Trik Praktek :
Tune - Up
& Gurah Kerak
Mesin
Avanza Xenia
Calya
SERVIS RINGAN
Tune-Up servis
Ringan & Gurah Kerak
Mesin ,
dengan Vacum carbon
Cleaner, yaitu :
1.
Service Saat Menempuh
Jarak 5.000 Km
Sama
halnya dengan mengganti
oli, akan lebih baik
jika Tune-Up
dilakukan
setiap menempuh jarak 5.000 km.
Tak
hanya dapat mengembalikan semua
fungsi mesin,
namun
tune up ini juga menjadi
upaya agar menjaga kondisi mobil
tetap awet.
Sahabat
bisa melakukan Tune-Up 3
bulan sekali atau
Berbarengan ketika melakukan
service rutin
& Ganti Oli.
2. Alat
- Alat untuk
Tune-Up Servis Ringan, yaitu
:
[#] kunci
shock nomer 10 mm
[#] kunci
shock nomer 12 mm
[#]
kunci busi nomer
16 mm
[#]
kunci pas
nomer 10
& 12
[#]
gagang kunci shok
3. Membuka : Terminal Aki Min (-)
atau baut
aki (-) ,
bertujuan agar
tidak terjadi konsleting
dalam proses pengerjaan Tune-Up Servis Ringan
:
4. Membuka : Tutup Filter
Udara
5. Melepas : Baut Pengikat Oksigen
Oxygen Sensor, O2 sensor adalah
sensor gas buang,
sensor oksigen berfungsi untuk mendeteksi
oksigen
didalam gas buang hasil pembakaran mesin,
oksigen sensor terletak di knalpot
atau exhaust
manifold.
Dengan menggunakan
: [#] kunci
shock nomer 10 mm
6. Melepas Socket : Intake Air Temperatura
(IAT) Sensor
Sensor temperatur udara
masuk,
Sensor temperatur udara masuk berada di filter udara
yang berfungsi untuk
mendeteksi berapa derajat celsius suhu udara
yang masuk di ruang
filter udara sebelum
ke mesin.
Dengan menggunakan
: Tangan anda
7. Melepas Socket : (VSV) Actuator atau
Vacuum Switching Valve (EVAP)
Actuator
Dan juga Melepas : dua
buah selang
VSV
VSV bukanlah sensor
tetapi aktuator,
fungsi katup vsv (EVAP) adalah untuk membuka saluran uap bensin
dari tanki melalui charcoal
canister,
uap bensin dari tanki tersebut akan ikut terbakar
didalam mesin.
Katup vsv biasanya bekerja
setelah kondisi mesin sudah panas.
Dengan menggunakan
: Tangan anda
8. Melepas Socket : MAP Sensor
MAP Sensor, Map
sensor terletak
di rumah filter udara,
memiliki tiga kabel
yang berfungsi
untuk mendeteksi kevacuuman
pada intake manifol atau
camber.
Dengan menggunakan
: Tangan anda
9. Melepas Socket : ISC atau
Idle Speed Control Valve
atau Langsam
ISC termasuk
aktuator, sesuai dengan
namanya ISC
valve adalah sparepart
Atau komponen
yang berfungsi
untuk mengatur putaran
mesin saat idel atau Langsam atau stationer.
Dengan menggunakan
: Tangan anda
10. Melepas : Kabel Gas
Dengan
menggunakan : [#]
2 buah kunci pas Ring nomer
12
11. Melepas Socket : empat soket Koil Busi
atau socket coil
Dengan menggunakan
: Tangan
anda
12. Melepas Baut : empat baut Koil Busi
Dengan menggunakan
: [#] kunci shock nomer
10
mm
13. Melepas Coil : empat Koil Busi
Dengan menggunakan
: Tangan
anda
14. Melepas Busi : empat Busi
Dengan menggunakan
: [#] kunci busi nomer
16
mm
[#] 1 buah tutup koil busi
15. Melepas :
soket Throttle Body & Throttle Body Position Sensor
atau (TPS)
TPS atau Throttle
Position Sensor
TPS atau Sensor,
Posisi Throttle
terletak di throttle body atau katup gas,
Berfungsi untuk
mengetahui berapa persen katup gas
(throttle valve) dibuka
atau seberapa lebar katup gas terbuka saat pedal gas
diinjak.
15.a. Melepas Baut & Bracket : dua buah Baut &
Bracket (TPS)
Dengan menggunakan : [#] kunci pas
Ring nomer 12
15.b. Melepas :
Baut pengikat
TPS
Dengan menggunakan : [#]
kunci shock
nomer 10
mm [ 2 baut 10]
Dengan menggunakan : [#]
kunci shock
nomer 12
mm [ 2 baut 12]
15.c. Melepas :
Throttle Body TPS &
Melepas SELANG HAWA
&
Melepas
karet seal oring Throttle
Body
Dengan
menggunakan : Tangan
anda
15.d. Melepas Baut : dua buah baut ISC Idle Speed Control
Valve
atau baut Langsam
atau baut Langsam
Dengan
menggunakan : Obeng
Kembang
Dengan menggunakan : SPIDOL permanen
Dengan menggunakan : SPIDOL permanen
15.e. Melepas : ISC Idle Speed Control
Valve atau Langsam
Dengan
menggunakan : Tangan
Anda
16. Membersihkan : Throttle Body Position
Sensor atau (TPS)
Dengan alat : Tabung semprot Vacum
Carbon Cleaner SR15 &
Sarung tangan
&
Bak
Baskom Kotak plastik KB001-A Serbaguna :
Litter Box Tempat Pasir Kucing
P
x L x T = 36 x 30 x 12 cm
Terpal / kardus
bekas & Spidol Permanen
Tisu kering
& Palu Martil & Feeler Gauge [Alat Pengukur Celah]
Obeng kembang
16.a. Membersihkan : Throttle
Body
Dengan alat : Tabung semprot
Vacum Carbon Cleaner SR15
16.b. Membersihkan : Throttle
Body & ISC atau
Idle Speed
Control Valve atau Langsam
Dengan alat : Tisu Kering
16.c. Membersihkan : empat buah BUSI
Dengan alat : Tabung semprot
Vacum Carbon Cleaner
SR15
Dengan alat : Tisu
Kering
17. Mengukur : empat buah celah BUSI agar berukuran tepat
0,8 mm
Dengan alat
: Feeler
Gauge [Alat Pengukur
Celah]
Dengan alat :
Palu Martil
18. Memasang :
ISC Idle Speed Control
Valve atau Langsam
ke Throttle
Body Position Sensor
atau (TPS)
Dengan alat :
Obeng kembang
19. Memasang Busi : empat buah BUSI
ke empat lubang
Cylinder Head atau lubang silinder busi
Dengan alat : Tangan Anda
20. Mengencangkan :
empat buah BUSI
ke empat lubang
Cylinder Head atau lubang silinder busi
Dengan
menggunakan : [#] kunci
busi nomer
16 mm
[#] gagang kunci
shok
21. Memasang Koil :
empat Koil Busi
Dengan
menggunakan : Tangan
anda
22. Memasang Baut : empat baut Koil Busi
Dengan
menggunakan : [#] kunci
shock nomer 10
mm
23. Memasang Socket
: empat soket
Koil
Busi atau
socket coil
Dengan
menggunakan : Tangan
anda
24. Memasang : Throttle Body TPS &
Memasang SELANG HAWA
&
Memasang karet seal oring
Throttle Body
Dengan menggunakan
: Tangan anda
25. Memasang Baut :
dua buah baut ISC Idle Speed Control
Valve
Dengan
menggunakan : Kunci
shock 10 [baut
10]
Dengan
menggunakan : Kunci
shock 12 [baut
12]
26. Memasang : Baut pengikat Throttle
Body TPS
Dengan
menggunakan : [#] kunci
shock nomer 10
mm [ 2 baut 10]
Dengan
menggunakan : [#] kunci
shock nomer 12
mm [ 2 baut 12]
27. Memasang Baut & Bracket : dua buah Baut &
Bracket (TPS)
Dengan
menggunakan : [#] kunci
pas
Ring nomer 12
28. Memasang
:
soket Throttle Body & Throttle Body Position Sensor
atau (TPS)
Dengan
menggunakan : Tangan
anda
29. Memasang : soket
ISC Idle
Speed Control Valve
atau Langsam
Dengan menggunakan
: Tangan Anda
30. Memasang : Kabel Gas
Dengan
menggunakan : [#] 2 buah kunci
pas
Ring nomer 12
31. Memasang : Baut Pengikat Oksigen
Dengan
menggunakan : [#] kunci
shock nomer 10 mm
32. Memasang : Box Tutup
Filter Udara
Dengan
menggunakan
: Tangan anda &
Kunci shock
33. Memasang
Socket : Intake Air Temperatura
(IAT) Sensor
Dengan menggunakan
: Tangan anda
34. Memasang Socket
: (VSV) Actuator atau
Vacuum
Switching Valve (EVAP)
Actuator
Dan juga Memasang : dua
buah
selang VSV
Dengan
menggunakan : Tangan
anda
35. Memasang
Socket : MAP Sensor
Dengan
menggunakan : Tangan
anda
36. Membersihkan : Ke lubang Throttle Body Baut Pengikat Oksigen
Baut
Pengikat Oksigen & membersihkannya
Dengan alat :
Tabung semprot Vacum Carbon Cleaner
SR15
37. Memasang : Terminal Aki Min (-)
atau
baut
aki
38. Menghidupkan mesin : Menghidupkan Mesin dengan kunci starter
39. Menghidupkan mesin :
dan mengecek
suara gas diselang gas tersebut
dan
sambi l menyemprotkan
Vacum Carbon Cleaner
SR15
Ke lubang Throttle Body Baut Pengikat Oksigen
Dengan alat : Tangan Anda
Dengan alat :
Tabung semprot Vacum Carbon Cleaner
SR15
40. Mematikan Langsam : Mematikan mesin
Dengan alat : kunci kontak
mobil
41. Memasang
: Filter Udara & Mengunci
Box filter udara
Dengan alat Tangan
Anda
SERVIS BESAR
Tune-Up Servis
Besar & Gurah
Kerak Mesin ,
dengan Vacum carbon Cleaner, yaitu :
1. Service
Saat Menempuh Jarak 5.000 Km
Sama halnya dengan mengganti
oli, akan lebih baik
jika Tune-Up
dilakukan setiap menempuh jarak
5.000 km.
Tak hanya dapat mengembalikan
semua fungsi mesin,
namun tune up ini juga menjadi
upaya agar menjaga kondisi
mobil tetap awet.
Sahabat
bisa melakukan Tune-Up 3
bulan sekali atau
Berbarengan ketika melakukan
service rutin & Ganti Oli.
2. Alat -
Alat untuk Tune-Up Servis Besar,
yaitu :
[#] kunci shock nomer
10 mm
[#] kunci shock
nomer 12 mm
[#] kunci busi nomer
16 mm
[#] kunci
pas
nomer 10
& 12
[#] gagang kunci shok
3. Membuka :
Terminal Aki Min
(-) atau baut aki (-) ,
bertujuan
agar tidak terjadi
konsleting
dalam
proses pengerjaan Tune-Up Servis
Ringan :
4. Membuka :
Tutup Filter Udara
Membuka 3 baut
Filter
udara
Dengan
menggunakan : Kunci
Shok Nomer 10
5. Mengambil :
Tutup Filter Udara
Dengan
menggunakan : Tangan
Anda
6. Membuka :
seluruh soket
Dengan
menggunakan : Tangan
Anda
7. Melepas : Baut Pengikat Oksigen
Oxygen Sensor, O2 sensor
adalah sensor gas
buang,
sensor oksigen berfungsi untuk
mendeteksi oksigen
didalam gas buang hasil pembakaran
mesin,
oksigen sensor terletak di knalpot
atau exhaust manifold.
Dengan menggunakan : [#] kunci
shock nomer 10 mm
8. Melepas
Socket : Intake Air
Temperatura (IAT) Sensor
Sensor temperatur udara masuk,
Sensor temperatur udara masuk berada
di filter udara
yang berfungsi untuk mendeteksi
berapa derajat celsius
suhu udara
yang masuk di ruang filter
udara sebelum ke mesin.
Dengan menggunakan : Tangan anda
9. Melepas
Socket : (VSV)
Actuator atau
Vacuum
Switching Valve
(EVAP) Actuator
Dan
juga Melepas : dua buah
selang VSV
VSV bukanlah
sensor tetapi aktuator,
fungsi katup vsv (EVAP)
adalah untuk membuka saluran
uap bensin
dari tanki melalui charcoal
canister,
uap bensin dari tanki tersebut
akan ikut terbakar
didalam mesin.
Katup vsv biasanya bekerja
setelah kondisi mesin sudah
panas.
Dengan menggunakan : Tangan anda
10. Melepas Socket :
MAP Sensor
MAP Sensor, Map sensor
terletak di rumah filter
udara,
memiliki tiga kabel
yang berfungsi untuk mendeteksi
kevacuuman pada intake
manifol atau camber.
Dengan menggunakan : Tangan anda
11. Melepas Socket :
ISC atau
Idle
Speed Control Valve
atau Langsam
ISC termasuk aktuator,
sesuai dengan namanya ISC
valve adalah sparepart
Atau komponen yang berfungsi
untuk
mengatur putaran mesin saat
idel atau Langsam atau stationer.
Dengan menggunakan : Tangan anda
12. Melepas : Kabel Gas
Dengan
menggunakan : [#] 2
buah kunci pas
Ring nomer 12
13. Melepas Socket :
empat soket Koil
Busi atau socket coil
Dengan
menggunakan : Tangan anda
14. Melepas Baut :
empat baut Koil
Busi
Dengan
menggunakan : [#] kunci
shock nomer 10 mm
[13.b13]. https://drive.google.com/file/d/1KFvK1FwsyAhaaNms4_JFmcXWq8F6lz7C/view?usp=sharing
15. Melepas Coil : empat Koil Busi
Dengan
menggunakan : Tangan anda
16. Melepas Busi :
empat Busi
Dengan
menggunakan : [#] kunci
busi nomer
16 mm
[#] 1 buah tutup koil
busi
17. Memasukan :
obat SR 15 ke dalam masing-masing
lubang Busi
Dengan menggunakan :
[#] obat SR 15
18. Biarkan dulu :
menungu rekasi obat
SR 15, selama
sekitar 30 menit
19. Membersihkan : ISC dan
Membersihkan Throttle Body
20. Melepas : soket Throttle Body & Throttle Body Position Sensor atau (TPS)
TPS
atau Throttle Position
Sensor
TPS atau Sensor, Posisi
Throttle terletak
di throttle body atau
katup gas,
Berfungsi untuk mengetahui
berapa persen katup gas
(throttle valve) dibuka
atau seberapa lebar katup
gas terbuka saat pedal gas
diinjak.
20.a. Melepas Baut &
Bracket : dua buah Baut
& Bracket (TPS)
Dengan menggunakan : [#]
kunci pas
Ring nomer 12
20.b. Melepas
: Baut
pengikat TPS
Dengan
menggunakan : [#] kunci
shock nomer 10
mm [ 2 baut 10]
Dengan
menggunakan : [#] kunci
shock nomer 12
mm [ 2 baut 12]
20.c. Melepas
: Throttle Body TPS &
Melepas SELANG
HAWA &
Melepas
karet seal oring
Throttle Body
Dengan menggunakan
: Tangan anda
20.d. Melepas Baut :
dua buah baut ISC Idle Speed Control
Valve
atau Baut Langsam
Dengan menggunakan : Obeng
Kembang
Dengan menggunakan
: SPIDOL permanen
20.e. Melepas
: ISC Idle
Speed Control Valve
atau Langsam
Dengan menggunakan : Tangan
Anda
21. Membersihkan
: Throttle Body Position
Sensor atau (TPS)
Dengan alat
: Tabung semprot Vacum
Carbon Cleaner SR15 &
Sarung tangan &
Bak Baskom Kotak plastik KB001-A Serbaguna :
Litter Box Tempat Pasir Kucing
P
x L x T = 36 x 30 x 12 cm
Terpal / kardus bekas & Spidol
Permanen
Tisu kering & Palu
Martil & Feeler
Gauge [Alat Pengukur
Celah]
Obeng kembang
21.a. Membersihkan : Throttle
Body
Dengan alat : Tabung
semprot Vacum Carbon
Cleaner SR15
21.b. Membersihkan : Throttle
Body &
ISC atau
Idle Speed
Control Valve atau
Langsam
Dengan alat
: Tisu Kering
21.c. Membersihkan : empat buah BUSI
Dengan alat : Tabung
semprot Vacum Carbon
Cleaner SR15
Dengan
alat : Tisu Kering
22. Mengukur : empat buah celah BUSI agar
berukuran tepat 0,8 mm
Dengan
alat : Feeler
Gauge [Alat Pengukur
Celah]
Dengan alat : Palu Martil
23. Memasang
: ISC Idle
Speed Control Valve
atau Langsam
ke Throttle
Body Position Sensor
atau (TPS)
Dengan alat : Obeng kembang
24. Pasang kembali :
kabel-kabel soket ISC
25. Penyedotan
dengan botoll Vacuum : obat SR 15 yang diarahkan
dengan Kompressor
26. Bla
tidak ada Kompresor,
anda bisa menggunakan
Suntikan / Injek,
meskipun hasilnya "tidak terlalu
meyakinkan"
27. Memasukan : selang bening botol
Vacuum ke dalam masing-masing
lubang Busi,
sambil menyemprot-nyemprotkan obat SR 15
28. Selesai
sudah PROSES PENYEDOTAN,
Angkat kembali : Tabung Vacuum Cleaner tersebut
Melepas Tabung
Vacuum
29. Memasang
Busi : empat buah BUSI
ke empat
lubang Cylinder Head
atau lubang silinder busi
Dengan alat : Tangan Anda
30. Mengencangkan : empat buah BUSI
ke empat
lubang Cylinder Head
atau lubang silinder busi
Dengan menggunakan
: [#] kunci busi nomer
16 mm
[#] gagang kunci shok
31. Memasang Koil : empat Koil Busi
Dengan
menggunakan : Tangan anda
32. Memasang Baut : empat baut Koil Busi
Dengan
menggunakan : [#] kunci
shock nomer 10 mm
33. Memasang Socket
: empat soket Koil
Busi atau socket coil
Dengan menggunakan
: Tangan anda
34. Memasang : Throttle
Body TPS &
Memasang SELANG
HAWA &
Memasang karet
seal oring Throttle
Body
Dengan menggunakan : Tangan anda
35. Memasang Baut
: dua buah baut ISC Idle
Speed Control Valve
Dengan
menggunakan : Kunci shock
10 [baut 10]
Dengan
menggunakan : Kunci shock
12 [baut 12]
36. Memasang : Baut
pengikat Throttle Body TPS
Dengan menggunakan
: [#] kunci
shock nomer 10 mm
[ 2 baut 10]
Dengan menggunakan
: [#] kunci
shock nomer 12
mm [ 2 baut 12]
37. Memasang Baut & Bracket
: dua buah Baut
& Bracket (TPS)
Dengan
menggunakan : [#] kunci
pas
Ring nomer 12
38. Memasang
: soket Throttle
Body & Throttle
Body Position Sensor atau (TPS)
Dengan menggunakan : Tangan
anda
39. Memasang
: soket ISC Idle
Speed Control Valve
atau Langsam
Dengan
menggunakan : Tangan Anda
40. Memasang
: Kabel Gas
Dengan menggunakan : [#]
2 buah kunci pas
Ring nomer 12
41. Memasang
: Baut Pengikat
Oksigen
Dengan
menggunakan : [#] kunci
shock nomer 10 mm
42. Memasang :
Box Tutup Filter Udara
Dengan
menggunakan : Tangan anda &
Kunci shock
43. Memasang Socket
: Intake Air Temperatura
(IAT) Sensor
Dengan
menggunakan : Tangan anda
44. Memasang Socket :
(VSV)
Actuator atau
Vacuum
Switching Valve
(EVAP) Actuator
Dan juga Memasang
: dua buah
selang VSV
Dengan menggunakan : Tangan anda
45. Memasang Socket :
MAP Sensor
Dengan
menggunakan : Tangan anda
46. Membersihkan
: Ke lubang
Throttle Body Baut
Pengikat Oksigen
Baut Pengikat Oksigen &
membersihkannya
Dengan
alat : Tabung semprot Vacum
Carbon Cleaner SR15
47. Memasang :
Terminal Aki Min
(-) atau baut
aki
48. Menghidupkan
mesin : Menghidupkan Mesin dengan kunci
starter
49. Menghidupkan mesin :
dan mengecek suara gas
diselang gas tersebut
dan
sambil menyemprotkan
Vacum
Carbon Cleaner SR15
Ke lubang Throttle Body Baut
Pengikat Oksigen
Dengan alat : Tangan Anda
Dengan alat :
Tabung semprot Vacum
Carbon Cleaner SR15
50. Menghidupkan mesin :
dan
mengecek suara gas : melaui
asap Knalpot mobil
Anda
sebagian kotoran
hasil gurah dikeluarkan melaui asap
Knalpot
51. Mematikan
Langsam : Mematikan
mesin
Dengan alat : kunci kontak mobil
52. Memasang
: Filter Udara & Mengunci
Box filter udara
Dengan alat Tangan Anda
ALAT - ALAT
Tune - Up & Gurah Kerak
Mesin
CARBON CLEANER : SR15
Rp. 120.000
Carbon Cleaner
Gurah Mesin Carbon Clean
Rp. 37.500
ALAT :
VACUM CARBON CLEANER Praktis TANPA KOMPRESOR
Rp. 395.000
Alat vacum sedot cairan dari lubang
busi, carbon cleaner
(Gurah mesin)
Alat vacum carbon cleaner praktis
tanpa
kompresor..
Tinggal cari aliran listrik langsung
tekan tombol di mesin vacum.
Vacum cleane r ini
berfungsi :
[a]. untuk menyedot cairan karbon
setelah proses gurah pada
ruang
bakar mesin mobil.
[b]. untuk menyedot oli motor
atau oli
mobil dalam kondisi mesin dingin
Kabel
Rol
Gulung : Hinohikari 3930 L Jumbo Series
[30 Meter]
Rp. 435.000
Kompresor Mini Tabung Metal
Rp. 425.000
Bisa dimodifikasi dgn cara diganti
part
selang untuk :
[a]. kompresor
cat duco
[b]. airbrush / angin kompresor
Bisa
memompa : ban mobil, motor, sepeda,
bola, kasur angin atau perahu
karet
Dilengkapi
dengan
indikator tekanan angin ban yang
bisa disesuaikan agar tidak berlebihan.
Soket : Colokan Listrik Pemantik Rokok Mobil
Rp. 18.000
Soket : Colokan Listrik Adaptor Pemantik Rokok Mobil
Rp. 98.800
Colokan Power Inverter
Car
Adaptor Charger Converter 200W 12V
Charger Mobil
Rp. 246.500
Colokan Paralel : Lighter Mobil [3 Socket & 2 USB]
Rp. 45.800
Kompresor Mini Nankai
Pompa Angin Ban Motor Mobil
Rp. 135.000
Mini Air Compressor
Kompresor Pompa Angin Ban Mobil Nankai
Rp. 67.000
Sambungan Selang Kompresor PVC High Pressure [10 m]
Rp. 55.000
Gun Steam Pendek Nosel Steam
Jet Cleaner
Tembakan Air
Rp. 70.000
Vacum Carbon Cleaner
Alat
Gurah Mesin - Mesin
Gurah
Rp. 55.000
Kabel Roll :
Modxta Tipe 15 [10 Meter]
Rp. 21.000
Kabel Roll
: 3 meter
Rp. 7.500
JARUM SUNTIK
Suntikan Parfum &
Tinta Reffil [25 Ml] + sudah
sama selangnya + jarum
Rp. 4.000
Suntikan Hidroponik Ukuran Besar 100 ML
Dengan 112 m Tabung
Murah
alat untuk gurah mobil
Rp.
103.000
Cara Tepat Mengukur Tekanan Kompresi Ruang Bakar Mobil
COMPRESSION TESTER
ALAT TES KOMPRESI
ALAT BENGKEL MOTOR MOBIL TAIWAN
Rp. 210.000
Compression tester
Compression Tester / Compression
Gauge adalah golongan alat Special
Tool,
Fungsi alat ini adalah mengukur
kompresi / tekanan pada ruang
pembakaran mesin,
Biasanya jika pengukura n
di bawah normal
(Lihat Manual Book atau Owner Book
anda pada bagian Tekanan Kompresi)
itu menandakan penyempitan /
pengecilan pada ruang pembakaran,
hal ini disebabkan
karena kerak dari hasil
pembakaran telah menumpuk
sehingga kompresi yang
dihasilkan melebihi normal,
begitu sebaliknya jika
kondisi piston atau ring piston
sudah aus atau klep bocor
atau pun gasket busi
tidak rapet
maka akan terjadi lost
kompresi, kompresi
berkurang dari ukuran normal.
Tabung alat
: SR 15 Toolkit
Injektor Cleaner
TOOL KIT SR 15 New Design
Rp. 600.000
Cairan Pembersih :
Injektor Mobil 500ml
Rp. 79.900
Feeler
Gauge [Alat Pengukur
Celah]
Rp. 27.000