 119.000
Holder Starter : GP Toyota 5K Avanza-Xenia
Rp. 50.000
Bushing Starter & Lahar Bambu Bushing : GP Toyota 5K Avanza-Xenia
Rp. 90.000
Mobil Tidak Bisa di Starter....?!
Jangan Panik...!! Coba Lakukan 5 Langkah ini
Hal yang paling menyebalkan saat menemui kendala pada mobil yaitu suatu kondisi yang menyebabkan mobil tersebut tidak bisa melakukan starting engine. Dan biasanya pada kasus ini terjadi kemungkinan yang cukup besar yakni kerusakan yang terjadi di sistem kelistrikan pada mobil tersebut, sehingga dapat mengakibatkan mobil tidak bisa di starter.
Namun jangan panik terlebih dahulu, karena pada artikel kali ini kita akan membahas tentang langkah pemeriksaan terhadap mobil yang tidak bisa di starter. Lantas bagimana langkahnya? Mari kita lihat ulasan di bawah ini.
1. Periksa kondisi “aki”
Aki merupakan salah satu faktor utama saat mesin mobil dihidupkan,
karena tanpa komponen ini maka mustahil mobil bisa di starter.
Pemeriksaan dilakukan dengan pemeriksaan kondisi level air pada aki
serta melakukan pemeriksaan voltase dan jika ada mobil lain yang normal
maka melakukan "jumper" pada aki mobil lain dapat membantu analisa pada masalah ini.
Jika dengan melakukan jumper mobil bisa di starter maka besar kemungkinan
aki mobil tersebut sudah usang.
2. Periksa kondisi “sekring”
Jika langkah awal telah di lakukan namun setelah melakukan jumper mobil tetap tidak bisa di starter
maka langkah selanjutnya dapat kita lakukan pemeriksaan pada komponen sekring yang umumnya
terdapat di dekat aki pada kutub positif.
Jika sekring tersebut putus tentu mobil tidak bisa di starter
dan apabila ini terjadi segera lakukan pemeriksaan di bengkel terdekat karena mungkin saja
sistem kelistrikan pada mobil sedang bermasalah, sehingga mengakibatkan sekring terputus.
3. Periksa “karburator”
Jika mesin mobil stuck pada saat melakukan starting , namun tidak bisa melanjutkan untuk menghidupkan mesin
sehingga mesin tidak bisa berjalan maka dapat kita lakukan pemeriksaan pada "karburator"
jika mobil tersebut tidak menggunakan sistem supply bahan bakar dengan injeksi.
Karburator yang kotor tentu dapat menghambat proses starting pada mesin mobil.
4. Periksa “ fuel pump”
Jika sistem supply bahan bakar pada mobil menggunakan sistem injeksi
maka kondisi "fuel pump" yang kotor juga dapat berpengaruh pada saat mesin mobil di starter.
Hal ini ditandai dengan indikator check engine yang terdapat di speedometer
untuk menandakan terjadinya permasalahan pada komponen mesin khususnya "fuel pump".
Namun untuk pemeriksaan ini kita membutuhkan tenaga montir yang memang mengerti tentang kompinen ini
agar nantinya dapat dilakukan pembersihan dan kalibrasi ulang agar mobil dapat bekerja secara optimal.
5. Periksa “dinamo start”
"Dinamo start" merupakan salah satu komponen vital yang bertanggung jawab pada saat proses starting engine.
Dimana komponen ini berfungsi untuk menggerakkan roda gila pada mesin agar mesin dapat hidup.
Dan jika terjadi masalah pada komponen ini secara otomatis mesin akan sulit dihidupkan,
lakukan pemeriksaan dengan memeriksa kondisi fisik "dinamo start" serta mengamati
apakah terdapat bunyi yang cukup janggal pada komponen ini.
Nah, setelah melakukan langkah pemeriksaan di atas setidaknya kita telah melakukan crosscheck terlebih dahulu terhadap kondisi mobil kita serta dapat menentukan komponen mana yang bermasalah. Jadi jangan panik dulu ya guys.
Mencopot : Dinamo Stater
[Dynamo Ampere]
Cara COPOT : Dinamo Stater [Dinamo Ampere]
Starter Avanza bermasalah...!!!???
Ganti : Karbon Brust Alternator
Cara Mengatasi : Indikator Lampu Aki yang TERUS Menyala [Karbon Brush TNS]
Karbon Brust Alternator : Toyota Avanza Rush Innova Xenia
Karbon Brush Dinamo Ampere
Holder Alternator
Holder & Brush Alternator
Holder Brush Carbon
Alternator Part Brush Holder
Kul Dinamo Ampere
Areng Alternator
Rp. 45.000
[1]. Cara mudah ganti : carbon brush dinamo starter mobil Avanza
[2]. Cara Cek Starter mobil tanpa melepas
[3]. Cara ampuh ketika Relay Stater rusak
[4]. Cara atasi mobil tidak bisa starter
[5]. Suara mesin grand new avanza kasar
Ganti : DINAMO AMPER
Ganti : ALTERNATOR
[Tidak Bisa Distarter]
Alternator atau biasa disebut dengan Dynamo Ampere adalah peranti yang berfungsi
Sebagai generator yang menghasilkan arus listrik alternating current (AC)
Dan sekaligus mengubahnya menjadi arus direct current (DC).
Komponen ini juga menjadi pembangkit energi listrik yang diisikan ke Aki.
Umumnya, pabrikan merancang kapasitas alternator 40 – 60 Amphere.
Sedangkan usia ideal yaitu 6 tahun.
“Tapi, bila perlakuan pemilik terhadap peranti ini bagus, maka akan lebih awet,
Oleh karena itu, bila Alternator atau Dynamo Ampere ini rusak
maka mesin mobil tidak akan bisa distater. Meski Aki masih baru sekali pun.
Meski aki masih baru sekali pun.
“Alternator memang jarang sekali rusak kecuali masa pakai yang telah habis atau aus
Alternator baru pun bisa rusak karena perlakuan yang salah.
Satu diantara penyebab kerusakkan itu adalah “beban listrik” di mobil
Yang jauh lebih besar ketimbang kapasitas maksimal dari piranti ini.
Beberapa cara untuk menghindari permasalahan itu
Adalah “ tidak mengaktifkan secara berbarengan” :
[a]. Air Conditioner (AC),
[b]. Audio
[c]. Wiper
[d]. Dan peranti elektronik lainnya di mobil secara berbarengan
Lantas seperti apa perlakuan yang membuat Alternator itu awet?
[1]. Pemasangan ini perlu diperhatikan s erius.
Pasalnya, bila pemasangan kutub salah, atau terbalik,
Maka Kiprok akan jebol atau rusak.
Begitupun dengan berbagai kabel kelistrikan.
Bila pemasangan kabel-kabel itu tidak tepat,
selain menyebabkan listrik boros juga berpotensi IC Alternator cepat rusak.
Pemasangan kabel yang perlu diperiksa itu juga
termasuk kabel plus Alternator ke kabel plus Aki.
Sebab, bila sambungannya tidak tepat atau renggang
dan putaran mesin tinggi maka Alternator akan rusak.
Bahkan, perangkat elektronik di mobil yang menggunakan
Sumber strum dari Alternator dan Aki akan cepat rusak.
Pasalnya, asupan listrik yang mengalir ke perangkat tersebut tidak Ajeg.
[2]. Pastikan sabuk pengatur tegangan V-Belt terpasang dengan benar
Satu hal yang wajib Anda p erhatikan adalah,
Tingkat ketegangan atau posisi V-Belt
Jangan terlalu kencang dan Jangan terlalu kendor.
Bila terlalu kencang maka putaran Alternator
dipaksa melebihi kapasitas atau kemampuannya.
“Akibatnya Laher Alternator akan rusak,”
Begitu pun bila tali atau sabuk itu terlalu kendor,
tarikan akan tersendat-sendat.
Sehingga, selain arus listrik yang dihasilkan tidak konstan,
Laher Alternator juga cepat rusak.
[3]. Cegah kabel plus bersentuhan dengan badan Alternator
Bila itu terjadi, maka akan memicu hubungan arus pendek atau korslet.
Akibatnya, Alternator atau Dynamo Ampere akan rusak.
“Oleh karena itu sangat disarankan untuk memasang pengaman pada kutub plus Aki.
[4]. Selain itu, sebaiknya memeriksa kondisi Alternator secara rutin
minimal tiga bulan sekali.
“Pada saat ganti oli, di bengkel
biasanya ada perlengkapan deteksi kondisi Aki dan Alternator [AVO Meter]
Multitester Multimeter Avo Meter DT830B Murah
Rp. 31.000
Cara Mendeteksi Alternator dan Aki menggunakan AVO Meter, yaitu:
Dinamo Alternator Ampere : Avanza-Xenia 1.3cc VVTI [Bekas]
Rp. 1.000.000
Ganti Dinamo Amper
mengganti Dinamo Amper , yaitu :
1. Service Saat Menempuh Jarak Km.
batas akhir yaitu Km.
Sahabat bisa melakukan mengganti Dinamo Amper
2. Alat - Alat untuk mengganti Dinamo Amper , yaitu :
[#]
[#]
[#]
[#]
[#]
[#]
[#]