o). Cara Mengganti Kabel Busi
[#] Cara Pasang : Kabel Ground
Cara Pasang : Kabel Ground
TOYOTA AVANZA : Grounding Cables
Kabel Grounding HKS - Merah / Biru
HKS Grounding Wire 5 Kabel
30CM / 40CM / 50CM / 80CM / 90C
Rp. 49.900
youtube:
Klip Perapih Kabel : Penjepit Kabel di Dashboard 5 Lobang [1 pcs]
CABLE CLIPS ORGANIZER
Rp. 7.500
Klip Perapih Kabel : Penjepit Kabel di Dashboard 7 Lobang [1 pcs]
CABLE CLIPS ORGANIZER
Rp. 30.000
Klip Perapih Kabel : Penjepit Kabel di Dashboard [1 pcs]
CABLE CLIPS ORGANIZER
Rp. 900
Klip Perapih Kabel : Klip Kabel Grounding &
Klip Kabel Busi
Wireklip PWJDM Red Pengunci Kabel Busi & Kabel Grounding
Rp. 47.500
ALAT ANTI TEKOR AKI
POWER BANK AKI MOBIL-MOTOR
Penghemat BBM / STABILIZER AKI MOBIL
STABILIZER AKI MOBIL : [VOLT STABILIZER]
Power Inverter 300 W
Dari AKI DC 12v Ke AC 220v
Brand : Vertical
(Bisa untuk mobil tegangan 24V Bus & amp ; Truk)
Rp. 160.000
youtube :
Tatakan Aki
Tatakan Aki Khusus Toyota Avanza Xenia
Rp. 27.500
TUTUP AKI BREKET,
BAHAN BAJA ANTI KARAT
Rp. 75.000
Alat Tes Aki
Berikut adalah pedoman indikator kesehatan Aki 12 Volt
(untuk mobil dengan aki 24 Volt, angkanya dikali 2), yaitu :
[a]. AKI = SANGAT BAIK / SEHAT, yaitu :
[a.a1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.4 - 14.8 Volt
[a.a2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.9 - 12.8 Volt
[b]. AKI = CUKUP SEHAT, yaitu :
[b.b1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.2 - 13.4 Volt
[c]. AKI = MEMERLUKAN PERHATIAN (CHECK)
[c.c1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 12.8 - 13.2 Volt
[c.c2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.6 - 11.9 Volt
[d]. AKI = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = < 11.6 Volt
ALAT TESTER AKI 12V
6 LED INDIKATOR
Rp. 55.000
ALAT TESTER AKI 12V
Battery Tester IWT 2028
Rp. 65.000
ALAT TESTER AKI 100V
Dual Volt Ampere Meter 100V 10A
Combo Ampere V oltmeter
Rp. 25.500
ALAT TESTER AKI 12V
0,56 Digital Voltmeter 4.5-30V DC Merah
Rp. 10.500
Tespen Aki
Tespen Tanpa Sentuh
Tespen Volt Alert
TestPen Non-Contact
Voltage Alert Detector 90 V - 1000 V
Rp. 24.800
Baterai AAA A3 [4 Pcs]
Battery AAA A3
Rp. 24.000
Charger Baterai AA & AAA 4 Slot
Rp. 37.000
Kotak Baterai Case AA & AAA
Kotak baterai kancing & kotak baut mur
Rp. 3.000
Tespen Aki
Tespen Kabel
Tespen DC Logam Tembaga 6 - 24 V
Rp. 21.500
Tespen Aki
Tespen Kabel
Tespen DC Logam Tembaga 6 - 24 V
Rp. 28.700
Tespen AC-DC : LCD Digital Display Voltage
Test Pen Voltage Detector Tester
Sensor Non-Contact
Rp. 28.500
Tespen Aki + Tang Crimping
Rp. 75.000
Aki Basah
Aki Mobil GS Astra NS40 Hybrid (aki basah)
Avanza Xenia Rush
Terios Apv Splash
Rp. 600.000
Aki Mobil GS Astra NS40ZL Hybrid (aki basah)
Avanza Xenia Rush
Terios Apv Splash
Rp. 612.500
Youtube :
Ampere Meter & Multi Meter [AVO Meter]
Tang Ampere : Multimeter Digital M266
Tang Amper Alat Pengukur Tegangan
Rp. 59.500
Multi Tester DT830B [AVO Meter]
Rp. 28.000
Berikut adalah pedoman indikator kesehatan Aki 12 Volt
(untuk mobil dengan aki 24 Volt, angkanya dikali 2), yaitu :
[a]. AKI = SANGAT BAIK / SEHAT, yaitu :
[a.a1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.4 - 14.8 Volt
[a.a2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.9 - 12.8 Volt
[b]. AKI = CUKUP SEHAT, yaitu :
[b.b1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.2 - 13.4 Volt
[c]. AKI = MEMERLUKAN PERHATIAN (CHECK)
[c.c1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 12.8 - 13.2 Volt
[c.c2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.6 - 11.9 Volt
[d]. AKI = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = < 11.6 Volt
[1]. Cara Cek : Kebocoran Arus di mobil [Aki Mobil]
[2]. Cara Test : Alternator pengisian Aki
[3]. Cara Cek : ALTERNATOR [Dynamo Ampere] & AKI
[4]. Cara Cek atau kontrol Dynamo Amper [Alternator]
[5]. Cara Mengatasi : Indikator Aki Mobil [Lampu Aki di Dashboard]
yg TERUS Menyala ....!!!!! [Karbon Brush TNS]
yg TERUS Menyala ....!!!!! [Karbon Brush TNS]
Cara Merespons : Lampu Oli Mobil yang Terus Menyala
CARA MENGECEK
KEBOCORAN ARUS MOBIL
[AKI Mobil]
A. Cara mengecek Dengan Alat "Tang Digital Amper" = di Minus Aki
[a]. Kebocoran Arus Listrik Aki, bisa di Cek dengan dua cara, yaitu:
Pada saat Mobil menyala [on] & pada saat mobil Mati [off]
[b]. Kondisi mesin Mati [off]
[c]. Dengan Menggunakan Alat = "Tang Digital Amper"
[d]. "Tang Digital Amper" dinyalakan,
lalu "bibir Tang" tersebut ditempelkan pada "Minus Aki"
[e]. Standar Minimal dari nilai "Tang Digital Amper, yaitu
Minimal = 13 .0.05
[f]. Bila lebih dari itu [lebih dari 0,05] ,
Misalnya 0,1 bukan 0,05 berarti "Ada kemungkinan Kebocoran Arus"
[g]. Bila muncul angka 0,00 = Masih Normal [Tidak ada Kebocoran]
Bila muncul angka 0,02 = Masih Normal [masih dibawah 0,05]
B. Cara mengecek Dengan "AVO Meter / Multitester / Multimeter" = di AKI [berfungsi atau tidak]
[a]. Aki, dicek dengan Multitester
[b]. Kabel Multitester dihubungkan kepada masing-masing kutub Aki
Perlu diketahui, kabel aki positif dan negatif terlihat dari warna,
yaitu
kabel Plus = berkelir Merah
kabel Minus = dibalut Hitam
[c]. Bila Angka yang muncul pada Monitor Multitester diatas 12 = Normal [tidak ada Kebocoran Arus]
Contoh Misalnya pada Monitor muncul Angka 13.06 = angka tersebut diatas angka 12 = Normal
[d]. Bila Angka Muncul dibawah 12 = Angka muncul 11 atau 10 atau 9,
maka Aki Anda = Kurang Strum, jadi Aki Mobil Harus Di Chass / di-Charger]
[e]. Bila Angka Muncul diAtas 12 = Angka muncul 16 atau 20,
maka maka Aki Anda =
Aki Kelebihan Strum /
Aki Kelebihan Strum /
Aki Kebocoran Arus Strum
jadi "Cell yang ada didalam Aki-nya" akan Rusak / Putus
karena "Terlalu Overhit Kepanasan" dan Akan merambat Rusaknya "AKI mobil"
[f]. Maksimal Aki "NORMAL" =
Mesin off = 13.04 [Aki masih Bagus]
Mesin on = 14.80 [Aki masih Bagus]
[g]. Bila Mesin Di nyalakan [mesin on]
Mesin on = 14.31 [Aki masih Bagus]
[h]. Bila Mesin Di nyalakan [mesin on] + Lampu dinyalakan
Mesin on = rata -rata diangka 14.31 [Aki masih Bagus]
[i]. Bila Mesin Di nyalakan [mesin on] + Lampu tidak dinyalakan
Mesin on = rata-rata diangka 14.27 [Aki masih Bagus]
[j]. Bila Mesin Di nyalakan [mesin on] + nyalakan AC + Nyalakan Audio
Mesin on = rata-rata diangka 14.07 [Aki masih Bagus]
[k]. Maksimal Aki "NORMAL" =
Mesin off = 12.04 [jangan sampai dibawah 12]
Mesin on = 14.80 [Aki masih Bagus]
[l]. Bila dibawah 12, maka
"tidak bisa Stater / ngga kuat Ngangkat / Aki Tekor"
[m]. Penggantian Aki dengan aki yang Baru adalah minimal 3 Tahun
[Karena Aki tidak bisa lagi menyimpan Arus dari Charger Aki]
Berikut adalah pedoman indikator kesehatan Aki 12 Volt
(untuk mobil dengan aki 24 Volt, angkanya dikali 2), yaitu :
[a]. AKI = SANGAT BAIK / SEHAT, yaitu :
[a.a1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.4 - 14.8 Volt
[a.a2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.9 - 12.8 Volt
[b]. AKI = CUKUP SEHAT, yaitu :
[b.b1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 13.2 - 13.4 Volt
[c]. AKI = MEMERLUKAN PERHATIAN (CHECK)
[c.c1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = 12.8 - 13.2 Volt
[c.c2] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = 11.6 - 11.9 Volt
[d]. AKI = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Mati : Tegangan kelistrikan = < 11.6 Volt
Test Coolant : dengan Volt Meter
Test kondisi Coolant : dengan Volt Meter
[a]. Arahkan Multimeter ke 20 Volt DC.
[a.1]. Probe [negatif] tempel di pole negatif Aki,
[a.2]. Probe [positif] masukkan ke dalam coolant,
buka tutup radiatornya dulu, tapi jangan sampai probenya nempel di logam radiator,
untuk aerio aman karena letak mulut radiator agak menjorok
jadi ga langsung terlihat aluminium dari kisi radiator.
[b]. kondisi mesin hidup dan di gas sampai 2000 rpm
[c]. Kemudian, Mesin hidup dengan berbagai perangkat listrik dinyalakan satu per satu.
batas aman adalah 0.3 Volt, beberapa ada yang mengatakan 0.4 Volt masih ok.
[c.1]. + Lampu utama : -0.04 volt
[c.2]. + Lampu utama + AC + Radio : -0.04 volt
[d]. COOLANT = BURUK / TIDAK SEHAT :
[d.d1] Mesin Hidup : Tegangan kelistrikan = < 0.3 atau < 0.4 Volt
Rangkuman :
[a]. Sebelum ganti Coolant
[a.1]. Mesin off : 0.29 volt
[b]. Setelah ganti coolant
[b.1]. Mesin off, yaitu : 0.00 volt (atau -0.02 volt sebelum hidup sama sekali)
[b.2]. Mesin on, yaitu : -0.02 volt
[c]. Setelah ganti coolant
[c.1]. + Lampu utama : -0.04 volt
[c.2]. + Lampu utama + AC + Radio : -0.04 volt
Much better daripada sebelum ganti coolant.
Berapa volt di mobilmu ?
[1]. Cara Membersihkan : Terminal Aki [yang Mengalami Korosi]
[2]. Cara Mengatur : Waktu Pengapian
[3]. Cara Mengetes : Koil Pengapian
[4]. Cara Mengganti : Busi
[5]. Cara Menguji : Kabel Busi
[6]. Cara Mengganti : Kabel Busi
MEMBERSIHKAN : Mesin Avanza
Sampai Kinclong Seperti Baru
Membersihkan : Mesin Mobil
Membersihkan : Mesin Mobil AVANZA
TATAKAN AKI & TUTUP AKI
Air Accu Zuur [Tutup Merah]
Keras Botol Kecil Cairan Aki Zur
Rp. 8.000
AIR AKI TAMBAH [Tutup Biru]
Rp. 8.200
Amplas Besi
Rp. 3.500
Tatakan Aki
Tatakan Aki Khusus Toyota Avanza Xenia
Rp. 27.500
TUTUP AKI BREKET,
BAHAN BAJA ANTI KARAT
Rp. 75.000
Baut Mur Aki - Kunci 10 [1cm]
Rp. 300
Knob Tutup Aki : Terminal Accu Kepala Aki [Besar]
Kepala Aki N70 Ukuran Besar N 70
Rp. 24.000
Knob Tutup Aki : Terminal Accu Kepala Aki [Kecil]
Kepala Aki NS40 Ukuran Kecil Ns 40
Rp. 21.900
Klem Accu : Kepala Aki Timah Besar RX [warna Silver & Gold]
Rp. 10.500
Klem Accu : Kepala Aki Timah Kecil [warna Silver & Gold]
Rp. 10.000
Klem Kepala : Accu Kuningan
Klem Kepala Accu Kuningan ALDO
Klem Jepit Kabel Konnektor Aki
Terminal Aki Connector Clamp
Cable Aki Mobil Positif Dan Negatif
Rp. 160.000
CHARGER AKI MOBIL : TOP RECOMMENDED
Strom Ngecas Aki Mobil-Motor 6-12V AUTOMATIC
Auto shutdown / otomatis berhenti jika aki penuh
Brand : Rayden
Rp. 335.000
cara menggunakan Charger Aki : Rayden
CARA COPOT : AKI DARI KAP MESIN
[#] Ring Plat : Kunci 10 [cadangan Ring Klem Aki Mobil]
Ring Bos M6 Putih
Rp. 1.500
FLANGE NUT : MUR TOPI M6 [Kunci 10]
Rp. 200
Mur Panjang : Long Nut 6mm [Kunci 10]
Rp. 1.700
Mur Kupu-Kupu : Uk 6mm [kunci 10]
Rp. 1.200
MUR STAINLESS STEEL : M6 KUNCI 10 [buat Mur Aki Mobil]
Rp. 500
Klem Kabel Besar
Rp. 2.500
Keleman Tekuk Lipat
Original Suzuki All Mobil Motor
Rp. 3.000
Ring Plat 10 Kuning
Rp. 100
Ring Merek HAUNI M8 Tebal 4 mi
Rp. 300
CARA COPOT : AKI DARI KAP MESIN
Cara Menggunakan : Tang Crimping
Cara memasang : Skun di Kabel
Cara Buka : Dashboard Kabel
Cara Melepas : Airbag Avanza
Beberapa Kesalahan : "Kabel Grounding" [Lampu Bisa putus semua]
GROUNDING AVANZA : SUPAYA IRIT BBM [hanya : satu kabel]
[1]. Cara Cek : Kebocoran Arus di mobil [Aki Mobil]
[2]. Cara Test : Alternator pengisian Aki
[3]. Cara Cek : ALTERNATOR [Dynamo Ampere] & AKI
[4]. Cara Cek atau kontrol Dynamo Amper [Alternator]
[5]. Cara Mengatasi : Indikator Aki Mobil yg TERUS Menyala [Karbon Brush TNS]
Cara Merespons : Lampu Oli Mobil yang Terus Menyala
[1]. Cara mudah ganti : carbon brush dinamo starter mobil Avanza
[2]. Cara Cek Starter mobil tanpa melepas
[3]. Cara ampuh ketika Relay Stater rusak
[4]. Cara atasi mobil tidak bisa starter
[5]. Suara mesin grand new avanza kasar