Kabel Jumper Aki
Aki Mobil Tekor
Berikut adalah pedoman indikator kesehatan aki 12V (untuk mobil dengan aki 24 volt, angkanya dikali 2):
AKI SANGAT BAIK/ SEHAT:
- Mesin Hidup: Tegangan kelistrikan 13.4 - 14.8 Volt
- Mesin Mati: Tegangan kelistrikan 11.9 - 12.8 Volt
AKI CUKUP SEHAT:
- Mesin Hidup: Tegangan kelistrikan 13.2- 13.4 Volt
AKI MEMERLUKAN PERHATIAN (CHECK)
- Mesin Hidup: Tegangan kelistrikan 12.8 - 13.2 Volt
- Mesin Mati: Tegangan kelistrikan 11.6 - 11.9 Volt
AKI BURUK/ TIDAK SEHAT:
- Mesin Mati: Tegangan kelistrikan < 11.6 Volt
[e]. Cara Melakukan Jumper Aki Mobil Soak / Kabel Jumper Aki
Akibat masalah aki ini, terkadang sebuah mobil menjadi mogok.
Tentu saja hal ini sangat tidak menyenangkan.
Apalagi jika lokasi mogok dari kendaraan anda tersebut jauh dari bengkel.
Hal ini menyebabkan anda harus menggunakan cara jumper aki mobil.
Jumper aki mobil ini adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menghidupkan sebuah mobil yang akinya rusak.
Teknik dilakukan dengan cara menggunakan aki mobil lain.
Akan tetapi dalam melakukan sebuah jumper aki ini, anda harus mengetahui tata caranya terlebih dahulu.
Hal ini sangat diperlukan agar aman dalam membantu menghidupkan mesin mobil dengan teknik tersebut.
Berikut ini cara jumper aki mobil aman yang perlu anda ketahui.
# Pastikan penyebab mobil mogok
Sebuah mobil yang mogok bisa disebabkan oleh berbagai hal.
Jika penyebabnya adalah masalah aki, maka cek terlebih dahulu aki pada mobil tersebut.
Cara mengecek aki mobil ini dapat dilakukan dengan cara menyalakan lampu sein atau utama.
Jika lampu menyala redup, dapat dipastikan jika aki rusak atau soak.
# Menyiapkan alat untuk jumper
Setelah anda memastikan bahwa mobil anda mogok karena akinya soak,
maka langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan berbagai peralatan untuk jumper aki pada mobil anda tersebut.
Gunakanlah aki mobil lain untuk melakukan humper ini, siapkan juga kabel yang memiliki diameter 10 mm.
Kabel Jumper Aki / Accu 2m
Rp. 55.000
Kabel Jumper Aki Kenmaster Booster Cable 200AH Panjang 2 meter
Rp. 95.000
Kabel Booster Untuk Aki Mobil
Rp. 120.000
# Mendekatkan kedua mobil
Apabila semua peralatan tersedia, langkah berikutnya adalah mendekatkan mobil yang akan dijumper akinya.
Tahapan ini perlu dilakukan agar mempermudah dalam melakukan teknik jumper yang tersebut.
Hal ini juga dimaksudkan agar kabel yang digunakan untuk alat jumper bisa menjangkau mobil
dengan aki yang masih bagus tersebut.
# Menyambungkan kutub – kutubnya dengan benar
Jika kedua mobil telah berada dalam posisi yang dekat, tahapan berikutnya adalah
menyambungkan kabel jumper tersebut
menyambungkan kabel jumper tersebut
pada kedua kutub aki mobil tersebut. Sebelum menyambungkannya, gunakanlah sarung tangan yang terbuat
dari karet agar terhidar dari sengatan listrik yang ditimbulkan oleh aki.
Hubungkanlah kedua kutub aki mobil tersebut secara benar.
Pasangkan pada aki yang bagus kabel hitam untuk kutub negatif dan kabel merah untuk positif.
Hubungkan kabel merah tersebut dengan kutub aki mobil yang rusak dan kabel hitam
dengan blok mesin atau bodi mobil tersebut.
# Menghidupkan mesin mobil
Setelah semua kabel terhubung secara benar dan sempurna,
langkah selanjutnya adalah menghidupkan mesin mobil
langkah selanjutnya adalah menghidupkan mesin mobil
yang aki soak tersebut. Sebelum menstater, diamkanlah dulu beberapa saat, sekitar 2 – 3 menitan.
Setelah hal itu dilakukan, staterlah mobil yang akinya rusak tersebut.
Jika belum hidup, cobalah beberapa kali sampai mesin mobil hidup.
Demikian cara jumper aki mobil yang baik dan benar.
Kabel Aki Strum 8 Awg [per meter]
Rp. 5.500
Kabel Accu - Aki Positif Asli Original
Avanza Dan Xenia
Rp. 40.000
Kabel Jumper Aki / Accu 2m
Rp. 55.000
Kabel Jumper Aki Kenmaster Booster Cable 200AH Panjang 2 meter
Rp. 95.000
Kabel Booster Untuk Aki Mobil
Rp. 120.000
Kabel Aki 2 Meter + Skun
Rp. 228.000
Kabel Ground Mobil
Kabel NYAF 10mm Untuk Kabel
Panjang 2 Meter
Lengkap Dengan Skun
Rp. 55.000
Kabel Grounding HKS - Merah/ Biru
HKS Grounding Wire 5 Kabel
Rp. 49.900
youtube:
TERSEDIA DALAM 2 PILIHAN WARNA :
- MERAH
- BIRU
NB : TULIS KETERANGAN WARNA SAAT PEMBELIAN
ATAU KAMI BERIKAN RANDOM
NO RETUR
JANGAN DI CHAT ATAU DI DISKUSI
TERDIRI DARI 5 BUAH KABEL :
- 30CM / 40CM / 50CM / 80CM / 90CM
DIAMETER : 0.5 CM CRUDE
UNIVERSAL DAPAT DIGGUNAKAN UNTUK SEMUA TIPE MOBIL
MANFAAT KABEL GROUNDING :
1. STARTER MENJADI LEBIH MUDAH.
2. AKI DAN ALTERNATOR MENJADI LEBIH AWET
KARENA PENGISIAN AKI MENJADI LEBIH BAIK
3. LAMPU-LAMPU UTAMA,HEAD LAMP, FOG LAMP
DAN LAMPU INDIKATOR DASBOARD MENJADI LEBIH TERANG.
4. KIPAS- KIPAS MENJADI LEBIH KENCANG.
5. TARIKAN MOBIL MENJADI LEBIH ENTENG.
6. PEMBACAAN SENSOR SENSOR MENJADI LEBIH AKURAT.
PENJEPIT KABEL (WIRE CLIP)
AGAR MENJADI LEBIH RAPI [satu set, 3 Pcs]
Kabel Wire Clip PWJDM Merah
Wire Clamp Seperator
Rp. 60.000
[#] Cara Pasang : Kabel Ground
Cara Pasang : Kabel Ground
TOYOTA AVANZA : Grounding Cables
Kabel Grounding HKS - Merah / Biru
HKS Grounding Wire 5 Kabel
30CM / 40CM / 50CM / 80CM / 90C
Rp. 49.900
youtube:
Klip Perapih Kabel : Penjepit Kabel di Dashboard 5 Lobang [1 pcs]
CABLE CLIPS ORGANIZER
Rp. 7.500
Klip Perapih Kabel : Penjepit Kabel di Dashboard 7 Lobang [1 pcs]
CABLE CLIPS ORGANIZER
Rp. 30.000
Klip Perapih Kabel : Penjepit Kabel di Dashboard [1 pcs]
CABLE CLIPS ORGANIZER
Rp. 900
Klip Perapih Kabel : Klip Kabel Grounding &
Klip Kabel Busi
Wireklip PWJDM Red Pengunci Kabel Busi & Kabel Grounding
Rp. 47.500
ALAT ANTI TEKOR AKI
POWER BANK AKI MOBIL-MOTOR
Penghemat BBM / STABILIZER AKI MOBIL
STABILIZER AKI MOBIL : [VOLT STABILIZER]
Power Inverter 300 W
Dari AKI DC 12v Ke AC 220v
Brand : Vertical
(Bisa untuk mobil tegangan 24V Bus & amp ; Truk)
Rp. 160.000
youtube :
Tatakan Aki
Tatakan Aki Khusus Toyota Avanza Xenia
Rp. 27.500
TUTUP AKI BREKET,
BAHAN BAJA ANTI KARAT
Rp. 75.000
Alat Tes Aki
Berikut adalah pedoman indikator kesehatan Aki 12 Volt
(untuk mobil dengan aki 24 Volt, angkanya dikali 2), yaitu :
[a]. AKI = SANGAT BAIK / SEHAT, yaitu :
[a.a1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.4 - 14.8 Volt
[a.a2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.9 - 12.8 Volt
[b]. AKI = CUKUP SEHAT, yaitu :
[b.b1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.2 - 13.4 Volt
[c]. AKI = MEMERLUKAN PERHATIAN (CHECK)
[c.c1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 12.8 - 13.2 Volt
[c.c2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.6 - 11.9 Volt
[d]. AKI = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = < 11.6 Volt
ALAT TESTER AKI 12V
6 LED INDIKATOR
Rp. 55.000
ALAT TESTER AKI 12V
Battery Tester IWT 2028
Rp. 65.000
ALAT TESTER AKI 100V
Dual Volt Ampere Meter 100V 10A
Combo Ampere V oltmeter
Rp. 25.500
ALAT TESTER AKI 12V
0,56 Digital Voltmeter 4.5-30V DC Merah
Rp. 10.500
Tespen Aki
Tespen Tanpa Sentuh
Tespen Volt Alert
TestPen Non-Contact
Voltage Alert Detector 90 V - 1000 V
Rp. 24.800
Baterai AAA A3 [4 Pcs]
Battery AAA A3
Rp. 24.000
Charger Baterai AA & AAA 4 Slot
Rp. 37.000
Kotak Baterai Case AA & AAA
Kotak baterai kancing & kotak baut mur
Rp. 3.000
Tespen Aki
Tespen Kabel
Tespen DC Logam Tembaga 6 - 24 V
Rp. 21.500
Tespen Aki
Tespen Kabel
Tespen DC Logam Tembaga 6 - 24 V
Rp. 28.700
Tespen AC-DC : LCD Digital Display Voltage
Test Pen Voltage Detector Tester
Sensor Non-Contact
Rp. 28.500
Tespen Aki + Tang Crimping
Rp. 75.000
Aki Basah
Aki Mobil GS Astra NS40 Hybrid (aki basah)
Avanza Xenia Rush
Terios Apv Splash
Rp. 600.000
Aki Mobil GS Astra NS40ZL Hybrid (aki basah)
Avanza Xenia Rush
Terios Apv Splash
Rp. 612.500
Youtube :
Ampere Meter & Multi Meter [AVO Meter]
Tang Ampere : Multimeter Digital M266
Tang Amper Alat Pengukur Tegangan
Rp. 59.500
Multi Tester DT830B [AVO Meter]
Rp. 28.000
Berikut adalah pedoman indikator kesehatan Aki 12 Volt
(untuk mobil dengan aki 24 Volt, angkanya dikali 2), yaitu :
[a]. AKI = SANGAT BAIK / SEHAT, yaitu :
[a.a1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.4 - 14.8 Volt
[a.a2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.9 - 12.8 Volt
[b]. AKI = CUKUP SEHAT, yaitu :
[b.b1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.2 - 13.4 Volt
[c]. AKI = MEMERLUKAN PERHATIAN (CHECK)
[c.c1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 12.8 - 13.2 Volt
[c.c2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.6 - 11.9 Volt
[d]. AKI = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = < 11.6 Volt
[1]. Cara Cek : Kebocoran Arus di mobil [Aki Mobil]
[2]. Cara Test : Alternator pengisian Aki
[3]. Cara Cek : ALTERNATOR [Dynamo Ampere] & AKI
[4]. Cara Cek atau kontrol Dynamo Amper [Alternator]
[5]. Cara Mengatasi : Indikator Aki Mobil [Lampu Aki di Dashboard]
yg TERUS Menyala ....!!!!! [Karbon Brush TNS]
yg TERUS Menyala ....!!!!! [Karbon Brush TNS]
Cara Merespons : Lampu Oli Mobil yang Terus Menyala
CARA MENGECEK
KEBOCORAN ARUS MOBIL
[AKI Mobil]
A. Cara mengecek Dengan Alat "Tang Digital Amper" = di Minus Aki
[a]. Kebocoran Arus Listrik Aki, bisa di Cek dengan dua cara, yaitu:
Pada saat Mobil menyala [on] & pada saat mobil Mati [off]
[b]. Kondisi mesin Mati [off]
[c]. Dengan Menggunakan Alat = "Tang Digital Amper"
[d]. "Tang Digital Amper" dinyalakan,
lalu "bibir Tang" tersebut ditempelkan pada "Minus Aki"
[e]. Standar Minimal dari nilai "Tang Digital Amper, yaitu
Minimal = 13 .0.05
[f]. Bila lebih dari itu [lebih dari 0,05] ,
Misalnya 0,1 bukan 0,05 berarti "Ada kemungkinan Kebocoran Arus"
[g]. Bila muncul angka 0,00 = Masih Normal [Tidak ada Kebocoran]
Bila muncul angka 0,02 = Masih Normal [masih dibawah 0,05]
B. Cara mengecek Dengan "AVO Meter / Multitester / Multimeter" = di AKI [berfungsi atau tidak]
[a]. Aki, dicek dengan Multitester
[b]. Kabel Multitester dihubungkan kepada masing-masing kutub Aki
Perlu diketahui, kabel aki positif dan negatif terlihat dari warna,
yaitu
kabel Plus = berkelir Merah
kabel Minus = dibalut Hitam
[c]. Bila Angka yang muncul pada Monitor Multitester diatas 12 = Normal [tidak ada Kebocoran Arus]
Contoh Misalnya pada Monitor muncul Angka 13.06 = angka tersebut diatas angka 12 = Normal
[d]. Bila Angka Muncul dibawah 12 = Angka muncul 11 atau 10 atau 9,
maka Aki Anda = Kurang Strum, jadi Aki Mobil Harus Di Chass / di-Charger]
[e]. Bila Angka Muncul diAtas 12 = Angka muncul 16 atau 20,
maka maka Aki Anda =
Aki Kelebihan Strum /
Aki Kelebihan Strum /
Aki Kebocoran Arus Strum
jadi "Cell yang ada didalam Aki-nya" akan Rusak / Putus
karena "Terlalu Overhit Kepanasan" dan Akan merambat Rusaknya "AKI mobil"
[f]. Maksimal Aki "NORMAL" =
Mesin off = 13.04 [Aki masih Bagus]
Mesin on = 14.80 [Aki masih Bagus]
[g]. Bila Mesin Di nyalakan [mesin on]
Mesin on = 14.31 [Aki masih Bagus]
[h]. Bila Mesin Di nyalakan [mesin on] + Lampu dinyalakan
Mesin on = rata -rata diangka 14.31 [Aki masih Bagus]
[i]. Bila Mesin Di nyalakan [mesin on] + Lampu tidak dinyalakan
Mesin on = rata-rata diangka 14.27 [Aki masih Bagus]
[j]. Bila Mesin Di nyalakan [mesin on] + nyalakan AC + Nyalakan Audio
Mesin on = rata-rata diangka 14.07 [Aki masih Bagus]
[k]. Maksimal Aki "NORMAL" =
Mesin off = 12.04 [jangan sampai dibawah 12]
Mesin on = 14.80 [Aki masih Bagus]
[l]. Bila dibawah 12, maka
"tidak bisa Stater / ngga kuat Ngangkat / Aki Tekor"
[m]. Penggantian Aki dengan aki yang Baru adalah minimal 3 Tahun
[Karena Aki tidak bisa lagi menyimpan Arus dari Charger Aki]
Berikut adalah pedoman indikator kesehatan Aki 12 Volt
(untuk mobil dengan aki 24 Volt, angkanya dikali 2), yaitu :
[a]. AKI = SANGAT BAIK / SEHAT, yaitu :
[a.a1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.4 - 14.8 Volt
[a.a2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.9 - 12.8 Volt
[b]. AKI = CUKUP SEHAT, yaitu :
[b.b1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.2 - 13.4 Volt
[c]. AKI = MEMERLUKAN PERHATIAN (CHECK)
[c.c1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 12.8 - 13.2 Volt
[c.c2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.6 - 11.9 Volt
[d]. AKI = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = < 11.6 Volt
Test Coolant : dengan Volt Meter
Test kondisi Coolant : dengan Volt Meter
[a]. Arahkan Multimeter ke 20 Volt DC.
[a.1]. Probe [negatif] tempel di pole negatif Aki,
[a.2]. Probe [positif] masukkan ke dalam coolant,
buka tutup radiatornya dulu, tapi jangan sampai probenya nempel di logam radiator,
untuk aerio aman karena letak mulut radiator agak menjorok
jadi ga langsung terlihat aluminium dari kisi radiator.
[b]. kondisi mesin hidup dan di gas sampai 2000 rpm
[c]. Kemudian, Mesin hidup dengan berbagai perangkat listrik dinyalakan satu per satu.
batas aman adalah 0.3 Volt, beberapa ada yang mengatakan 0.4 Volt masih ok.
[c.1]. + Lampu utama : -0.04 volt
[c.2]. + Lampu utama + AC + Radio : -0.04 volt
[d]. COOLANT = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = < 0.3 atau < 0.4 Volt
Rangkuman :
[a]. Sebelum ganti Coolant
[a.1]. Mesin off : 0.29 volt
[b]. Setelah ganti coolant
[b.1]. Mesin off, yaitu : 0.00 volt (atau -0.02 volt sebelum hidup sama sekali)
[b.2]. Mesin on, yaitu : -0.02 volt
[c]. Setelah ganti coolant
[c.1]. + Lampu utama : -0.04 volt
[c.2]. + Lampu utama + AC + Radio : -0.04 volt
Much better daripada sebelum ganti coolant.
Berapa volt di mobilmu ?
[1]. Cara Membersihkan : Terminal Aki [yang Mengalami Korosi]
[2]. Cara Mengatur : Waktu Pengapian
[3]. Cara Mengetes : Koil Pengapian
[4]. Cara Mengganti : Busi
[5]. Cara Menguji : Kabel Busi
[6]. Cara Mengganti : Kabel Busi
MEMBERSIHKAN : Mesin Avanza
Sampai Kinclong Seperti Baru
Membersihkan : Mesin Mobil
Membersihkan : Mesin Mobil AVANZA
TATAKAN AKI & TUTUP AKI
Air Accu Zuur [Tutup Merah]
Keras Botol Kecil Cairan Aki Zur
Rp. 8.000
AIR AKI TAMBAH [Tutup Biru]
Rp. 8.200
Amplas Besi
Rp. 3.500
Tatakan Aki
Tatakan Aki Khusus Toyota Avanza Xenia
Rp. 27.500
TUTUP AKI BREKET,
BAHAN BAJA ANTI KARAT
Rp. 75.000
Baut Mur Aki - Kunci 10 [1cm]
Rp. 300
Knob Tutup Aki : Terminal Accu Kepala Aki [Besar]
Kepala Aki N70 Ukuran Besar N 70
Rp. 24.000
Knob Tutup Aki : Terminal Accu Kepala Aki [Kecil]
Kepala Aki NS40 Ukuran Kecil Ns 40
Rp. 21.900
Klem Accu : Kepala Aki Timah Besar RX [warna Silver & Gold]
Rp. 10.500
Klem Accu : Kepala Aki Timah Kecil [warna Silver & Gold]
Rp. 10.000
Klem Kepala : Accu Kuningan
Klem Kepala Accu Kuningan ALDO
Klem Jepit Kabel Konnektor Aki
Terminal Aki Connector Clamp
Cable Aki Mobil Positif Dan Negatif
Rp. 160.000
CHARGER AKI MOBIL : TOP RECOMMENDED
Strom Ngecas Aki Mobil-Motor 6-12V AUTOMATIC
Auto shutdown / otomatis berhenti jika aki penuh
Brand : Rayden
Rp. 335.000
cara menggunakan Charger Aki : Rayden
CARA COPOT : AKI DARI KAP MESIN
[#] Ring Plat : Kunci 10 [cadangan Ring Klem Aki Mobil]
Ring Bos M6 Putih
Rp. 1.500
FLANGE NUT : MUR TOPI M6 [Kunci 10]
Rp. 200
Mur Panjang : Long Nut 6mm [Kunci 10]
Rp. 1.700
Mur Kupu-Kupu : Uk 6mm [kunci 10]
Rp. 1.200
MUR STAINLESS STEEL : M6 KUNCI 10 [buat Mur Aki Mobil]
Rp. 500
Klem Kabel Besar
Rp. 2.500
Keleman Tekuk Lipat
Original Suzuki All Mobil Motor
Rp. 3.000
Ring Plat 10 Kuning
Rp. 100
Ring Merek HAUNI M8 Tebal 4 mi
Rp. 300
CARA COPOT : AKI DARI KAP MESIN
Cara Menggunakan : Tang Crimping
Cara memasang : Skun di Kabel
Cara Buka : Dashboard Kabel
Cara Melepas : Airbag Avanza
Beberapa Kesalahan : "Kabel Grounding" [Lampu Bisa putus semua]
GROUNDING AVANZA : SUPAYA IRIT BBM [hanya : satu kabel]
[1]. Cara Cek : Kebocoran Arus di mobil [Aki Mobil]
[2]. Cara Test : Alternator pengisian Aki
[3]. Cara Cek : ALTERNATOR [Dynamo Ampere] & AKI
[4]. Cara Cek atau kontrol Dynamo Amper [Alternator]
[5]. Cara Mengatasi : Indikator Aki Mobil yg TERUS Menyala [Karbon Brush TNS]
Cara Merespons : Lampu Oli Mobil yang Terus Menyala
[1]. Cara mudah ganti : carbon brush dinamo starter mobil Avanza
[2]. Cara Cek Starter mobil tanpa melepas
[3]. Cara ampuh ketika Relay Stater rusak
[4]. Cara atasi mobil tidak bisa starter
[5]. Suara mesin grand new avanza kasar