Sabtu, 31 Agustus 2019

Me-Restart ECU













Cara  me-
Reset   Restart  Reboot   ECU





Me-Restart    ECU,   Mengapa  harus    Me-Reset    ECU
Mengapa  Harus  Me-Restart  ECU
Mengapa  harus  Me-Reboot  ECU
RESET  ECU   MT/AT     MenJADI    IRIT     BBM
  

[#].  ECU,        ------->>   untuk   berfungsi   sebagai   sirkuit  elektronik utama  pada sebuah   mobil
                                        ECU merupakan   singkatan   dari    “Electronik   Control   Unit”






           Macam –  Macam  ECU   pada   kendaraan
           Unit ini   biasanya   terdiri   dari   beberapa   module,   antara lain :

           [#1].   ECM    (Engine control  module)
                     Merupakan  module   yang  khusus  mengatur   kinerja  mesin.
                     Dari mulai  proses   starting,   penyalaan  busi
                     Injeksi  bahan  bakar,   hingga   proses  cooling.


           [#2].   PCM     (Powertrain   control   module)
                     Module yang   khusus   mengatur   kinerja    sistem    powertrain   mobil.
                     Biasanya   module  ini  akan  memastikan  aliran  tenaga  
                     dari  mesin  sampai  keroda  dengan efisien.
                     Dan  module  ini  hanya  ada  pada  beberapa   mobil  saja.


           [#3].   BCM   (Body   control    module)
                     Adalah   module  yang   khusus   mengatur  kinerja  kelistrikan body
                     Seperti  misalnya  :    lampu,   horn,    wiper  otomatis  /   manual.
                     Dan sistem  hiburan   pada   dashboard.


           [#4].   TCM   (Transmission   control    module)
                     Module ini hanya  ada  pada   mobil  bertransmisi   otimatis.
                     Fungsinya   jelas  untuk   mengatur  perpindahan  dan  moment    transmisi

                     Sesuai   RPM mesin  (Rotary per minute atau revolution per minute /  revolusi per menit)

                     dan  kondisi   pengemudian.



           [#5].   ABS  Control   Module   (Anti-lock   Brake   System) 
                     Module  yang   diletakan  pada   mobil   berteknologi   rem  ABS.

                      Fungsinya   mengatur   sistem   pengereman 
                      untuk  mencegah  roda   terkunci   atau  slip  saat   berada   dijalanan  licin.

                      ini  juga  berperan  dalam  beberapa   sistem keselamatan
                      seperti    elektronic   stability   system    dan   hill    start   assist.



           [#6].   HVAC   Control    Module  
                     Module  ini   juga hanya   ditemui  pada  mobil  yang   mengusung   auto  AC  system.
                     Module ini  memungkinkan  pengendalian  sirkulasi  kabin  secara  otomatis
                     sesuai    atmosfir   didalam   dan   diluar kabin.




           [#7].   Airbag     Control    Module
                    Sistem  airbag   adalah  suatu  perangkat  passive  safety  system
                    atau sistem  keselamatan  pasif   saa t   terjadi   benturan 
                    untuk  mencegah cidera   pada   beberapa  bagian  tubuh   penumpang.
                    Module inilah yang   bertugas  mengembangkan    kantung   ini.

                      [#7.a].   https://www.youtube.com/watch?v=9aeuVouk_9Q
                      [#7.b].   https://www.youtube.com/watch?v=JcPgug16s3s
                      [#7.c].   https://www.youtube.com/watch?v=UeQRmIR_9sg
                      [#7.d].   https://www.youtube.com/watch?v=i9ILtiAGP-k
                      [#7.e].   https://www.youtube.com/watch?v=rRxsSBh-yNc
                      [#7.f].   https://www.youtube.com/watch?v=wKxpzywk6xo
                      [#7.g].   https://www.youtube.com/watch?v=E2dryBM44mo
                      [#7.h].   https://www.youtube.com/watch?v=_Uy2U3cVEVs
                      [#7.i].   https://www.youtube.com/watch?v=6uPUpeIjZ7s
                      [#7.j].   https://www.youtube.com/watch?v=qlFQs2UvSz8










Bagaimana    Cara    Kerja    ECU    ?





            Secara umum, kinerja ECU sama persis prinsipnya seperti CPU komputer. Dalam hal ini, ECU berkomunikasi menggunakan data-data binner dan analog untuk melakukan perhitungan. Data awal, diperoleh dari sensor.    Sensor adalah perangkat input yang berfungsi mengirimkan data berupa sinyak analog (tegangan dengan value tertentu) yang menginformasikan keadaan dari apa yang diceknya.

           Misal pada sistem injeksi, salah satu sensor sebutlah   MAF (mass air flow) akan mengirimkan tegangan ke ECU dengan value tertentu (biasanya antara 0,1 sampai 4,9 V).    Besar kecil nilai tegangan akan menginformasikan berapa masa udara yang melewati sensor.   Melalui sensor inilah   ECU    tahu    masa   udara  yang   masuk ke mesin.

           Selanjutnya, ECU akan menerima beberapa data dari sensor lainnya yang bersangkutan.    Data-data tersebut kemudian akan proses untuk menemukan berapa jumlah bensin yang harus dikeluarkan. Hasil dari perhitungan ini akan diubah menjadi tegangan yang memiliki interval tertentu dan dikirm ke injektor. Saat injektor menerima tegangan dari ECU otomatis injektor akan membuka dan  bensin  keluar,    interval yang dimaksud adalah   lamanya  injektor  menerima  tegangan.

            Semakin lama injektor menerima tegangan ECU maka semakin lama pula injektor membuka dan hasilnya semakin banyak bensin yang keluar.
                        
           Begitulah ECU bekerja, jadi tanpa sensor dan aktuator maka ECU juga tidak bisa beroperasi. Sama halnya seperti komputer, tanpa  hardware  input  [AC]  dan   output  [DC]   maka   komputer  tidak  bisa  dioperasikan.

           Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian dan fungsi ECU pada motor dan mobil. Semoga menambah wawasan kita dan   bermanfaat   bagi kita semua.