CARA MENGECEK
KEBOCORAN ARUS MOBIL
[AKI Mobil]
A. Cara mengecek
Dengan Alat "Tang Digital Amper" = di Minus Aki
[a]. Kebocoran Arus Listrik Aki,
bisa di Cek dengan
dua cara, yaitu:
Pada saat Mobil menyala [on] & pada
saat mobil Mati [off]
[b]. Kondisi
mesin Mati [off]
[c]. Dengan Menggunakan
Alat = "Tang Digital Amper"
[d]. "Tang Digital Amper" dinyalakan,
lalu "bibir
Tang" tersebut ditempelkan
pada "Minus Aki"
[e]. Standar
Minimal dari nilai "Tang Digital Amper, yaitu
Minimal
= 13 .0.05
[f]. Bila lebih dari itu [lebih
dari 0,05] ,
Misalnya
0,1 bukan 0,05 berarti
"Ada kemungkinan
Kebocoran Arus"
[g]. Bila muncul
angka 0,00 = Masih
Normal [Tidak ada
Kebocoran]
Bila
muncul angka 0,02 = Masih Normal [masih dibawah 0,05]
B. Cara mengecek
Dengan "AVO Meter /
Multitester /
Multimeter" = di AKI [berfungsi
atau tidak]
[a]. Aki, dicek dengan
Multitester
[b]. Kabel Multitester dihubungkan
kepada masing-masing kutub Aki
Perlu diketahui,
kabel aki positif
dan negatif
terlihat dari warna,
yaitu
kabel Plus = berkelir
Merah
kabel
Minus =
dibalut Hitam
[c]. Bila
Angka yang muncul
pada Monitor Multitester
diatas 12
= Normal [tidak ada
Kebocoran Arus]
Contoh Misalnya pada Monitor muncul
Angka 13.06
= angka tersebut
diatas angka 12 =
Normal
[d]. Bila Angka
Muncul dibawah 12
= Angka muncul 11 atau 10 atau
9,
maka Aki Anda = Kurang
Strum, jadi Aki Mobil Harus
Di Chass
/ di-Charger]
[e]. Bila
Angka Muncul diAtas
12 = Angka
muncul 16 atau
20,
maka
maka Aki Anda
=
Aki Kelebihan Strum /
Aki Kelebihan Strum /
Aki Kebocoran Arus
Strum
jadi "Cell yang ada didalam
Aki-nya" akan Rusak
/ Putus
karena "Terlalu Overhit Kepanasan" dan Akan merambat
Rusaknya "AKI
mobil"
[f]. Maksimal Aki "NORMAL" =
Mesin
off = 13.04
[Aki
masih Bagus]
Mesin on
= 14.80 [Aki
masih Bagus]
[g]. Bila Mesin
Di nyalakan [mesin
on]
Mesin
on = 14.31 [Aki
masih Bagus]
[h]. Bila Mesin
Di nyalakan [mesin
on] + Lampu
dinyalakan
Mesin
on = rata -rata diangka 14.31 [Aki masih
Bagus]
[i]. Bila Mesin
Di nyalakan [mesin
on] + Lampu tidak dinyalakan
Mesin
on = rata-rata
diangka 14.27 [Aki masih Bagus]
[j]. Bila Mesin
Di nyalakan [mesin
on] + nyalakan
AC + Nyalakan Audio
Mesin
on = rata-rata diangka 14.07 [Aki
masih Bagus]
[k]. Maksimal Aki "NORMAL"
=
Mesin
off = 12.04 [jangan sampai
dibawah 12]
Mesin
on = 14.80 [Aki
masih Bagus]
[l]. Bila
dibawah 12, maka
"tidak bisa
Stater / ngga kuat Ngangkat
/ Aki Tekor"
[m]. Penggantian Aki
dengan aki yang
Baru adalah minimal 3 Tahun
[Karena
Aki tidak bisa lagi menyimpan Arus dari Charger Aki]
Berikut adalah pedoman indikator kesehatan Aki 12 Volt
(untuk mobil dengan aki 24 Volt, angkanya dikali 2), yaitu :
[a]. AKI = SANGAT BAIK / SEHAT, yaitu :
[a.a1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.4 - 14.8 Volt
[a.a2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.9 - 12.8 Volt
[b]. AKI = CUKUP SEHAT, yaitu :
[b.b1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.2 - 13.4 Volt
[c]. AKI = MEMERLUKAN PERHATIAN (CHECK)
[c.c1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 12.8 - 13.2 Volt
[c.c2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.6 - 11.9 Volt
[d]. AKI = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = < 11.6 Volt
Ampere Meter & Multi Meter [AVO Meter]
Tang Ampere : Multimeter Digital M266
Tang Amper Alat Pengukur Tegangan
Rp. 59.500
Multi Tester DT830B [AVO Meter]
Rp. 28.000
Alat Tes Aki
Berikut adalah pedoman indikator kesehatan Aki 12 Volt
(untuk mobil dengan aki 24 Volt, angkanya dikali 2), yaitu :
[a]. AKI = SANGAT BAIK / SEHAT, yaitu :
[a.a1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.4 - 14.8 Volt
[a.a2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.9 - 12.8 Volt
[b]. AKI = CUKUP SEHAT, yaitu :
[b.b1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.2 - 13.4 Volt
[c]. AKI = MEMERLUKAN PERHATIAN (CHECK)
[c.c1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 12.8 - 13.2 Volt
[c.c2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.6 - 11.9 Volt
[d]. AKI = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = < 11.6 Volt
ALAT TESTER AKI 12V
6 LED INDIKATOR
Rp. 55.000
ALAT TESTER AKI 12V
Battery Tester IWT 2028
Rp. 65.000
ALAT TESTER AKI 100V
Dual Volt Ampere Meter 100V 10A
Combo Ampere V oltmeter
Rp. 25.500
ALAT TESTER AKI 12V
0,56 Digital Voltmeter 4.5-30V DC Merah
Rp. 10.500
CHARGER AKI MOBIL : TOP RECOMMENDED
Strom Ngecas Aki Mobil-Motor 6-12V AUTOMATIC
Auto shutdown / otomatis berhenti jika aki penuh
Brand : Rayden
Rp. 335.000
cara menggunakan Charger Aki : Rayden
Test Coolant : dengan Volt Meter
Test kondisi Coolant : dengan Volt Meter
[a]. Arahkan Multimeter ke 20 Volt DC.
[a.1]. Probe [negatif] tempel di pole negatif Aki,
[a.2]. Probe [positif] masukkan ke dalam coolant,
buka tutup radiatornya dulu, tapi jangan sampai probenya nempel di logam radiator,
untuk aerio aman karena letak mulut radiator agak menjorok
jadi ga langsung terlihat aluminium dari kisi radiator.
[b]. kondisi mesin hidup dan di gas sampai 2000 rpm
[c]. Kemudian, Mesin hidup dengan berbagai perangkat listrik dinyalakan satu per satu.
batas aman adalah 0.3 Volt, beberapa ada yang mengatakan 0.4 Volt masih ok.
[c.1]. + Lampu utama : -0.04 volt
[c.2]. + Lampu utama + AC + Radio : -0.04 volt
[d]. COOLANT = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = < 0.3 atau < 0.4 Volt
Rangkuman :
[a]. Sebelum ganti Coolant
[a.1]. Mesin off : 0.29 volt
[b]. Setelah ganti coolant
[b.1]. Mesin off, yaitu : 0.00 volt (atau -0.02 volt sebelum hidup sama sekali)
[b.2]. Mesin on, yaitu : -0.02 volt
[c]. Setelah ganti coolant
[c.1]. + Lampu utama : -0.04 volt
[c.2]. + Lampu utama + AC + Radio : -0.04 volt
Much better daripada sebelum ganti coolant.
Berapa volt di mobilmu ?