Rabu, 15 Januari 2020

Test Aki : Tang Amper & Multitester











  


CARA     MENGECEK
KEBOCORAN    ARUS   MOBIL 
[AKI  Mobil]








      A.     Cara  mengecek   Dengan   Alat     "Tang    Digital    Amper"  =     di  Minus  Aki





     [a].  Kebocoran   Arus  Listrik  Aki,  bisa  di Cek  dengan  dua  cara,  yaitu:
            Pada    saat    Mobil     menyala    [on]      &        pada  saat   mobil   Mati    [off]



     [b].  Kondisi  mesin  Mati   [off]



    [c].  Dengan    Menggunakan   Alat    =     "Tang    Digital  Amper"



    [d].  "Tang  Digital   Amper"    dinyalakan,
             lalu    "bibir   Tang"      tersebut    ditempelkan    pada     "Minus  Aki"


 
    [e].  Standar  Minimal dari  nilai  "Tang  Digital  Amper,  yaitu
           Minimal   =  13 .0.05



    [f].  Bila   lebih   dari   itu      [lebih  dari  0,05] , 
          Misalnya    0,1    bukan   0,05    berarti      "Ada    kemungkinan   Kebocoran  Arus"



[g].  Bila  muncul  angka     0,00  =  Masih  Normal     [Tidak  ada  Kebocoran]

 
       Bila  muncul  angka    0,02  =    Masih  Normal      [masih    dibawah    0,05]




  





     B.       Cara  mengecek  Dengan     "AVO  Meter  /  Multitester /  Multimeter"  =  di  AKI     [berfungsi  atau  tidak]






     [a].  Aki,   dicek    dengan  Multitester



     [b].  Kabel    Multitester    dihubungkan  kepada   masing-masing    kutub   Aki
            Perlu    diketahui,  kabel   aki  positif    dan   negatif     terlihat    dari   warna,
            yaitu
                         kabel    Plus      =    berkelir      Merah
                         kabel    Minus   =    dibalut       Hitam



    [c].  Bila  Angka  yang  muncul  pada  Monitor  Multitester  diatas  12  =  Normal       [tidak  ada  Kebocoran  Arus]
           Contoh   Misalnya    pada    Monitor      muncul  Angka   13.06  =  angka  tersebut  diatas  angka  12 =  Normal




     [d]. Bila  Angka  Muncul  dibawah   12  =  Angka  muncul    11    atau    10     atau   9,
          maka   Aki    Anda   =     Kurang  Strum,     jadi    Aki    Mobil      Harus   Di    Chass /    di-Charger]




     [e]. Bila  Angka  Muncul  diAtas   12  =  Angka  muncul   16  atau  20,
                                                                    maka  maka  Aki  Anda  = 
                                              Aki  Kelebihan Strum  / 
                                              Aki  Kelebihan  Strum / 
                                              Aki  Kebocoran  Arus  Strum
                                          jadi  "Cell   yang ada   didalam  Aki-nya"  akan  Rusak  /  Putus 
                                          karena  "Terlalu  Overhit   Kepanasan"  dan   Akan    merambat    Rusaknya    "AKI  mobil"





     [f]. Maksimal     Aki     "NORMAL"     
                                                           Mesin  off   =  13.04    [Aki  masih  Bagus]
                                                           Mesin  on   =  14.80    [Aki  masih  Bagus]





     [g]. Bila  Mesin  Di  nyalakan  [mesin  on]
                                                   Mesin  on   =  14.31     [Aki  masih  Bagus]





      [h]. Bila  Mesin  Di  nyalakan   [mesin  on]    +    Lampu  dinyalakan
                                                 Mesin  on   =  rata -rata   diangka   14.31    [Aki  masih  Bagus]



     [i]. Bila  Mesin  Di  nyalakan  [mesin  on]     +     Lampu   tidak    dinyalakan
                                                  Mesin  on   =  rata-rata  diangka 14.27 [Aki  masih  Bagus]




     [j]. Bila  Mesin  Di  nyalakan  [mesin  on]    +     nyalakan  AC    +     Nyalakan   Audio
                                                  Mesin  on   =  rata-rata    diangka    14.07     [Aki  masih  Bagus]



     [k]. Maksimal    Aki   "NORMAL"     = 
                                                   Mesin  off  =  12.04      [jangan  sampai  dibawah  12]
                                                   Mesin  on   =  14.80      [Aki  masih  Bagus]



     [l].  Bila  dibawah  12,  maka 
                  "tidak  bisa  Stater  /    ngga     kuat    Ngangkat    /    Aki   Tekor"




    [m].    Penggantian  Aki  dengan  aki  yang  Baru  adalah  minimal    3   Tahun
              [Karena  Aki  tidak  bisa   lagi    menyimpan   Arus    dari     Charger  Aki]














   
      Berikut   adalah   pedoman   indikator  kesehatan   Aki   12  Volt
      (untuk   mobil   dengan   aki   24   Volt,    angkanya    dikali 2),  yaitu   :



     [a].    AKI    =    SANGAT    BAIK   /    SEHAT,   yaitu    :
                              [a.a1]    Mesin   Hidup   :   Tegangan   kelistrikan       =      13.4   -   14.8     Volt
                              [a.a2]    Mesin   Mati       :   Tegangan  kelistrikan        =      11.9   -   12.8     Volt


     [b].    AKI    =    CUKUP  SEHAT,   yaitu    :   
                              [b.b1]    Mesin   Hidup     :    Tegangan   kelistrikan   =     13.2   -   13.4   Volt



     [c].    AKI    =    MEMERLUKAN    PERHATIAN    (CHECK)
                              [c.c1]     Mesin   Hidup  :    Tegangan   kelistrikan     =      12.8    -   13.2    Volt
                              [c.c2]     Mesin   Mati     :     Tegangan    kelistrikan    =      11.6    -   11.9   Volt



     [d].   AKI    =      BURUK  /    TIDAK   SEHAT   :
                               [d.d1]      Mesin   Mati      :    Tegangan   kelistrikan   =    <   11.6    Volt

















Ampere  Meter    &   Multi   Meter     [AVO  Meter]
           
  


                 Tang     Ampere    :       Multimeter   Digital      M266
                 Tang    Amper   Alat   Pengukur   Tegangan
Rp.  59.500



                Multi      Tester    DT830B     [AVO   Meter]
Rp.  28.000












Alat   Tes   Aki



      Berikut   adalah   pedoman   indikator  kesehatan   Aki   12  Volt
      (untuk   mobil   dengan   aki   24   Volt,    angkanya    dikali 2),  yaitu   :



     [a].    AKI    =    SANGAT    BAIK   /    SEHAT,   yaitu    :
                              [a.a1]    Mesin   Hidup   :   Tegangan   kelistrikan       =      13.4   -   14.8     Volt
                              [a.a2]    Mesin   Mati       :   Tegangan  kelistrikan        =      11.9   -   12.8     Volt


     [b].    AKI    =    CUKUP  SEHAT,   yaitu    :   
                              [b.b1]    Mesin   Hidup     :    Tegangan   kelistrikan   =     13.2   -   13.4   Volt



     [c].    AKI    =    MEMERLUKAN    PERHATIAN    (CHECK)
                              [c.c1]     Mesin   Hidup  :    Tegangan   kelistrikan     =      12.8    -   13.2    Volt
                              [c.c2]     Mesin   Mati     :     Tegangan    kelistrikan    =      11.6    -   11.9   Volt



     [d].   AKI    =      BURUK  /    TIDAK   SEHAT   :
                               [d.d1]      Mesin   Mati      :    Tegangan   kelistrikan   =    <   11.6    Volt



         ALAT    TESTER   AKI     12V      
         6   LED   INDIKATOR
Rp.  55.000



         ALAT    TESTER   AKI     12V      
         Battery    Tester    IWT  2028
Rp.  65.000


       ALAT    TESTER   AKI     100V      
       Dual  Volt   Ampere   Meter    100V  10A
       Combo  Ampere V  oltmeter
Rp.  25.500


          ALAT    TESTER   AKI     12V      
          0,56   Digital  Voltmeter   4.5-30V    DC   Merah
Rp.  10.500










  


        CHARGER   AKI    MOBIL   :     TOP    RECOMMENDED
        Strom   Ngecas   Aki   Mobil-Motor    6-12V   AUTOMATIC
        Auto    shutdown   /    otomatis berhenti   jika aki penuh
        Brand   :   Rayden
Rp.  335.000


       cara   menggunakan   Charger   Aki   :   Rayden





























           Test   Coolant   :       dengan     Volt  Meter



                        






    



          Test     kondisi    Coolant :      dengan   Volt Meter

      [a].  Arahkan     Multimeter    ke    20 Volt    DC.
               [a.1].   Probe    [negatif]     tempel    di   pole   negatif   Aki,
               [a.2].   Probe     [positif]     masukkan    ke    dalam   coolant,
                      


                      buka tutup radiatornya dulu, tapi jangan sampai probenya nempel di logam radiator,
                      untuk aerio aman karena letak mulut radiator agak menjorok
                       jadi ga langsung terlihat aluminium dari   kisi radiator.



      [b]. kondisi mesin  hidup    dan   di   gas   sampai   2000 rpm
      [c].  Kemudian,  Mesin   hidup   dengan   berbagai   perangkat   listrik   dinyalakan   satu   per    satu.
             batas   aman   adalah    0.3 Volt,    beberapa   ada   yang   mengatakan    0.4   Volt    masih   ok.
             [c.1].     + Lampu utama : -0.04 volt
             [c.2].     + Lampu utama + AC + Radio : -0.04 volt



     [d].   COOLANT   =      BURUK  /    TIDAK   SEHAT   :
                                         [d.d1]      Mesin   Hidup      :    Tegangan   kelistrikan   =    <   0.3  atau  < 0.4    Volt













  

Rangkuman  :


              [a].   Sebelum ganti   Coolant
                     [a.1].   Mesin   off    : 0.29 volt


              [b].   Setelah ganti   coolant
                      [b.1].  Mesin   off,    yaitu :     0.00 volt  (atau -0.02 volt  sebelum hidup sama sekali)
                      [b.2].  Mesin   on,    yaitu  :    -0.02 volt


              [c].   Setelah ganti   coolant
                       [c.1].      + Lampu   utama                          : -0.04 volt
                       [c.2].      + Lampu   utama + AC + Radio    : -0.04 volt


                     Much   better   daripada   sebelum   ganti    coolant.
                     Berapa    volt    di mobilmu ?