Jumat, 20 September 2019

Tune - Up Mobil












   Tune - Up    Mobil




      Tanda-tanda   Mobil   Butuh   Tune-Up
      Sebelum  kondisi  mobil  menjadi  parah,   Sahabat  perlu   mengetahuin  tanda-tanda  wajib
      bila mobil sudah   harus   di   Tune-Up.

      Melansir  dari   laman  showroom   mobil,   berikut  5   tanda   yang   perlu   Sahabat   ketahui   :


     1.   Service   Saat    Menempuh    Jarak    5.000   Km
           Sama  halnya  dengan   mengganti   oli,    akan   lebih  baik  jika   Tune-Up
           dilakukan   setiap   menempuh   jarak   5.000 km.
           Tak  hanya  dapat   mengembalikan  semua   fungsi   mesin,   
           namun   tune up   ini  juga   menjadi   upaya   agar   menjaga   kondisi  mobil  tetap  awet.

           Sahabat   bisa   melakukan   Tune-Up   3   bulan  sekali   atau 
           Berbarengan   ketika   melakukan   service   rutin.

          Pengecualian   :    Bila  Mobil  Anda  adalah    Mobil    bekas
                                          maka  lakukanlah    Tune-Up     satu    hingga   dua   kali     selama   satu  bulan.
                                                   Dibarengi  dengan  penggantian  TIMING  BELT 
                                                   Untuk  Timing  Belt  mesin  Bensin  =  diganti  setiap   40.000   Km  -   60.000  Km,
                                                   Untuk  Timing  Belt  mesin  Diesel   =  diganti  setiap  100.000  Km
                                                          http://zipitrans.com/12-cara-merawat-mobil-bekas-yang-baik-dan-benar/
                                                          https://eruntahmi.blogspot.com/2019/09/sparepart-mobil-primer.html


                                


           Namun,   pada  umumnya   mobil  di   Tune-Up    5000  km   atau    setiap  10.000    km,
           tergantung   bengkel nya    juga sih    mematok berapa.

           Tune-Up    ini   hanya   berada   di  lingkup   bagian  mesin   saja,
            Jadi   tidak  sampai  ke  bagian   chasis,     pemindah daya    atau    kelistrikan.

           Tune-Up     adalah   suatu   pekerjaan   yang   biasanya   dilakukan   secara   rutin
           dan   dapat    berupa  :  
                                            pemeriksaan,   pengukuran,   penyetelan,
                                            perawatan   sampai   penggantian   komponen jika diperlukan,
                                            berada  pada   lingkup  bagian  mesin  saja,
                                            serta   bertujuan   memaksimalkan  (up)   performa   mesin.


            Beberapa   pekerjaan   saat   Tune-Up     diantaranya   yaitu :

                                                                                     Pemeriksaan   sistem    pendingin
                                                                                     Pemeriksaan   sistem    pelumasan
                                                                                     Pemeriksaan   sistem    bahan   bakar
                                                                                     Pemeriksaan   sistem    pengapian
                                                                                                 Penyetelan    katup
                                                                                                 dan   seterusnya  ......







    2.   Suara    Mesin    Kasar
          Jika  Sahabat   mendengarkan   suara   mesin   mobil   yang   berubah   menjadi   kasar  
          seperti   menggerung   ketika   baru   saja   dinyalakan
          bahkan  hingga   mobil   dijalankan.  Maka   menjadi   tanda-tanda   mobil   butuh   Tune-Up   
          yang   harus   Sahabat   perhatikan.

          Jangan  menunda   lagi   dan  segera   bawa   mobil   ke  bengkel   untuk  segera   melakukan  Tune-Up   
          yang  sesuai   dengan  spesifikasi   mobil.

          Jika Sahabat   membiarkannya  terlalu  lama   malah  hal  ini  akan  menyebabkan   kerusakan   pada   mesin.





    3.   Mobil   Sulit   Dinyalakan
          Ketika  mobil  sulit  sekali  dinyalakan,   maka  penyebab   starter  mobil  lemah  
          mungkin saja   dikarenakan   pengaturan   pada   mesin   mobil.
          Jika  hal  ini  sudah  terjadi  maka  segera  lakukan    Tune-Up   
          agar   mobil  dapat   kembali  lagi   ke kondisi   normalnya.




     4.   Mobil   Bergetar
           Penyebab   mobil   bergetar   tak   hanya   disebabkan   karena   mobil  
           yang   belum   melakukan  spooring    atau   balancing,




         Namun   penyebab   lainnya   bisa  dikarenakan  mobil  yang  sudah  seharunys  melakukan   Tune-Up.
         Sehingga  jika  kondisi  mobil  sudah  sampai  sepert i ini,
         maka  segera   lakukan   tindakan    Tune-Up,   agar    tidak   memperparah  keadaan.





     5.   Peforma   Gas   Melambat
           Saat   peforma  gas  menjadi  melambat, dapat   disebabkan  karena   mobil
           yang   memang sudah s eharusnya melakukan Tune-Up

           Jika kondisi   peforma   gas   menjadi  melambat
           maka  tentu  saja   tarikan  mesin  menjadi melambat   dan   membuat   mobil  sulit   untuk   dipacu.

           Setelah   Sahabat   melakukan   Tune-Up   mobil   hingga   selesai    dan   mesin    dinyalakan,
           maka  perhatikan   kembali  semua   komponen-komponen    mesin
           apakah   sudah   terpasang   kembali  diposisi    semula.

           Jika  semua   komponen  sudah   terpasang   kembali,   maka cobalah untuk menghidupkan mesin kembali
           Pada   putaran   stasioner  selama   beberapa   menit.

           Selama  mesin   berputar,   maka  cobalah  
           untuk   mendengarkan   bunyi   mesin     sambil    menaikkan  putaran    mesin   perlahan.


           Jangan  lupa   pula   untuk   memperhatikan  getaran    hingga   pada    asap   knalpot   mobil.
           Jika   memang  Sahabat   yakin   tidak  ada   masalah   lagi   dan   semuanya   berjalan  normal,

           Maka  proses     Tune-Up   selesai.
           Lakukan      Tune-Up     secara   rutin   sehingga    kondisi   mesin   terjaga
           dan   mobil   tidak   boros   bahan   bakar.



















    Alat -  Alat  untuk    Tune-Up      Mobil,     yaitu : 
                                                                                      [#a]   kunci   shock      nomer    10   mm
                                                                                      [#b]   kunci   shock      nomer    12   mm

                                                                                      [#c]   kunci    busi         nomer    16   mm
                                                                                      [#d]   kunci    pas          nomer    10  &  12
                                                                                      [#e]   gagang    kunci    shok  &    kunci    T

                                                                                       [#f]   Kunci   ring
                                                                                      [#g]   Obeng    plus    &    minus

                                                                                      [#h]   Pengukur   celah      (feeler   gauge)

                                                                                       [#i]   Ampelas
                                                                                       [#j]   Timing   light

                                                                                      [#k]   Alat     Tes    Kompresi

                                                                                       [#l]   Kain  lap

         Kunci   Moment  &    Multi   Meter  (Avo Meter)  &   Engine  Tune  Up  Tester   & 
         Spring   Scale   &    Mistar  Baja    &   Sikat   Baja    & 
         Kompresor  &   Air  Gun   &    Hidrometer  Radiator  Tester



       Feeler    Gauge     [Alat   Pengukur   Celah]
    Rp.  27.000











Langkah  -  Langkah    
Pengerjaan    Tune-Up      


      Langkah-Langkah    Pengerjaan    Tune-Up      
      Pengerjaan    tune-up   harus   berurutan   supaya   tidak  mengganggu  
      proses   perbaikan   pada   komponen  lainnya.

      Pengerjaan   dimulai   dengan   membersihkan    atau     mengganti   saringan    udara.



      1.    Saringan   Udara       (Air  Filter)
             Bagian  ini   lebih   mudah  dan   lebih  enak  untuk   dibongkar   dibandingkan
             dengan   komponen  yang   lain.

             Saringan  udara   merupakan  komponen  mesin  yang   paling  dingin  
             Dibandingkan   dengan    komponen   yang    lain  setelah   mesin   dihidupkan.

             Saringan   udara   atau  filter   terleta k di dalam   kotak   berbentuk   lingkaran   yang   menyerupai   piring.
             Kotak  tersebut    terbuat   dari   pelat  besi   biasa.

             Saat pengapian,    putaran   stasioner    sangat   dipengaruhi    oleh   saringan   udara.
             Penyetelan  idle    juga  dipengaruhi   oleh    saringan   udara.

              Buka   bagian   cover   air   filter,    apabila   filter   terbuat   dari    busa
              maka Anda   bisa   mencucinya   dengan   air  sabun   
              kemudian  dikeringkan   sampai   tidak  ada  lagi   air  tersisa.

              Namun bila  filter  terbuat   dari   kertas   berpelumas,
              Anda   tidak perlu  mencuci   tapi  sebaiknya   ganti   baru.








      2.    Platina
             Mobil  lawas   umumnya   masih   memakai  platina  untuk  mengatur   Timing pembakaran.
             Platina  terletak   di dalam  distributor.
             Platina  perlu  diperiksa   terlebih  dahulu  sebelum  menyetel  saat  pengapian  dan  putaran  stasioner.

             Setelah  platina  dibersihkan  dan  dipasang,   timing  pengapian  pasti  berubah
             karena  celah   platina  berubah   juga.
             Putaran  stasioner   juga  dipengaruhi  oleh  celah   platina.

             Jika  celah platina lebih besar,   saat  pengapian  akan  maju sedikit  dan  putaran   stasioner  akan  turun.
             Sebaliknya,  jika  celah  platina  lebih  sempit,
             saat  pengapian   akan  mundur  tapi   putaran   stasioner  akan  naik  sedikit.

             Perubahan  putaran  stasioner  tersebut   tidak  begitu besar,
             tapi  perlu  diperhatikan  untuk  ketelitian  hasil  servis.

             Dalam pemasangan  platina  ini   perhatikan   bagian  kabel.
             Kabel  yang   terkelupas  dan   terkena   bodi  bisa   menyebabkan  hubungan  singkat  dengan  bodi  mesin.
             Bila  sudah  konslet,   maka  platina   tidak  bisa  menghasilkan  listrik  untuk   ke busi.

            Dalam  pemasangan  platina  ini  perhatikan  kabel
            karena   bisa   menyebabkan  hubungan  singkat   dengan   bodi  mesin.

            Hubungan  singkat   dengan  bodi  mesin  mengakibatkan
            tidak  terjadinya   loncatan   bunga   api  pada   busi.
            Apabila   mobil  sudah   menggunakan  CDI   maka   tidak  perlu   melewati   tahapan  ini.



  
            [a].  https://www.youtube.com/watch?v=jrbGa8N4iAQ
            [b].  https://www.youtube.com/watch?v=A0lUs3N_Llg
            [c].  https://www.youtube.com/watch?v=wJZDIQmzmuw
            [d].  https://www.youtube.com/watch?v=HA8oVnUd8ao
            [e].  https://www.youtube.com/watch?v=lE5eQJa_Qf4
            [f].  https://www.youtube.com/watch?v=s44yeCjsppg
            [g].  https://www.youtube.com/watch?v=wWdyN83PT20



          T C I   atau   CDI   Double  Power   PENGGANTI fungsi   PLATINA  UNTUK   MOBIL
           =======================================================

          Rp.  73.900



  hanya  yg  ASLI  ada  huruf  timbul  TSD  elektronik  di kertas   petunjuknya.
  TCI / CDI  eksternal  delco    (CDI diluar delco langsung sambung kabel  tanpa  bongkar  delco).

   sdh   DOUBLE POWER dan   Waterproof  /   Tahan  AIR.
   DOUBLE POWER
   ada  kertas  petunjuk   pemasangan

   CDI nya  saja  tanpa  delco,   delco   tetap  pakai  yang   lama.

   KHUSUS UNTUK :
                 [a].   Semua  tipe  mobil yg  masih  memakai  platina  dan    satu   koil   tunggal.
                 {b}.   Bisa untuk 2,3,4,6   sampai   8 silinder  /    busi.

  CONTOH :   suzuki carry, jimny, katana, forsa // toyota kijang, corolla, corona,
                      hardtop // daihatsu hijet, zebra, charade, classy, espass, winner // mitsubishi L300,
                      galant lama, lancer lama // VW kodok, combi // Fiat // vantrend, mazda, dll.







  

      3.    Tutup     Distributor ,       Busi,       dan    Kabel    Busi
             Perbaikan  di beberapa   bagian   ini   dilakukan  secara   berurutan,    untuk   menghemat  waktu.
             Pemeriksaan  tutup  ditributor   sebaiknya   jangan  dilakukan  setelah   mesin   dihidupkan.

             Pada  bagian  ini,   periksa   juga   kabel  busi   apabila  terkelupas   atau   rusak.
             Nyala  api   busi   sangat   dipengaruhi   oleh   kondisi   kabel-kabel   businya.

             Langkah  selanjutnya   yaitu  buka   busi   untuk  memeriksa   elektroda,
             yang   meliputi   kebersihan   dan   celah   elektrodanya    [Pantat  busi].

              Elektroda  yang   kotor   harus   diampelas    dengan   ampelas   besi,
              Lalu   setel   ulang   celah  elektroda    sesuai   standar   pabrikan.

              Daya   kotoran  pada   kedua   elektroda  busi   
              bisa   mengakibatkan  terhalangnya   jalan   loncatan   bunga   api   listrik.


            Penggantian    Beberapa    BUSI    pada    Tabung   Silinder   Mobil
            Busi  untuk  mobil  4  silinder  &    6  silinder


   

   Tutup   Distributor    Delco   Toyota
   Rp.  90.000


   Rotor   Delco   Great   Corolla AE101, TwinCam AE92
   Rp.  48.000



   Kabel   Busi  Toyota   Kijang  Karburator.   SEIWA   JAPAN
   Rp.  140.000




   TUTUP   DELCO   +     KABEL   BUSI
   Rp.  750.000









     4.     Celah    Katup
              Selagi   busi   belum  terpasang,   Anda   bisa   menyetel   celah  katup.
               Penyetelan  celah  katup   dalam   keadaan  mesin   tanpa   busi  
               maka mesin  akan  lebih  ringan   diputar
               saat   mencari   posisi   top   kompresi   masing-masing  silinder.

              Anda  yang  masih  pemula  perlu   benar-benar   memahami  cara   mengatur  celah  klep
              dan   mencari   posisi    top   kompresi.

             Apabila   masih  kurang  yakin,   bisa   meminta bimbingan  orang   yang   lebih  paham
             Soal    mengatur   celah   klep   karena   tiap  jenis   mobil   berbeda   setelannya.



       Feeler    Gauge     [Alat   Pengukur   Celah]
    Rp.  27.000
  

                 https://www.youtube.com/watch?v=Wapq8zMocyc
            PENGUKURAN DAN PENYETELAN CELAH   KATUP, 
            bisa  anda  pelajari  dari  link  berikut  ini  :


  










      5.     Penyetelan    idle    &     Pengapian
              Langkah    terakhir  yaitu   penyetelan   pengapian,    kemudian    idle   mobil.
               Prinsip  penyetelan   pengapian   adalah   memutar distributor   dalam   keadaan   mesin  hidup
              sampai   memperoleh   bunyi   mesin
              yang   paling   halus  dengan  tenaga   yang   paling  besar.

               Sementara itu  untuk   idle,    bertujuan   menyetel  campuran   antara   udara   
              dengan   bensin   pada   kondisi   langsam   atau   stasioner.

              Jadi  sebelum  menyetel  campuran   idle,   putaran   mesinnya   harus   stasioner   terlebih  dahulu.
              Jika  setelah   penyetelan   idle,    kemudian   putaran   stasionernya   berubah,
              putaran   stasionernya   harus   disetel   ulang.


               Langsam
              Actuator   isc    idle   Speed   Control    Atau   Switc  Thotle   Body  Avanza   Xenia
         Rp.  82.500
  












      6.   Accu
            Air  accu   harus   cukup,   yakni   ketinggiannya  antara   garis   batas   atas   (upper level)
            dan  garis  batas  bawah   (lower level).   Jika   air  accu   jumlahnya   kurang,
            tambahkan  dengan  accu  zur    secukupnya.

            Ketinggian   air accu   pada   prinsipnya  adalah   merendam   seluruh   sel-sel accu
            sekurang-kurangnya   1 cm   di atas   sel-sel    accu    tersebut.

            Jika mobil  menggunakan  accu  kering,   perawatannya   menjadi   lebih  mudah
            karena   tidak  memerlukan  air accu   yang   bisa   berkurang   karena   penguapan.

            Kutub-kutub  accu   juga  harus  bersih,    tidak kotor   oleh   jamur  atau   sejenisnya.

             Namun,   harga   accu   kering    lebih  mahal  sehingga  masih  banyak   mobil
             Yang   menggunakan   accu   basah.

             Air   accu   yang   kurang    (di bawah   standar)   berakibat   reaksi   pada   accu   tidak  maksimal,
             sehingga  arus   yang   dihasilkannya   tidak  mencukupi  
            untuk  memenuhi  kebutuhan   listrik  pada  mobil.

             Bersihkan   juga   kutub-kutub  accu  dari   jamur  dan   karat.
             Jamur  pada  kutub-kutub   accu   bisa   dibersihkan  dengan   air  hangat,

            Sedangkan   karat   yang   mengotori  kutub-kutub   accu   harus   dibersihkan  dengan  ampelas.

             Bagian  klem  atau  penjepit  kabel  accu   dengan   kutub- kutubnya   juga  harus   diperiksa.
             Jika  klem   kendor,    mesin   akan  mati  karena   busi  tidak  mengalirkan  bunga  api.



            Amplas   Besi
       Rp.  3.500

  

              Air    Accu   Zuur    Keras   Botol   Kecil   Cairan   Aki  Zur   Tutup   Merah
       Rp.  8.000




             Pengertian  Air   Aki   Zuur   (Keras)    &     Air   Aki   Biasa   (Air Hujan)
             Air  aki  yang   diperjualbelikan  dipasaran  umunya   terdapat   dalam dua kemasan,
             yang  satu  kemasannya   berwarna  merah   dan   satunya   lagi   berwarna   biru,
             walau   kadang  yang   berwarna   hanya   bagian   label   dan  tutupnya  saja.

               Adanya   perbedaan   warna   dalam  kemasan  ini  menandakan  
              Bahwa   kedua   jenis  air aki   ini   memiliki fungsi   yang   berbeda,
              Walau   kadang   orang   menyebutnya  dengan  sebutan  yang  sama  pada  saat  mau  membeli.

              Hanya  bilang   'mau beli air aki'. 
              Nah,  kami  sebagai   penjual   biasanya  akan   menanyai  si   pembeli,
              'mau air  aki   keras    atau   air  aki  yang   buat   nambah?'.

              Disinilah si   pembeli  mulai  bingung  dan   mikir   'emang  apa  bedanya?'

              Air  aki   yang  dikemas dengan  label  dan   tutup   botol   berwarna   merah  
              Biasa   disebut   air  aki   zuur,    atau   ada   juga   yang   bilang   air  aki  keras.

              Air   aki  zuur   ini   adalah   air  yang  dipakai  untuk  isi   aki   pertama   kali
              karena  mengandung  elektrolit  berupa   asam  sulfat.

              Asam sulfat   yang   mempunyai   rumus  kimia H2SO4   ini
              merupakan   elektrolit  kuat  yang   dapat    menyimpan   dan   menghantarkan   arus  listrik.

              Sedangkan   air aki  yang   berciri  kas  label  dan  tutup  biru  ini   adalah   air  biasa
              yang   sudah   mengalami  demineralisasi.
              Air  ini   tidak  mengandung  logam sama  sekali,
              dan  karena  sifatnya  yang   bebas  dari   mineral  maka air ini  diberikan  sebagai   penambah
              saat   kondisi air  dalam aki   sudah   mula i berkurang
              atau   mendekati   atau   mendekati  garis    batas   bagian   bawah    (lower level).
              Hal   ini tidak  akan  menambah berat   jenis   H2SO4
              yang   masih  ada   sehingga   kandungan   mineralnya   tetap,
              tetapi  hanya   cairan   volumenya  saja   yang   bertambah.
              Kalau di daerah   Belitang,    air  aki  tawar   ini   ada   yang   menyebutnya   air  hujan.









      7.     Positive   Crank   Case   Ventilation    (PCV)
              PCV    adalah   sistem   ventilasi   ruang    engkol.
              Uap  bensin   yang   bocor   ke dalam   ruang  engkol  dialirkan   kembali  ke  ruang  bakar  mesin
              melalui  sebuah   selang  yang   menghubungkan   ruang   engkol   ke   intake   manifold.


              PCV  atau   Positive  Crankcase   Ventilation   adalah 
              sistem   mesin   yang   mengeluarkan    uap  gas  dari   ruang   mesin
              dan   mengalirkan  uap  ini   balik   ke silinder  untuk   proses   pembakaran.

              Part   terpenting  dalam   sistem   PCV   ini   adalah   PCV  valve.

              Fungsi     katup   PCV     atau     PCV  valve    adalah
              untuk   mengontrol     jumlah  uap   dan   gas    yang  masuk  dari   ruang   mesin  ke   intake   manifold.


              Dalam  servis   PCV,    yang   perlu   diperiksa  adalah   kerja   katup   PCV
              Dan   kerapatan   selang-selangnya.
              Katup   PCV   yang   telah  rusak   sebaiknya   diganti   dengan   yang   baru.



              Gejala   yang   menunjukkan  bahwa   mobil  Anda   perlu   ganti   PCV   valve,   yaitu   :

                                                            Terdapat   kebocoran   gas    di   Mesin
                                                            Terdengar   suara    mendesis   pada    Mesin
                                                             Mesin   mobil   menjadi   tidak   efisien
                                                             Konsumsi    bahan  bakar   menjadi   boros








        PCV   Tutup    Klep    Avanza  Xenia   Calya
        Sensor   Valep   Katup   PVC 
Rp.  54.000










      8.    Pengapian
             Prinsip   penyetelan  saat   pengapian   adalah   memutar   distributor   dalam   keadaan   mesin   hidup
             Sampai   memperoleh  bunyi   mesin   yang   paling  halus
             dengan   tenaga   yang   paling  besar.

             Prinsip  penyetelan   ini   bisa   dijadikan   pedoman,
             jika  penyetelan  saat   pengapian   dilakukan
             tanpa   menggunakan   Timing-light      (penyetelan   pengapian)    atau     alat   bantu   lainnya.

             [1].  https://www.youtube.com/watch?v=liOcRlqTN4s
             [2].  https://www.youtube.com/watch?v=evrvUJaLcLs
             [3].  https://www.youtube.com/watch?v=EyuCwLoNCjs
             [4].  https://www.youtube.com/watch?v=wPMQK1uGJwc






      9.    idle
             Penyetelan   idle   merupakan  penyetelan   yang  paling  akhir   dalam   Tune-Up    mesin   mobil.
             Idle  sangat    dipengaruhi   oleh   berbagai   komponen  mesin.

             Menyetel   idle   pada   prinsipnya   adalah  
             menyetel   campuran   antara    udara    dengan   bensin   pada    putaran   idling.

             Jadi   sebelum   menyetel   campuran   idle,
             putaran   mesinnya   harus   stasioner   terlebih   dahulu.

             Jika setelah penyetelan idle,
             kemudian   putaran    stasionernya   berubah,     putaran   stasionernya   harus   disetel   ulang.











     10.   Tali    Kipas    atau      FanBelt    atau      V   Belt
             Kekencangan   tali   kipas   berpengaruh   terhadap   pendinginan  dan   putaran   alternator.

            Jika    tali  kipas  kendor,   putaran  mesin
             tidak  bisa  memutar kipas  pendingin  dengan   baik  karena   selip.

            Akibatnya,    pendinginan  oleh  kipas  tidak  sesuai   
            dengan   putaran  mesin   sehingga   mesin   menjadi   panas.

           Selain  itu,    putaran  alternator   juga  tidak  bisa  maksimum
           sehingga   pengisian    ke   baterai    kurang   baik.





           Tali    Kipas    FanBelt     Avanza  Xenia   Calya  1.3cc
      Rp. 65.000